Rabu, 15 Juli 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

3 Sikap Pebisnis atas Dampak Wabah Covid-19

Posted by: 13-04-2020 18:55 WIB 1129 viewer

3 Sikap Pebisnis atas Dampak Wabah Covid-19
Konsultan waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Wabah virus corona atau covid-19 benar-benar membuat para pebisnis di tanah air mengalami kepanikan yang sangat luar biasa. Terlebih sejak mulai diberlakukannya social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia, tentunya ini akan berimbas pada penjualan dari bisnis yang mereka jalankan.

Konsultan waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi dalam pengamatannya menyampaikan, ada 3 sikap yang sejauh ini telah dilakukan para pebisnis di tanah air.

Sikap yang pertama adalah pebisnis yang sangat panik. Imbasnya pun langsung bereaksi terhadap pemotongan gaji pegawai, merumahkan pegawai, meminta agar tidak membayar supplier dan rekanannya dulu, dan seterusnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Karena kesulitan yang terbayang oleh mereka itu seolah-olah sudah terjadi parah sekali hari ini. Padahal bulan Maret saat itu belum berakhir. Bahkan mereka mungkin saja masih mempunyai banyak tabungan untuk melakukan sesuatu,” ujar Burang dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian untuk sikap yang kedua adalah pengusaha yang mencoba untuk bersikap profesional. Mereka mengadakan pertemuan dengan top manajemennya dan menghitung berapa kekuatan keuangan yang mereka punya.

“Bagaimana mereka bisa membuat semaksimal mungkin mempertahankan karyawan dan supplier strategisnya mereka. Bahkan karyawan diminta untuk tinggal di lantai atas outlet dan jangan pulang supaya lebih hemat. Mereka membuat strategi produk atau jasa baru yang bisa menjadi alternatif income. Mereka mempersiapkan work from home yang efektif dan terkontrol,” jelasnya.

Sementara untuk sikap yang ketiga adalah pengusaha yang sangat berorientasi sosial. Alih-alih memikirkan kondisi bisnisnya, mereka justru malah menggunakan resource-nya untuk kegiatan sosial membantu rumah sakit dan pemerintah setempat guna mengatasi kesulitan ini.

“Karyawannya diminta bersama membuat makanan yang disuplai ke rumah sakit. Ada yang memproduksi bahan bakunya menjadi masker dan APD (Alat Pelindung Diri) untuk disumbangkan. Mereka mengajak karyawannya seperti paguyuban. Senang dinikmati bersama dan susah dijalani bersama. Tentu saja pengusaha ini yang berkorban dengan tabungannya,” kata Burang.

Burang menyampaikan, hanya bisnis yang menjadi tujuan yang saat ini masih bisa bertahan, misalnya seperti supermarket, depo gas dan aqua atau pun apotek.

Selain itu, lanjut Burang, traffic bisnis yang masih berjalan di tengah pandemi ini juga ada pada bisnis online. Tujuannya, supaya brandnya tetap dinanti oleh pasar. Kemudian pebisnis juga dapat mengisi waktu dengan membuat strategi dan merapihkan manajemen. Dan yang terakhir adalah pebisnis dapat mengisi waktu dengan membuat inovasi-inovasi produk yang bisa laku dijual melalui online.

“Menurut saya mempersiapkan bisnisnya untuk franchising is not a bad idea. Sebab seperti umumnya saat krisis moneter, banyak orang kehilangan pekerjaan dan membeli franchise menjadi salah satu alternatif,” pungkas Burang.

WEBINAR INFOBRANDTALKS #11
BUILDING A SUSTAINABLE MARKETING STRATEGY


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Rebranding, Seberapa Penting?

Rebranding, Seberapa Penting?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi para marketers, tentunya istilah Rebranding sudah tak asing lagi di telinga mereka. Meski begitu, tak sedikit juga...


Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat

Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Membangun sebuah brand yang kuat tentu bukanlah hal yang mudah bagi para pelaku bisnis di tanah air. Apalagi, saat ini p...


Trik Membangun Brand di Era Digital Untuk Bisnis Startup, Apa Saja?

Trik Membangun Brand di Era Digital Untuk Bisnis Startup, Apa Saja?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dalam dunia bisnis, melakukan aktivitas branding telah menjadi suatu keharusan yang tak boleh dilupakan. Apalagi bagi bi...


Subiakto Priosoedarsono: UKM Harus Punya Purpose dan Passion

Subiakto Priosoedarsono: UKM Harus Punya Purpose dan Passion
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sektor UKM termasuk dalam sektor yang sangat terdampak selama masa pandemi COVID-19. Kondisi ini sangat berbeda dibandingkan p...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI