Kamis, 23 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Aktif di Sosial Media Cara Bastian Steel Membangun Personal Branding

Posted by: 20-02-2019 15:20 WIB 409 viewer

Aktif di Sosial Media Cara Bastian Steel Membangun Personal Branding
Bastian Steel/ Foto: dok istimewa

Personal branding seseorang saat ini menjadi salah satu kunci membangun image atau karakter agar mudah diingat publik. Biasanya, dikemas dengan ciri khas yang melekat pada pribadi seseorang dan dikaitkan dengan expertise atau keahlian tertentu yang identik dengan profesi, passion, atau bahkan kepribadian/personalitas seseorang tersebut.

Beberapa point yang sangat berperan dalam personal branding adalah differensiasi, apa pembeda diri satu dengan lainnya. Keunggulan, apa keunggulan diri yang satu dengan lainnya. Lalu positioning, membentuk image diri sendiri sebagai seseorang yang memiliki keunggulan yang tidak biasa, yang berciri khas pada diri sendiri.

Bicara personal branding, tentu tidak terlepas dari profesi public figure yang mudah dikenali oleh masyarakat luas dengan ciri khas dan prestasinya tersendiri. Tak terkecuali Bastian Bintang Simbolon atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bastian Steel.

Remaja kelahiran Bandung, 21 September 1999 itu mampu membuat publik terkesima oleh prestasi dan ciri khas yang terpancar dari dirinya, sehingga personal branding yang ia munculkan lewat gaya rambut, style berpakaian mudah diingat dan dikenali.

Monalisa Sitorus yang merupakan Sang Bunda dari Bastian Steel mengungkapkan tentang pentingnya personal branding, terlebih di era digital yang terjadi saat ini. Menurutnya, personal branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang menjadikan satu individu sebagai sosok yang sekarang ada. Personal branding juga bisa jadi pembeda diri  di antara milyaran sosok profesional lainnya di sekitar.

“Penting sekali karena personal branding itu melekat ke image dari si public figure itu sendiri. Dimana yang namanya image itu berarti harus diketahui secara personal oleh fans atau publik, kalau misalnya kita tidak dapat memberi tahu bagaimana sebenarnya diri kita sendiri agak sulit juga untuk strategi kedepannya,” ujarnya.

Terkait personal branding yang dilakukan Bastian Steel, sang bunda menjelaskan bahwa ‘Babas’ panggilan akrab Bastian Steel aktif membranding dirinya melalui dan memanfaatkan saluran digital yang dimilikinya yakni instagram, youtube, facebook dan twitter. Channel tersebut dimanfaatkan sebagai promosi dirinya setelah melakukan aktivitas kesehariannya.

“Kalau buat Babas sendiri, ia aktif disemua sosial media, itu yang utama. Baik itu instagram, facebook, ataupun twitter, bahkan youtube. Kemudian di dalam akunnya tersebut, Babas sering mengupload yang berkaitan dengan dirinya sendiri tentang aktivitas kesehariannya, karya, teman-temannya, keluarganya. Itu yang sering diupload sama dia,” jelas Monalisa.

Aktif melakukan personal branding melalui sosial media yang dimilikinya, membawa berkah tersendiri bagi Babas. Beragam tawaran endorse pun berdatangan, dari yang sifatnya komersil hingga yang bersifat kegiatan sosial. Itu menunjukkan keberhasilan Babas dalam membangun personal branding pada dirinya sehingga publik menjadi mudah mengingatnya.

“Awal kita membuat sosmed itu adalah hanya untuk memperkenalkan diri kita yang sebenarnya seperti apa, supaya orang lebih banyak tahu ‘ini loh Bastian’ kegiatannya atau hobinya bermain skateboard, aktivitasnya suka bernyanyi. Ketika followers sudah banyak barulah Bastian mendapatkan endorse. Walaupun kita sangat selektif dalam menerima endorse. Dalam endorse harus sesuai dengan karakter yang ada pada personalnya Bastian. Kami tidak memasang tarif khusus terkait endorse,” jelasnya.

Selain itu, Babas juga memiliki tim khusus untuk mengelola sosial medianya, terutama untuk youtube. Dibentuknya tim sosial media youtube itu lantaran Babas menginginkan kualitas dari setiap konten yang disajikan agar setiap karyanya selalu mendapatkan tempat di benak dan hati para penggemarnya.

“Kita memiliki tim sosial media. Tapi tim itu difokuskan di youtube, karena itu bentuknya video dan kontennya harus kita ciptakan. Selain itu, tim yang terbentuk juga menangani endorse influencer karena kita tentu mengutamakan kualitas dari setiap yang ditampilkan,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


INFOBRAND.ID dan Komunitas IBN Ajak Pelaku Brand Berbagi Kebaikan Saat Ramadhan

INFOBRAND.ID dan Komunitas IBN Ajak Pelaku Brand Berbagi Kebaikan Saat Ramadhan
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Media brand pertama di Indonesia, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan Komunitas Indonesia Brand Network (IBN) mengajak para...


Noni Purnomo Resmi Jadi Dirut Baru Bluebird

Noni Purnomo Resmi Jadi Dirut Baru Bluebird
JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Blue Bird Tbk mengangkat Noni Purnomo sebagai Direktur Utama baru perusahaan sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Sah...


BRIsyariah Raih Penghargaan Digital Brand of The Year 2019

BRIsyariah Raih Penghargaan Digital Brand of The Year 2019
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIsyariah) meraih penghargaan “Digital Brand of The Year 2019” dalam ajang “8th Inf...


OYO Luncurkan Aplikasi Versi Ringan OYO Lite

OYO Luncurkan Aplikasi Versi Ringan OYO Lite
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Jaringan hotel ternama asal India, OYO Hotel menegaskan komitmennya dalam menghadirkan tempat menginap berkualitas bagi...