Jum'at, 21 Juni 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak

Posted by: 01-04-2019 14:53 WIB 747 viewer

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak
Arto Subiantoro menjadi pemateri di gathering Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). (Foto : Hafizh Syarif/INFOBRAND.ID)

INFOBRAND.ID – Arto Subiantoro selaku CEO Gambaran Indoensia mengatakan ke depan yang terjadi investasi datang dari sektor riil. Bayangkan saat ini di Indonesia kita punya 40 ribu brand yang baru, sehingga akan ada banyak orang yang akan bertanya kepada pembisnis berpengalaman ‘kepada siapa saya harus berinvestasi selanjutnya’.

“Pada saat itulah mereka yang memahami kondisi akan sukses. Pada saat itu juga kejujuran dan keterbukaan menjadi kunci penting bagi seorang businessman. Nilai bisnis bukan dari besar atau kecilnya bisnis, tetapi dapat dinilai dari karakter bisnis, traksi dan planning bisnis anda ke depan,” katanya dalam acara gathering perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) di Resto I-ta Suki Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, (28/3/2019).

Dia menjelaskan brand itu seperti makhluk hidup, suatu hari dia akan bermutasi dan bergerak. Sehingga brand itu tentang fokus pasar tertentu, walaupun bisnisnya kecil tetapi mempunyai basis pasar maka dia akan terkenal di pasarannya tersebut. Kelemahan bisnis lokal itu terkadang terlalu terburu- buru untuk membuka cabang, padahal pasar brandnya tidak luas.

“Jadi banyak kita lihat, ada bisnis di daerah dia sukses tapi ketika membuka pasar di Jakarta ternyata tidak sesukses di daerah. Yah karena memang itu brand khusus di daerah, saya katakan memang branding itu butuh proses,” tuturnya.

Semua bisnis dibikin sesuai dengan bidang marketnya dan size yang lebih kecil, karena proses branding membutuhkan watu dan uang yang banyak.  Ada dua teori membangun brand yakni melalui pondasi dan komunikasi serta ke duanya didukung oleh waktu dan peluang. “Pondasi itu dibangun melalui proses mimpi,” kata Arto.

Sebagai informasi perhimpunan WALI (Waralaba dan Lisensi Indonesia) adalah perhimpunan yang memperjuangkan dan melindungi hak-hak serta kepentingan pengusaha nasional yang bergerak dalam waralaba dan/atau lisensi.

Sehingga melalui wadah ini diperlukan untuk mendorong dan mengembangkan kemitraan usaha antara sesama pengusaha/perusahaan waralaba/lisensi asing dengan pengusaha/perusahaan nasional menengah kecil.

Ekspor waralaba dan /atau lisensi Indonesia ke pasar internasional juga perlu di dorong. Semua itu memerlukan wadah dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia adalah jawabannya. [hfz]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet

Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Iklan rokok saat ini banyak ditemui di berbagai situs semacam Youtube, Instagram dan Game Online. Inilah alasan kenapa K...


Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta

Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tren pencarian rumah mengalami peningkatan sebesar 120 persen usai lebaran. Hal ini berdasarkan data dari portal propert...


Kemenperin Optimis Capaian Industri Halal Tembus USD25 Miliar Tahun Ini

Kemenperin Optimis Capaian Industri Halal Tembus USD25 Miliar Tahun Ini
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimis pencapaian industri halal di tahun 2019 ini mampu menembus target yang...


Kemenperin Serius Garap Kawasan Industri Halal

Kemenperin Serius Garap Kawasan Industri Halal
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengakselerasi pembangunan kawasan industri halal di dalam negeri. Sedikitnya aka...