Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak

Posted by: 3787 viewer

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak
Arto Subiantoro menjadi pemateri di gathering Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). (Foto : Hafizh Syarif/INFOBRAND.ID)

INFOBRAND.ID – Arto Subiantoro selaku CEO Gambaran Indoensia mengatakan ke depan yang terjadi investasi datang dari sektor riil. Bayangkan saat ini di Indonesia kita punya 40 ribu brand yang baru, sehingga akan ada banyak orang yang akan bertanya kepada pembisnis berpengalaman ‘kepada siapa saya harus berinvestasi selanjutnya’.

“Pada saat itulah mereka yang memahami kondisi akan sukses. Pada saat itu juga kejujuran dan keterbukaan menjadi kunci penting bagi seorang businessman. Nilai bisnis bukan dari besar atau kecilnya bisnis, tetapi dapat dinilai dari karakter bisnis, traksi dan planning bisnis anda ke depan,” katanya dalam acara gathering perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) di Resto I-ta Suki Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, (28/3/2019).

Dia menjelaskan brand itu seperti makhluk hidup, suatu hari dia akan bermutasi dan bergerak. Sehingga brand itu tentang fokus pasar tertentu, walaupun bisnisnya kecil tetapi mempunyai basis pasar maka dia akan terkenal di pasarannya tersebut. Kelemahan bisnis lokal itu terkadang terlalu terburu- buru untuk membuka cabang, padahal pasar brandnya tidak luas.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi banyak kita lihat, ada bisnis di daerah dia sukses tapi ketika membuka pasar di Jakarta ternyata tidak sesukses di daerah. Yah karena memang itu brand khusus di daerah, saya katakan memang branding itu butuh proses,” tuturnya.

Semua bisnis dibikin sesuai dengan bidang marketnya dan size yang lebih kecil, karena proses branding membutuhkan watu dan uang yang banyak.  Ada dua teori membangun brand yakni melalui pondasi dan komunikasi serta ke duanya didukung oleh waktu dan peluang. “Pondasi itu dibangun melalui proses mimpi,” kata Arto.

Sebagai informasi perhimpunan WALI (Waralaba dan Lisensi Indonesia) adalah perhimpunan yang memperjuangkan dan melindungi hak-hak serta kepentingan pengusaha nasional yang bergerak dalam waralaba dan/atau lisensi.

Sehingga melalui wadah ini diperlukan untuk mendorong dan mengembangkan kemitraan usaha antara sesama pengusaha/perusahaan waralaba/lisensi asing dengan pengusaha/perusahaan nasional menengah kecil.

Ekspor waralaba dan /atau lisensi Indonesia ke pasar internasional juga perlu di dorong. Semua itu memerlukan wadah dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia adalah jawabannya. [hfz]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...