Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bangun Awareness dan Trust, Blackmores Jadi Produk Vitamin Paling Dicari

Posted by: 3158 viewer

Bangun Awareness dan Trust, Blackmores Jadi Produk Vitamin Paling Dicari
Varian produk Blackmores.

JAKARTA – Meningkatnya permintaan akan produk kesehatan di kala pandemi menjadi fokus tersendiri bagi produsen produk-produk kesehatan. Peningkatan itu seperti dirasakan oleh Blackmores, salah satu brand terkemuka untuk produk vitamin. Produk ini menjadi salah satu produk paling dicari masyarakat, menunjukkan keberhasilan brand dalam membangun awareness dan tust terhadap brand blackmores.

Dickson Susanto, General Manager PT. Kalbe Blackmores Nutrition mengatakan, pertumbuhan tersebut bahkan menjadi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir, sejak diluncurkan di tahun 2016. Tidak bisa dipungkiri, effect dari pandemi covid-19 menjadi salah satu faktor utama yang membuat pertumbuhan Blackmores luar biasa di tahun 2020.

“Selama 3 tahun ini Blackmores selalu konsisten tumbuh high double digit,” ujar Dickson.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Dickson menjelaskan, permintaan terhadap produk-produk Blackmores, terutama untuk produk immunitas, luar biasa tinggi nya membuat perusahaan kewalahan untuk memenuhi. Pada sekitar bulan April – Juni, produk Blackmores bahkan sempat terjadi kelangkaan parah yang kemudian di manfaatkan oleh beberapa oknum untuk menjual harga Blackmores di online dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini membuat perusahaan harus mengambil langkah untuk mengalokasikan stock khusus untuk melakukan memenuhi kebutuhan pasar untuk menjamin produk dapat tersedia di pasar dengan harga normal.

Untuk terus berusaha memenuhi permintaan yang melonjak tinggi, karena produk Blackmores masih di impor dari Australia, hal ini membuat kami harus bekerja extra. Salah satu yg terpenting adalah accuracy dalam demand forecast/planning. Hal ini lumayan kompleks karena perusahaan tidak bisa melihat run rate (rata2 penjualan) ke belakang, karena angka nya tidak relevant lagi - tapi lebih banyak menggunakan insting dan guessing dalam menentukan demand forecast untuk ke depan.

Disamping itu, untuk produk immunitas, perusahaan mengusahakan agar pengiriman barang menggunakan air freight agar repelnishment produk menjadi lebih cepat. Dalam pendistribusian produk, perusahaan memakai sistem alokasi karena adanya keterbatasan barang,kami juga mengalokasikan lebih banyak ke ecommerce dan apotik2 yang berada diluar shopping mall, hal ini dikarenakan banyak penutupan/pembatasan jam operasi di mal-mal.

“Di saat yg paling ekstrem, kami juga memberlakukan pembatasan pembelian dengan tujuan distribusi produk lebih merata dan mencegah penimbunan produk,” jelas Dickson.

Sementara, dengan adanya pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diterapkan hampir diseluruh kota, perusahaan mengambil beberapa langkah untuk memaksimalkan aktifitas yang dijalankan. Dari segi marketing, perusahaan melihat bahwa dengan adanya pembatasan sosial, maka angka penggunaan dan pembelian di platform digital terus meningkat, oleh karena itu kami memfokuskan investasi marketing di social media. Dalam hal branding, kami terus berusaha meningkatkan visibility dan ketersediaan dari produk Blackmores di fokus channel seperti apotik dan e-commerce, serta Modern Pharmacies guna memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk Blackmores.

Di situasi yang cukup menantang di tahun 2020, dengan adanya pembatasan skala besar, kami memastikan layanan kami di social media ataupun E-Commerce kami bisa menjawab dan melayani konsumen kami dengan maksimal, serta memberikan promo yang lebih creative dan menarik, khususnya di channel E-Commerce. Selain itu perusahaan juga melihat adanya perubahan dari pola pembelian konsumen dari kemasan besar ke kemasan yang lebih kecil, dalam menanggapi hal ini, Blackmores semakin merapatkan distribusi produk dengan kemasan kecil, khususnya untuk produk immunitas, agar mudah didapatkan di apotik-apotik terdekat di berbagai kota.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dengan semua aktifitas yang kami jalankan di tahun 2020, dikarenakan adanya pandemi dan didukung dengan edukasi, serta distribusi maksimal yang dilakukan, kami berhasil meningkatkan penjualan produk immunitas  tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Dickson.

Tidak hanya itu, berkat capaian yang dialami dan berkat kepercayaan yang diberikan oleh konsumen, sepanjang tahun 2020 Blackmores berhasil meraih beberapa penghargaan sebagai Try &Review Consumer Choice Winner, Mother&Baby Reader Choice Award serta Indonesia Digital Popular Brand Award untuk beberapa produk Blackmores, seperti Blackmores Pregnancy&Breast-feeding Gold, Blackmores I-Folic dan Blackmores Multivitamin+Mineral. Blackmores juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai The Highest Engagement Rate Brand During Pandemic dan beberapa penghargaan dari Indonesia Digital Popular Brand Award sebagai The Best Brand di kategori suplemen serta  penghargaan di channel E-Commerce sebagai Sirclo Best Rising Star.

Memasuki tahun 2021 yang masih penuh dengan tantangan, lanjut Dickson, pihaknya akan terus beradaptasi dengan new normal, baik dari perubahan consumer purchase behaviour, consumer usage pattern, consumer needs and wants. Kami akan terus fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk immunitas berkualitas tinggi dan terpercaya, contoh nya, untuk membantu masyarakat untuk tetap sehat dalam menghadapi COVID-19, kami akan segera meluncurkan Vit D3 1000IU yang sudah terbukti bisa membantu meningkatkan immunitas tubuh.

“Kami juga terus kan melakukan push distribusi dan memberikan edukasi di channel retail. E-commerce akan terus menjadi key channel untuk saat ini dan tentunya ketersediaan stok barang akan menjadi fokus utama kami, dengan langkah yang kami lakukan adalah untuk menghitung lebih akurat lagi dalam memproyeksikan consumer demand,” jelas Dickson.

Blackmores juga memahami, saat ini masyarakat cenderung beralih ke online/digital bukan hanya untuk pembelian, tapi juga lebih banyak dalam pencarian informasi atau opini. Untuk itu Blackmores beradaptasi dalam memahami perubahan pattern di konsumer ini dengan lebih banyak fokus di e-commerce dan digital platform untuk menjalankan aktifitas marketing.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sebagai brand yang relatif masih baru, Blackmores masih memfokuskan untuk membangun brand trust, image dan positioning hal inilah yang menjadi target jangka pendek dan jangka panjang kami, disamping itu, kami akan terus memperluas distribusi dan melengkapi range product Blakmores,” tutup Dickson.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif

Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif
INFOBRAND.ID-Di tengah gempuran era digital, merek-merek besar kini beralih ke senjata pemasaran terampuh mereka: media milik (owned media). Dengan ke...


Melirik Perkembangan  Pionir Brand Metaverse di Indonesia

Melirik Perkembangan Pionir Brand Metaverse di Indonesia
INFOBRAND.ID-Konvergensi kehidupan nyata dengan realitas virtual kini tidak hanya sebatas pada dunia game, tapi berbagai sektor lain, termasuk bisnis...


Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022

Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022
INFOBRAND.ID-Hansaplast menyelenggarakan Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara of...


Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng

Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng
INFOBRAND.ID- Belakangan ini, media sosial dihebohkan hadirnya Starbucks kemasan atau ready to drink yang dijual di minimarket. Berkolaborasi dengan P...