Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan

Posted by: 1853 viewer

Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan
Belanja iklan TV.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Aktivitas tetap di rumah selama bulan Ramadhan di masa Pandemi Covid-19 mendorong meningkatnya penonton TV. Kondisi itu membawa berkah tersendiri bagi industri TV, yang meraup belanja iklan mencapai Rp4,4 triliun di minggu pertama Ramadhan 2021.

Pertumbuhan ini disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain kenaikan jumlah pemirsa di jam Sahur (02: 00 - 05: 59), buka puasa, dan juga setelah Shalat Tarawih. Penyebab kenaikan pemirsa televisi adalah juga karena kenaikan jumlah penonton dari kelas sosial Middle dan Lower, masing-masing sebesar 14% dan 17%.

Cerli Wirsal, Direktur Nielsen Media mengungkapkan, selama bulan Ramadhan konsumen tetap haus akan informasi dan hiburan, sebagai pengisi waktu mereka, dimana kebanyakan masih beraktivitas di rumah. Demikian Studi terbaru dari Nielsen, Special Ramadan Survey, yang dilakukan di 11 kota besar di Indonesia, pada periode 14 - 21 April 2021.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Khususnya untuk TV, kami mencatat kelas Middle - Lower mengkonsumsi TV lebih banyak dibandingkan kelas Upper. Ini kemungkinan disebabkan kelas Upper memiliki akses yang lebih banyak ke sumber informasi dan hiburan lain,” jelas Cerli.

Sejalan dengan kenaikan jumlah pemirsa TV, menurutnya angka belanja iklan TV juga menunjukkan pola yang meningkat. Belanja iklan TV naik sebesar 14% dibandingkan satu minggu sebelum bulan Ramadhan. Dimana angka belanja iklan di minggu pertama Ramadhan tahun ini dapat mencapai lebih dari Rp 4,4 triliun, sementara pada pekan pertama Ramadhan tahun 2020 lalu, belanja iklan hanya mencapai Rp 1,889 tirliun.

“Pemilik merek, terutama dari kategori Online Service, sangat menggunakan momen ini, dimana mereka menaikkan belanja iklannya hampir lebih dari dua kali lipat,” jelasnya.

Sejumlah temuan menarik lainnya dijumpai pada studi ini. Pertama, berbelanja secara online naik secara signifikan dan menjadi cara paling besar yang dilakukan oleh konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari, selama masa Ramadhan. Mereka tetap melakukan belanja di toko (secara offline), namun mereka lebih memilih toko modern dibandingkan yang tradisional.

Kedua, walau pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik di awal April, sekitar 30% dari responden tetap menjawab akan melakukan perjalanan liburan. Sedangkan 59% menyatakan mereka tidak akan melakukan perjalanan mudik. Dibandingkan tahun lalu, jumlah orang yang menyatakan akan melakukan perjalanan mudik semakin besar. Sepertinya banyak konsumen yang mempercepat perjalanan mudiknya, karena kebanyakan aktivitas juga masih dilakukan secara online.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Ketiga, ramadhan tahun ini, konsumen memprioritaskan dana mereka untuk membeli makanan, minuman, bahkan memberi sedekah,” tutup Cerli.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...