Jum'at, 20 September 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bersama Bio Farma, MSD Indonesia Luncurkan Kampanye Pencegahan Kanker Serviks

Posted by: 466 viewer

Bersama Bio Farma, MSD Indonesia Luncurkan Kampanye Pencegahan Kanker Serviks
Kegiatan kampanye edukasi kesehatan Tenang Untuk Menang bertema "Perempuan Indonesia Merdeka dari Bahaya Kanker Leher Rahim"/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia berkolaborasi dengan Bio Farma untuk meluncurkan kampanye edukasi mengenai pencegahan kanker serviks melalui vaksinasi.

"Kami berkomitmen bersama untuk menghadapi ancaman besar dalam kesehatan di Indonesia, yaitu kanker serviks," ujar Managing Director MSD Indonesia, George Stylianou.

George menjelaskan bahwa kanker serviks, atau kanker leher rahim, disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Menurut data dari Kementerian Kesehatan, kanker serviks merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang diderita perempuan di Indonesia, dengan 36 ribu kasus dan 20 ribu kematian pada tahun 2022. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, BPJS Kesehatan mengeluarkan biaya sebesar Rp5,9 triliun untuk penanganan kanker pada tahun 2023.

"Kanker serviks dapat dicegah dengan imunisasi HPV, yang efektif lebih dari 90 persen dalam mencegah penyakit ini, sekaligus mengurangi biaya negara untuk penanganan kanker," ujarnya. 

Dirinya berharap kampanye ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kanker serviks sebelum terlambat, serta berkontribusi pada sistem pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya, mengatakan bahwa kolaborasi dengan MSD Indonesia mendukung Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim yang dicanangkan oleh Kemenkes pada tahun 2023. Shadiq menyebutkan bahwa Bio Farma berkomitmen untuk menyediakan vaksin yang dibutuhkan untuk program pencegahan kanker serviks.

"Kami sebagai perusahaan BUMN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan vaksin yang diperlukan oleh program pemerintah dan masyarakat luas," ujar Shadiq. Ia juga menekankan bahwa edukasi tentang pencegahan kanker serviks melalui vaksinasi adalah tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, MSD Indonesia akan melakukan transfer teknologi dan pengetahuan kepada Bio Farma untuk meningkatkan konten lokal dari produk vaksin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di kalangan masyarakat, khususnya perempuan usia produktif.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meluncurkan Strategi Global untuk Eliminasi Kanker Serviks, dengan target 90-70-90. Ini mencakup vaksinasi HPV untuk 90 persen anak perempuan di bawah usia 15 tahun, skrining dengan tes performa tinggi untuk 70 persen perempuan usia 35 hingga 45 tahun, dan tata laksana standar untuk 90 persen perempuan dengan lesi pra-kanker.

"Kami akan terus melanjutkan program-program pemerintah dan WHO karena meyakinkan masyarakat untuk menerima vaksin tidaklah mudah," pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Ban Leng, Tradisi Pengobatan Kuno yang Tetap Relevan di Era Modern

Inovasi Ban Leng, Tradisi Pengobatan Kuno yang Tetap Relevan di Era Modern
INFOBRAND.ID - Ban Leng, sebuah nama yang mungkin sudah tidak asing di telinga beberapa orang, mengisahkan perjalanan panjang sebuah tradisi peng...


TEI ke-39 Siap Digelar, Kemendag: Peluang Perluas Jejaring Bisnis dan Ekspor ke Pasar Global

TEI ke-39 Siap Digelar, Kemendag: Peluang Perluas Jejaring Bisnis dan Ekspor ke Pasar Global
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Mardyana Listyowati mengungkapkan, ekspor merupakan salah satu penopang p...


AQUA Elektronik Rilis Kulkas Terbaru Magic Neo dengan Teknologi BEST

AQUA Elektronik Rilis Kulkas Terbaru Magic Neo dengan Teknologi BEST
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AQUA Elektronik melanjutkan komitmen untuk melakukan transformasi menjadi high end premium brand dengan meluncurkan produk ter...


Produksi Satu Juta AC Rumah Tangga, Midea Genjot 40 Persen TKDN

Produksi Satu Juta AC Rumah Tangga, Midea Genjot 40 Persen TKDN
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen peralatan elektronik Midea menggenjot 40 persen tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam memproduksi target satu j...