Bank Indonesia bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan dan mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas akses pasar UMKM.
Dikutip dari laman resmi BI pada Senin (15/7), hal tersebut mengemuka dalam talkshow “Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM”, sebagai rangkaian kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 akhir pekan lalu.
“Upaya itu dilakukan melalui program persiapan pemasaran online UMKM BI [on boarding] dan fasilitasi penyediaan platform dan/atau pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital,” tulis rilis BI.
Melalui teknologi digital, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara.
“Dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2019, Bank Indonesia turut memfasilitasi business matching (temu bisnis), salah satunya dengan mempertemukan UMKM Unggulan Binaan dan Mitra BI dengan e-commerce,” sebutnya.
Untuk diketahui, Pameran KKI tahun ini merupakan pagelaran keempat kalinya dengan mengambil tema ”Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital,”. Berbeda dari perhelatan selanjutnya, KKI 2019 memfasilitasi temu bisnis antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan agregator/importir luar negeri.