INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pameran "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" untuk mendukung UMKM binaan memasuki pasar Singapura.
Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies menyatakan, dalam kegiatan itu BNI melalui Xpora mengirimkan tujuh produk dan pelaku UMKM dari kategori fesyen dan aksesoris fesyen yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.
"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BNI untuk mendukung UMKM Indonesia dalam menembus pasar global. Kami yakin, produk-produk ini akan menarik minat para pengunjung dan membuka peluang bisnis baru bagi para UMKM Indonesia," kata dia.
Dia menambahkan, untuk produk yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut telah melalui kurasi oleh kurator asal Singapura, yaitu Creativeans dan BridgifyAsia. Kurasi terhadap produk yang dikirimkan ini mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi poin penilaian yang disesuaikan dengan pasar Singapura.
Kegiatan yang digelar di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura pada 17-21 April 2024, rata-rata dikunjungi oleh 73.000 pengunjung per hari kerja dan 91.000 pengunjung per hari di akhir pekan, pameran ini diharapkan dapat menarik setidaknya 210.000 tamu selama penyelenggaraan acara berlangsung.
Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan inisiatif BNI dalam mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, khususnya Singapura, memberikan kemudahan bagi para UMKM lokal Indonesia untuk memasarkan produknya kepada diaspora Indonesia dan masyarakat Singapura.
"Tentunya sebagai bank BUMN dengan mandat Go Global, BNI menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan meningkatkan kapabilitas UMKM agar dapat bersaing dengan produk asing di luar negeri," jelasnya.
Selain pameran dagang, kegiatan tersebut juga akan menampilkan promosi pariwisata dalam bentuk pengalaman virtual reality. Pameran juga akan menampilkan beberapa jenis kuliner makanan dan minuman terbaik Indonesia.
"Dengan berpartisipasi pada acara ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang untuk memperoleh pengalaman baru, wawasan pasar di Singapura, tren produk di Singapura, serta bertemu pembeli potensial yang nantinya dapat meningkatkan transaksi ekspor produk Indonesia," tandasnya.