Selasa, 19 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Brand Adalah Doa

Posted by: 3673 viewer

Brand Adalah Doa
H. Erie Riza Nugraha, Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Usakti

Seorang pujangga kelas dunia, William Shakespeare (1564 – 1616) pernah mengatakan “What is in a name” , apalah arti sebuah nama.

Namun bagi kebanyakan kita, apapun suku dan agamanya, nama selalu mengandung makna tertentu, yang merupakan sebuah doa yang disematkan orang tua untuk anaknya.

Bisakah 'nama adalah doa' dijelaskan secara ilmiah?

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam sebuah artikel di merdeka.com tanggal 4 Maret 2017  https://buff.ly/2YpgcBQ menyatakan, bahwa ternyata hal ini cukup erat kaitannya dengan sains, di mana penamaan anak punya dampak yang cukup serius dalam jangka panjang. Berbagai riset ternyata telah menunjukkan kalau sebuah nama saja bisa mempengaruhi berbagai hal seperti kesuksesan hingga popularitasnya di masa depan.

Dilansir dari Medical Daily, seorang profesor yang meneliti tentang hal ini menyatakan bahwa ada 4 kategori sebuah nama dipandang masyarakat: dipandang sebagai nama yang beretika dan perhatian, nama yang menyenangkan dan populer, nama feminin, serta nama maskulin. Menurut sang profesor, sebuah nama bisa dianalisa bagaimana nama tersebut masuk dalam kategori apa sebuah nama bisa mencetak angka tinggi di sebuah kategori, namun bisa sangat rendah di kategori lain.

Sebagai contoh, sang profesor menemukan kesimpulan dari riset bahwa guru akan memberi nilai lebih baik pada seorang siswa dengan nama yang terdengar pintar. Selain itu, para pemilih untuk ajang kontes kecantikan akan cenderung memilih kontestan dengan nama yang feminin.

Jadi dalam memberi nama anak, jika Anda memberi nama anak dengan nama yang terdengar jenius, dia bisa jadi akan benar-benar pintar. Begitupun dengan memberi nama anak dengan nama yang sangat feminin, dia akan tumbuh jadi anak yang cantik.

Identik dengan penamaan seorang anak oleh orang tuanya, penamaan sebuah bisnis melalui brand / merek haruslah mengandung makna tertentu, yang merupakan sebuah doa yang disematkan pendiri (founder) untuk bisnisnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pengertian brand / merek sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Philip Kotler

Salah satu guru marketing yang banyak berjasa dalam pengembangan ilmu marketing di dunia : brand / merek merupakan nama, istilah, simbol, disain atau kombinasi dari seluruhnya, yang memberi identitas pada produk/jasa dari penjual dan untuk membedakan produk/jasa dari pesaing.

Alycia Perry

Penulis buku Before the Brand: Creating the Unique DNA of an Enduring Brand Identity : brand / merek merupakan janji atas sebuah kualitas yang membentuk hubungan antara perusahaan dan konsumen.

Hermawan Kartajaya

Pakar pemasaran sekelas Philip Kotler dari Indonesia : setiap produk harus memiliki brand / merek, sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan dalam mencari kembali produk tersebut. Selain itu, juga berfungsi untuk membedakan kualitas produk yang satu dengan lainnya, dan merupakan jaminan dari produsen atas kualitas dari produk yang dihasilkan. 

Pada saat saya membangun sebuah brand / merek Raja Motor, secara sekilas bentuk merek yang tercermin dalam logo perusahaan adalah gambar motor yang sedang melaju kencang, melompat atau sedang berakselerasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Raja Motor diharapkan bisa melebarkan bisnisnya dan berkembang pesat / berakselerasi.

Logo Raja Motor juga mencerminkan bentuk huruf R dan M yang merupakan inisial Raja Motor, yang terlihat sebagai bahasa isyarat “OK” atau “Setuju” yang menggambarkan kepuasan pelanggan atas mutu pelayanan seluruh karyawan dan pimpinan Raja Motor.

Jadi, brand / merek merupakan nama, simbol, disain atau kombinasi seluruhnya yang memberikan identitas sebagai pembeda dengan pesaing dan berisi janji atas sebuah kualitas tertentu. Sehingga sebuah merek akan memberikan asosiasi/persepsi kepada konsumen terhadap produk / jasa yang akan dibeli. Juga merupakan harapan dan doa dari sang pendiri (founder).

Erie Riza Nugraha                                                                                                 

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketua Pusat Inkubator Bisnis Teknologi Usakti, Dosen Tetap D3 Akuntansi Sektor Publik FEB Usakti (NIDN 0320116201), Founder dan Owner www.rajamotoronline.com , mantan karyawan PT IBM Indonesia

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR

Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, keberhasilan sebuah organisasi tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan yang mere...


Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR

Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR
INFOBRAND.ID – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dimulai, para calon anggota legislatif (caleg) pun berupaya untuk mendulang suar...


KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%

KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%
INFOBRAND.ID - KIT Global, spesialis pemasaran kinerja perintis, didirikan pada tahun 2022 dan sejak saat itu telah berkembang pesat di Eropa, Amerika...


Mengenal Mobile Apllication  dan Penggunaan nya di Era Digital

Mengenal Mobile Apllication dan Penggunaan nya di Era Digital
INFOBRAND.ID-Mobile app development adalah proses pembuatan aplikasi untuk perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet....