Rabu, 24 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

CIMB Niaga Dukung Percepatan Digitalisasi Merchant UMKM

Posted by: 769 viewer

CIMB Niaga Dukung Percepatan Digitalisasi Merchant UMKM
CIMB

INFOBRAND.ID-Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi salah satu inisiatif yang tengah digiatkan CIMB Niaga. Oleh karena itu, pada pertengahan Oktober ini, CIMB Niaga resmi menjali kerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) dalam bidang pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Peresmian kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi dan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution di Tiara Convention Center, Kota Medan, pertengahan Oktober ini (18/10).

Melalui kemitraan itu, CIMB Niaga menyediakan aplikasi OCTO Merchant untuk mendukung percepatan digitalisasi merchant UMKM, meningkatkan literasi transaksi non tunai, dan memperluas penerimaan Quick Rensponse Code Indonesian Standard (QRIS) bagi UMKM binaan Pemko Medan. OCTO Merchant merupakan aplikasi mobile dari CIMB Niaga yang dikhususkan untuk mendukung transaksi pembayaran bagi merchant yang telah bekerja sama dengan CIMB Niaga.

Diungkapkan Noviady Wahyudi, CIMB Niaga merasa terhormat dapat menjalin kerja sama dengan Pemko Medan yang memiliki perhatian besar dalam pengembangan UMKM. Kerja sama ini sejalan dengan upaya CIMB Niaga untuk terus mendukung pemerintah dalam menyediakan fasilitas pembayaran secara digital, memperluas inklusi keuangan, dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian. CIMB Niaga percaya, kolaborasi kedua institusi ini akan memberikan manfaat besar untuk para pelaku UMKM.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami mendorong para pemilik merchant UMKM untuk menggunakan OCTO Merchant yang memiliki banyak keunggulan. Antara lain, aplikasi mudah digunakan, dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi uang elektronik/perbankan melalui QRIS, info promo yang lengkap, hingga menyediakan laporan penjualan terkini yang bisa dilihat secara real-time sehingga proses administrasi penjualan semakin mudah dan efisien,” terang Noviady.

 

Lebih jauh ia menjelaskan, bagi merchant UMKM yang tertarik untuk menggunakan OCTO Merchant, maka dapat mengunduh aplikasi OCTO Merchant di Play Store dan melakukan pendaftaran dengan menggunakan fitur Online Onboarding di OCTO Merchant. Proses pendaftaran menggunakan fitur tersebut mudah dan dapat dilakukan secara self service tanpa bantuan tenaga sales atau ke kantor cabang, prosesnya juga cepat, dapat langsung menerima transaksi QRIS, dan praktis karena menggunakan aplikasi tanpa perlu mesin Electronic Data Capture (EDC).

Sementara itu, berdasarkan data Bank Indonesia per Juni 2023, pengguna QRIS di Indonesia telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4% dari jumlah tersebut yaitu UMKM. “Tentunya dengan edukasi dan akuisisi merchant yang terus kami lakukan, diharapkan jumlah merchant yang menggunakan QRIS ke depan akan semakin meningkat, sehingga masyarakat pun semakin mudah bertransaksi secara non tunai,” harap Noviady.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini

Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen memajukan ekonomi syariah dan gaya hidup halal, WPCitra kembali akan menggelar Halal Fair pada Agustus...


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...