Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 584 Miliar dan Pertumbuhan Kredit 11% pada Triwulan I 2018

Posted by: 1839 viewer

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 584 Miliar dan Pertumbuhan Kredit 11% pada Triwulan I 2018
Citibank

Citibank N.A., Indonesia mencatatkan laba bersih sebesar Rp 584 Miliar pada triwulan pertama tahun 2018 yang terutama berasal dari pendapatan bunga bersih sebesar Rp 1,05 triliun dan pendapatan berbasis komisi bersih (net fee-based income) sebesar Rp 540 Miliar.

Lini bisnis Institutional Banking dan Consumer Banking masing-masing memberikan kontribusi sebesar 55% dan 45% dari keseluruhan pendapatan bunga bersih Bank. Rasio profitabilitas Citibank pada triwulan pertama menunjukkan kinerja yang solid dengan perolehan Return on Asets (ROA) sebesar 3,95% dan Return on Equity (ROE) sebesar 14,31%. Pada akhir triwulan pertama 2018, portofolio kredit Citibank meningkat 11% dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya didorong oleh pertumbuhan kredit pada lini bisnis Institutional Banking.

Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 4%, dimana 70% dari DPK Citibank berupa giro dan tabungan. Citibank terus mempertahankan rasio Loan-to-Funding (LFR) yang memadai dan optimal di level 75%. Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi mengatakan, ”Tahun ini Citibank merayakan 50 tahun dedikasi untuk Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Citibank berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagaimana tercermin dengan pertumbuhan kredit year-onyear yang mencapai double digit. Dalam implemetasinya, selain fokus pada pertumbuhan, Citibank senantiasa berpedoman pada prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman sehingga mendukung perbaikan kualitas kredit. Rasio Non Performing Loan (NPL) bruto dan netto Citibank menunjukkan perbaikan menjadi masing-masing 1,78% dan 0,47%, menurun dibandingkan triwulan I 2017 yang sebesar 2,58% dan 1,06%.” Tingkat permodalan Citibank tetap kokoh dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) berada di level 25,95% per 31 Maret 2018.

Bank berhasil mempertahankan tingkat permodalan untuk menopang pertumbuhan kredit. Di lini bisnis Institutional Banking, Treasury and Trade Solutions Group (TTS) telah ditunjuk oleh Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) untuk menyediakan solusi dalam hal Cash Management dan Trade Finance. TTS juga menyelenggarakan Indonesia Insurance Forum yang pertama guna menjawab perubahan tren, inovasi, dan solusi digital yang dapat membawa industri asuransi ke tingkat pertumbuhan. Dalam Corporate and Investment Banking, Citi telah ditunjuk sebagai Joint Lead Bookrunners untuk penerbitan Obligasi Republik Indonesia dual tranche senilai 3 milyar dollar AS, yang terdiri dari Green Sukuk tenor 5- tahun senilai 1,25 milyar dollar AS dan Sukuk tenor 10-tahun senilai 1,75 milyar dollar AS. Di Markets dan Securities Services, beberapa Citibanker dinobatkan sebagai individu-individu terbaik tingkat regional di kategori obligasi mata uang lokal dalam bidang riset, penjualan, dan perdagangan dari 2018 The Asset Benchmark Research.

Di lini bisnis Consumer Banking, Citibank telah merelokasi kantor cabang dari Prince Center ke Citibank Tower di SCBD Jakarta, guna memberikan pengalaman perbankan yang berkesan melalui proses yang lancar dan kemampuan digital kelas dunia, yang dikenal sebagai Citi Signature Experience.

Di Wealth Management, dengan diperkenalkannya produk bancasurrance terbaru "Prosper Plan Assurance", dapat membantu para nasabah lebih lanjut untuk memenuhi tujuan keuangan mereka melalui peluang diversifikasi wealth management yang lebih besar. Lebih lanjut, Citibank meningkatkan wealth management digital advisory untuk menjaga nasabah mendapatkan berita terbaik mengenai kondisi pasar untuk pengambilan keputusan investasi yang lebih baik.

Sejalan dengan kampanye "Merayakan 50 Tahun Dedikasi untuk Indonesia", kartu kredit Citibank dan Visa, mitra resmi FIFA, meluncurkan program untuk memberangkatkan 25 pemegang kartu Visa dan pendamping (total 50 orang) ke ajang pertandingan sepakbola terbesar tahun ini, 2018 FIFA World Cup™ di Rusia. Kartu kredit Citibank juga berkolaborasi dengan e-commerce ternama yaitu Blibli.com, Bukalapak.com, Lazada.co.id, Shopee.co.id, dan Tokopedia.com untuk memperkenalkan promosi 50% diskon untuk pembelian berulang, juga di Grand Lucky, Ranch Market, Sushi Tei, Seribu Rasa, Traveloka, dan di berbagai merchant lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain memberikan berbagai penawaran di kategori kebutuhan seharihari, kartu kredit Citibank senantiasa berfokus untuk melayani kebutuhan nasabah di ranah e-commerce dan travel yang semakin meningkat. Kartu kredit Citibank memperbaharui program co-branding bersama Garuda Indonesia dengan memperkenalkan kampanye “Bring More Home”.

Di Digital Banking, Citibank memanfaatkan protokol Application Programming Interface (API) untuk berkolaborasi dengan mitra bisnis, seperti e-commerce dan situs perbandingan keuangan sebagai bagian dari inisiatif akuisisi nasabah secara digital. Melalui program Citi PeKa (Peduli dan Berkarya) Citibank juga mengumumkan pemenang Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) untuk periode 2017-2018. Penghargaan diberikan kepada delapan pengusaha mikro Indonesia, serta penghargaan tambahan untuk lembaga keuangan mikro terbaik.

“Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada triwulan pertama 2018, dan dengan ini kami menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para nasabah, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan mereka terhadap kami,” tutup Batara.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...


Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan

Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung...


BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG

BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pamera...