Senin, 03 Agustus 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Cloud Kitchen Jadi Andalan Boga Group di Era New Normal

Posted by: 03-07-2020 09:48 WIB 227 viewer

Cloud Kitchen Jadi Andalan Boga Group di Era New Normal
Ellen Widodo, GM Marketing Boga Group (dok. Twitter)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Era new normal membuat mal dan restoran mulai membuka diri. Akan tetapi, mayoritas konsumen merasa tetap waspada untuk menikmati makanan di restoran. Masuk dan duduk di tempat orang silih berganti menikmati hidangan, mendatangkan kekhawatiran sendiri. Maklum, tidak ada yang bisa menjamin tidak ada virus sama sekali yang menempel di ruangan restoran sekalipun sudah diupayakan sesteril mungkin. Dengan kata lain, muncul perasaan insecure.

Dengan kondisi demikian, maka para pengelola resto harus pandai-pandai bersiasat. Salah satu contoh menarik adalah apa yang dilakukan Boga Group. Ellen Widodo, GM Marketing Boga Group menjelaskan ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh jaringan resto yang memiliki 14 merek resto (seperti Master Wok, Paradise Inn, Kintan Buffet, Shaburi, Pepper Lunch, Bakerzin) dan 170 gerai ini. Pertama, pada Maret 2020, mereka meliburkan resto, tapi tidak mem-PHK karyawan yang berjumlah 2000 orang.

Kedua, mempercepat ekspansi cloud kitchen dengan bendera Boga Kitchen. Awalnya Januari 2020 baru membuka sebagai pilot project, kini karena pandemi yang memaksa orang di rumah setelah diberlakukannya PSBB, Boga Group mengakselerasi cloud kitchen. Kini sudah ada 20 cloud kitchen (18 di Jakarta, sisanya di Medan dan Semarang) dan masih akan bertambah. Langkah ketiga, menggenjot inovasi produk dan melebarkan kanal penjualan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Produk inovatif yang diintensifkan oleh Boga Group adalah frozen food yang ready to cook serta makanan ready to eat,” ujarnya dalam Indonesia Brand Forum 2020 pada Kamis (2/7).

Menurutnya, Boga Kitchen telah mendapatkan apresiasi yang positif dari konsumen. Dimana kata dia, cloud kitchen menjadi jalan keluar bagi Boga Group di tengah pandemi karena selain menghidupkan bisnis, juga menampung karyawan sehingga tak ada PHK.

“Kedepannya bukan hal yang mustahil kalau kami akan semakin intensif membangun cloud kitchen,” tambahnya.

Dia menambahkan, dengan konsep dapur satelit, Boga Kitchen bisa berada di satu tempat yang memadai. Yang penting ada buat dapur, sekitar 25 karyawan, dan sistem untuk order-delivery..

“Cloud kitchen jauh lebih ringkas dibanding sebuah resto. Boga Kitchen bisa berada di lokasi seluas 22 meter persegi sementara resto butuh 120 meter persegi dan 75 orang operasional,” ujar Ellen.

Kendati demikian, Ellen menambahkan, kini perlahan-lahan Boga Group juga membuka restonya. Ada sekitar ¾ resto jaringan Boga Group yang mulai membuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Yang menarik, Ellen juga mengungkap bahwa berangkat dari penerimaan konsumen yang positif, Boga Group juga tengah mematangkan rencana untuk masuk ke ritel, menjual frozen food yang ready to cook serta makanan ready to eat di supermarket.

“Mungkin akhir tahun ini sudah ada di supermarket. Jadi, Boga Group memiliki kanal yang makin lebar: resto, cloud kitchen, dan ritel,” tandasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Bersatu Lawan COVID-19, Gree Salurkan Air Purifier ke Berbagai Rumah Sakit dan Instansi Pemerintah

Bersatu Lawan COVID-19, Gree Salurkan Air Purifier ke Berbagai Rumah Sakit dan Instansi Pemerintah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT. Gree Electric Indonesia (Gree Indonesia) beberapa waktu lalu mendonasikan puluhan Air Purifier atau penjernih udara tipe G...


Ini Rahasia Caladine Bertahan di Usia Setengah Abad

Ini Rahasia Caladine Bertahan di Usia Setengah Abad
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Untuk produk di kategori bedak gatal bayi, nama Caladine boleh dibilang cukup berpengaruh serta menjadi pilihan utama pa...


Punya 1,3 Juta Online Seller di Indonesia, Ini yang Dilakukan SiCepat Ekspres

Punya 1,3 Juta Online Seller di Indonesia, Ini yang Dilakukan SiCepat Ekspres
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Jasa kurir SiCepat Ekspres terus menjadi pilihan para online seller di Indonesia sebagai layanan kirim barang yang murah...


BAF Mobile, Layanan Digital sebagai Solusi di Masa Pandemi

BAF Mobile, Layanan Digital sebagai Solusi di Masa Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Merebaknya pandemi COVID-19 melambatkan perekonomian di hampir semua negara yang ada di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dari...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI