Hantaman covid-19 membuat perubahan drastis dalam dunia marketing. Situasi ini membuat para pelaku brand harus cepat membuat strategi baru untuk bisa memasarkan produk masing-masing sehingga penjualan dan omzet tetap terjaga.
Termasuk yang terkena dampak ialah IDEALIFE, produsen home and kitchen appliances. Semenjak pemerintah mengeluarkan himbauan untuk work from home, fokus pemasaran IDEALIFE kini beralih secara digital atau online.
Ronald Ekaputra, Direktur IDEALIFE, menjelaskan situasi saat ini brand harus cepat beradaptasi. “Brand yang tidak melakukan online marketing akan mengalami penurunan performa sangat dahsyat di saat pandemic,”jelasnya.
Lebih lanjut ia menerangkan, strategi IDEALIFE untuk bisa survive adalah dengan menjadikan customer service sebagai garda terdepan. Konsumen yang berbelanja ataupun bertanya informasi melalui daring seperti media sosial harus dijawab dan dilayani dengan cepat dan tepat.
Untuk mendukung terwujudnya service excellence tersebut, ia dan timnya telah menyiapkan dan menyediakan banyak portal untuk konsumen agar bisa menghubungi IDEALIFE dengan mudah.
“Media sosial seperti twitter, Instagram dan juga YouTube (@idelifeonline), dan WA costumer service dan service centre dan web www.idealife-online.com siap melayani pertanyaan dan permintaan konsumen,” jelasnya.
Selain itu, sebagai bentuk solusi, ia selalu memastikan agar produknya tersedia setiap waktu. Terutama produk dengan tema kebersihan dan memasak yang menjadi produk terlaris untuk saat ini.
“Dengan tetap menginfokan produk kami tetap tersedia setiap waktu kami juga turut membantu para reseller kami. Kami juga membantu dengan materi online marketing agar reseller mudah memasarkan,” ucapnya.
Ranah digital sepertinya sudah menjadi arena permainan bagi IDEALIFE, tidak ada kegagapan ketika melakukan branding ataupun penjualan secara digital seperti sekarang ini.
Ronald menyebut resep sukses dari IDEALIFE adalah telah memprediksi kemajuan teknologi dalam hal ini adalah internet sejak 2011silam. Sejak itu ia dan timnya terus mengembangkan dan memaksimalkan fasilitas teknologi untuk kepuasan konsumen.
Salah satunya adalah hadirnya fitur automisasi untuk mengklaim garansi dengan mudah. Saat ini konsumen Tidak perlu kirim sobekan kartu garansi lagi ke PO BOX atau alamat yg di tentukan. Dengan cara ini, bukti pembelian, bon sudah kami simpan di database, dan dengan nyaman bisa mengklaim garansi dengan lebih mudah jika di perlukan,ucapnya.