Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

DANAm8s, Tim Dibalik Gencarnya Terobosan Berbagai Inovasi DANA

Posted by: 2311 viewer

Platform e-wallet (dompet digital) DANA sejak muncul di tahun 2017, selalu menghadirkan beragam inovasi untuk melengkapi aplikasi digitalnya. Inovasi fitur-fitur baru diluncurkan setiap tahun dan mampu mendongkrak popularitas DANA. Dibalik gencarnya inovasi yang dilakukan DANA, ternyata ada tim DANAm8s yang kreatif dan inovatif.

DANAm8s, Tim Dibalik Gencarnya Terobosan Berbagai Inovasi DANA
Tim DANAms8 didominasi Gen Z

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Platform e-wallet (dompet digital) DANA sejak muncul di tahun 2017, selalu menghadirkan beragam inovasi untuk melengkapi aplikasi digitalnya. Inovasi fitur-fitur baru diluncurkan setiap tahun dan mampu mendongkrak popularitas DANA. Dibalik gencarnya inovasi yang dilakukan DANA, ternyata ada tim DANAm8s yang kreatif dan inovatif.

Vincent Iswara, CEO dan salah satu Founder DANA mengatakan kunci utama keberhasilan DANA dalam menghadirkan terobosan-terobosan baru adalah adanya SDM (sumber daya manusia) yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

"SDM DANA, yang kami sebut DANAm8s, merupakan anak-anak bangsa Indonesia terbaik yang memiliki kompetensi global. Mayoritas DANAm8s berada di divisi pengembangan teknologi dan inovasi. Merekalah yang berada di balik lahirnya inovasi-inovasi DANA yang terus bergulir,” ujar Vincent Iswara.

IKLAN INFOBRAND.ID

Gen Z Mendominasi Tim DANAm8s

Agustina Samara, Chief People Officer DANA mengungkapkan bahwa 70% dari total keseluruhan DANAm8s masih berusia 30 tahun ke bawah. Bahkan, 55% di antaranya adalah Gen Z berusia di bawah 25 tahun.

"Mereka adalah anak-anak muda yang cerdas dan memiliki pemahaman luas terhadap kebutuhan kekinian sekaligus solusi inovatifnya. Mereka adalah generasi yang bukan lagi money oriented, tapi sangat antusias dan berorientasi pada kepuasan atas pencapaian kinerja personal,” ungkap Agustina Samara.

Agustina Samara yang akrab dipanggil Tina menjelaskan bahwa dari sudut pandang usia, Gen Z adalah generasi yang masih belum memiliki tingkat emosial yang matang. Namun, mereka adalah generasi dengan skill dan passion yang sangat istimewa. Untuk mengakomodasi dan mengoptimalkan potensi dan produktivitas para Gen Z di DANA, pihak manajemen menerapkan pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Tina mengatakan, DANA melakukan pendekatan dengan menyertakan nuansa fun dan entertaining, tantangan-tantangan, fleksibilitas, pengembangan potensi diri, tapi tetap menjaganya agar dalam koridor budaya perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan norma-norma yang harus dipatuhi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Aturan Kerja Yang Fleksibel

DANA membuat aturan kerja yang fleksibel. Aturan ini bukan dibuat khusus untuk DANAm8s dari kalangan Gen Z saja, tapi untuk semua. Hanya saja, aturan kerja yang fleksibel ini tetap berorientasi pada produktivitas dan kecepatan pengambilan keputusan, serta diharapkan efektif untuk mengakomodasi upaya optimalisasi kompetensi para Gen Z dan Gen Y atau Millennial. 

Tina mengatakan, jam kerja resmi DANA adalah dari jam 9 pagi hingga 6 petang. Jam-jam tersebut dapat dimanfaatkan DANAm8s secara optimal untuk melakukan koordinasi satu sama lain. Namun, DANA juga memahami bahwa ada individu-individu yang memiliki preferensi waktu dalam berproduktivitas. Untuk divisi-divisi tertentu, seperti divisi engireering, DANA membolehkan timnya memilih bekerja di luar jam kerja yang ditentukan. Misalnya, memilih untuk produktif di malam hari atau pagi hari.

DANA juga menerapkan Working from Home yang dapat dipilih oleh DANAm8s yang karena alasan-alasan tertentu harus bekerja dari rumah.

"Untuk persetujuan, DANAm8s cukup mengajukan ke atasan masing-masing. Sebab, atasan langsung yang lebih mengetahui jam kerja termasuk koordinasi pekerjaan timnya,” ujar Tina.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ada Kompetisi Talenta

Di DANA, Gen Z dan generasi lainnya dapat memperoleh banyak kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Banyak tantangan, mulai dari yang ringan hingga serius, yang bisa dijadikan ajang untuk mengasah kemampuan dan kreativitas.

DANAm8s dapat berpartisipasi dalam DANA Talent Competition, belajar meningkatkan kemampuan berbicara dan berbagi pengetahuan di depan publik lewat program bernama BicaraDANA, hingga bergabung di acara komunitas-komunitas engineering dan menyerap banyak wawasan baru dari eksternal perusahaan.

Di DANA, karyawan dapat ditempatkan di beragam kelompok project yang dikenal dengan istilah Battle Performance Project. Durasi setiap project biasanya berlangsung dari 3 hingga 6 bulan. Seorang DANAm8s akan dipilih sebagai pemimpin project, dan skor kinerja akan diberikan ketika project berakhir.

“DANA kami bangun sebagai wadah bagi potensi-potensi besar Indonesia untuk makin berkembangdan inovatif. DANA juga kami bangun sebagai tempat yang tepat bagi siapapun untuk turut menjadi agen perubahan bagi Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global yang tinggi berkat budaya nontunai digital yang menjadi standar masa depan,” pungkas Tina.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...