Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’

Posted by: 4224 viewer

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’
Dua produk pasta gigi dari dua brand terkemuka sama-sama menggunakan kata Strong untuk salah satu produknya.

JAKARTA - Brand yang kuat menjadi salah satu kunci suksesnya aktivitas penjualan. Tidak mengherankan jika kemudian ada sebuah brand-brand besar yang rela bersengketa untuk memperebutkan sebuah brand. Seperti kasus yang terjadi baru-baru ini, dimana PT Unilever Indonesia Tbk yang bersengketa dengan Orang Tua Group, yang memperebutkan brand pasta gigi ‘Strong’.

Adapun brand yang diperebutkan itu adalah, Unilever dengan brand pasta gigi Pepsodent menggunakan nama ‘Strong 12 Jam’ untuk untuk salah satu produknya yang menanjikan perlindungan hingga 12 jam. Sementara Orang Tua Group dengan brand pasta gigi Formula menggunakan nama ‘Strong Protection’ untuk salah satu produknya yang menawarkan perlindungan yang kuat.

Namun untuk diketahui, perkara hukum antara PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan Orang Tua Group perihal perebutan merek pasta gigi 'Strong' telah memasuki babak baru. Manajemen Unilever mengatakan, pihaknya mengajukan kasasi atas putusan pengadilan pada November 2020 lalu yang menyatakan sengketa merek pasta gigi tersebut dimenangkan oleh Hardwood Private Limited, induk dari Orang Tua Group.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia, Reski Damayanti, mengungkapkan bahwa proses hukum kasasi masih berjalan hingga saat ini. Ia menambahkan, kasus tersebut belum berkekuatan hukum tetap sehingga manajemen memandang hal ini tidak akan berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum, bisnis, harga saham, dan kelangsungan usaha Unilever.

"Kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan dan berharap agar hasilnya lancar serta membawa hasil yang adil dan baik," tegas Reski kepada media baru-baru ini.

Sebagai informasi, perkara berebut merek pasta gigi ini berawal ketika Hardwood merasa keberatan atas penggunaan merek 'Strong' di salah satu varian produk Unilever, yakni Pepsodent Strong. Keberatan tersebut didasari oleh klaim Hardwood merek 'Strong' sudah didaftarkan di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham Nomor IDM000258478 sebagai merek pasta gigi Orang Tua Group, yakni Formula Strong.

Atas keberatan tersebut, Hardwood kemudian menggugat Unilever ke PN Jakarta Pusat pada 29 Mei 2020 lalu dengan Nomor Perkara 30/Pdt/Sus-HKI/Merek/2020/PNJKT.Pst. Perkara hukum tersebut berlanjut ke persidangan pada 18 November 2020 lalu yang kemudian memenangkan Hardwood sebagai pemilik merek tersebut, bukan Unilever.

Melalui sidang itu pula, majelis hakim menyatakan bahwa merek Pepsodent Strong memiliki kemiripan dengan Formula Strong yang sudah lebih dulu terdaftar. Oleh karena itu, pengadilan menjatuhkan sanksi kepada Unilever berupa pembayaran denda senilai Rp30 miliar yang diberikan kepada Hardwood.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...