Ahad, 28 Februari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’

Posted by: 10-02-2021 16:08 WIB 220 viewer

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’
Dua produk pasta gigi dari dua brand terkemuka sama-sama menggunakan kata Strong untuk salah satu produknya.

JAKARTA - Brand yang kuat menjadi salah satu kunci suksesnya aktivitas penjualan. Tidak mengherankan jika kemudian ada sebuah brand-brand besar yang rela bersengketa untuk memperebutkan sebuah brand. Seperti kasus yang terjadi baru-baru ini, dimana PT Unilever Indonesia Tbk yang bersengketa dengan Orang Tua Group, yang memperebutkan brand pasta gigi ‘Strong’.

Adapun brand yang diperebutkan itu adalah, Unilever dengan brand pasta gigi Pepsodent menggunakan nama ‘Strong 12 Jam’ untuk untuk salah satu produknya yang menanjikan perlindungan hingga 12 jam. Sementara Orang Tua Group dengan brand pasta gigi Formula menggunakan nama ‘Strong Protection’ untuk salah satu produknya yang menawarkan perlindungan yang kuat.

Namun untuk diketahui, perkara hukum antara PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan Orang Tua Group perihal perebutan merek pasta gigi 'Strong' telah memasuki babak baru. Manajemen Unilever mengatakan, pihaknya mengajukan kasasi atas putusan pengadilan pada November 2020 lalu yang menyatakan sengketa merek pasta gigi tersebut dimenangkan oleh Hardwood Private Limited, induk dari Orang Tua Group.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia, Reski Damayanti, mengungkapkan bahwa proses hukum kasasi masih berjalan hingga saat ini. Ia menambahkan, kasus tersebut belum berkekuatan hukum tetap sehingga manajemen memandang hal ini tidak akan berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum, bisnis, harga saham, dan kelangsungan usaha Unilever.

"Kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan dan berharap agar hasilnya lancar serta membawa hasil yang adil dan baik," tegas Reski kepada media baru-baru ini.

Sebagai informasi, perkara berebut merek pasta gigi ini berawal ketika Hardwood merasa keberatan atas penggunaan merek 'Strong' di salah satu varian produk Unilever, yakni Pepsodent Strong. Keberatan tersebut didasari oleh klaim Hardwood merek 'Strong' sudah didaftarkan di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham Nomor IDM000258478 sebagai merek pasta gigi Orang Tua Group, yakni Formula Strong.

Atas keberatan tersebut, Hardwood kemudian menggugat Unilever ke PN Jakarta Pusat pada 29 Mei 2020 lalu dengan Nomor Perkara 30/Pdt/Sus-HKI/Merek/2020/PNJKT.Pst. Perkara hukum tersebut berlanjut ke persidangan pada 18 November 2020 lalu yang kemudian memenangkan Hardwood sebagai pemilik merek tersebut, bukan Unilever.

Melalui sidang itu pula, majelis hakim menyatakan bahwa merek Pepsodent Strong memiliki kemiripan dengan Formula Strong yang sudah lebih dulu terdaftar. Oleh karena itu, pengadilan menjatuhkan sanksi kepada Unilever berupa pembayaran denda senilai Rp30 miliar yang diberikan kepada Hardwood.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tantangan dan Peluang Industri Properti di Masa Pemulihan Covid-19

Tantangan dan Peluang Industri Properti di Masa Pemulihan Covid-19
JAKARTA - Sejak pandemi COVID-19 mulai merebak di Indonesia pada awal kuartal 2020, berbagai industri turut mengalami dampak negatifnya, termasuk bida...


Aquascape, Dari Hobi Masa Pandemi Jadi Peluang Bisnis

Aquascape, Dari Hobi Masa Pandemi Jadi Peluang Bisnis
JAKARTA - Hampir satu tahun pandemi Covid-19 terjadi. Dihadapkan dengan banyak keterbatasan, masyarakat tetap mengembangkan berbagai hobi sebagai sara...


Milenial dan Gen Z Berharap Kehadiran 5G

Milenial dan Gen Z Berharap Kehadiran 5G
JAKARTA - Millennials dan Generation Z (Gen Z) saat ini merupakan generasi yang cukup bergantung pada smartphone dan teknologi terkini. Kebanyakan dar...


Hadapi Tantangan Pandemi dan Digitalisasi, SuaraPemerintah.id Gelar Webinar Nasional Bersama 200 UMKM

Hadapi Tantangan Pandemi dan Digitalisasi, SuaraPemerintah.id Gelar Webinar Nasional Bersama 200 UMKM
Jakarta, INFOBRAND.ID - Saat ini semua sektor, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sedang dihadapkan pada tantangan besar, yait...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS







Index
Elnusa