Rabu, 20 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media

Posted by: 14-03-2019 12:46 WIB 122 viewer

Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media
Es Krim Campina (Istimewa)

INFOBRAND.ID – Persaingan bisnis es krim di Indonesia yang semakin ketat tak lantas membuat PT Campina Ice Cream Indusrty Tbk gentar. Berbagai cara pun dilakukan oleh perusahaan asal Surabaya yang berdiri sejak 1972 silam ini untuk bisa memenangkan persaingan pasar, seiring dengan masa transformasi digital yang terus tumbuh dan berkembang.

Di Indonesia sendiri, Campina Ice Cream telah memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Apalagi, ditambah dengan hadirnya sosial media yang membuat proses penyampaian pesan menjadi lebih mudah.

“Karena dengan begitu, kita bisa menargetkan pesan kita dilihat-dibaca-ditonton oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, bahkan targeting by interest. And that’s one of the beauty of digital media,” terang Marketing Communication Manager PT Campina Ice Cream Industry Tbk, Harwindra Yoga Prasetya, S.E., M.M dalam surat elektronik yang diterima redaksi INFOBRAND.ID, Kamis (14/3/2019).

Pria kelahiran Malang 38 tahun itu menegaskan, membangun brand di dunia digital menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk tim digital Campina Ice Cream, Salah satunya adalah bagaimana menempatkan brand Campina Ice Cream di benak penggemar es krim dari kalangan anak muda untuk tetap diingat, dikenal dan tertarik untuk mencoba dan makan es krim Campina di kesehariannya.

“Tentunya semua berawal dari konten yang ingin kita sampaikan ke khalayak, yang tidak harus semuanya bicara tentang produk dan layanan kita (hard selling), namun juga informasi-informasi seputar kandungan es krim dan manfaatnya untuk tubuh (soft selling),” jelas pria lulusan S2 Manajemen Pemasaran ini.

Menurut Yoga, Campina Ice Cream punya beberapa kategori produk dengan target market/audience yang berbeda-beda yakni teens, young adult, family. Dimana masing-masing kategori yang diwakili oleh brand es krim yang berbeda-beda akan membawa pesan yang berbeda-beda pula.

“Lalu beranjak ke tujuan dari penyampaian pesan itu (objective). Apakah untuk menciptakan awareness terhadap suatu produk, layanan, program promosi, atau digital campaign, atau untuk acquisition (salah satu ukurannya: sales)? Atau untuk keduanya,” kata dia.

Yoga menambahkan, tidak semua pengguna internet di media digital penggemar es krim. Namun, kata dia, dengan konten yang tepat, targeting yang tepat, strategi konten dan distribusi konten yang tepat, Campina Ice Cream dapat menciptakan desire para penggemar es krim yang juga pengguna internet untuk mencoba produk baru, mengikuti digital campaign dan quizzes yang dilakukan, dan merasakan pengalaman bersama Campina Ice Cream lintas media.

 Digital Assets

Campina Ice Cream saat ini sudah mempunyai dan mengelola sejumlah digital assets, antara lain 2 websites (corporate website dan e-commerce website), mobile apps untuk pesan es krim (perpanjangan dari e-commerce website), beberapa social media channel yang dibagi-bagi cara berkomunikasinya dari masing-masing brand dan target audience-nya, organic dan paid, dan juga aktivitas beriklan di Google, via adwords.

Khusus untuk Google Adwords, menurut Yoga, banyak digunakan untuk menciptakan traffic ke e-commerce website dengan tujuan akuisisi, dan corporate website untuk tujuan corporate branding, diantaranya lewat unggahan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan kegiatan factory tour di Campina Ice Cream. Untuk halaman produk, di setiap item produk yang ditayangkan selalu diikuti dengan link untuk masuk ke halaman produk yang sama di e-commerce website dan link untuk share informasi di media sosial.

“Website harus menjadi pusat dari aktivitas digital marketing Campina Ice Cream, karena semua konten ada disana, dan disebarkan via kanal social media yang dimiliki seperti Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dan sebaliknya aktivitas beriklan di Google dan social media juga dimaksudkan untuk mendatangkan traffic ke website, baik itu corporate website maupun e-commerce website,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Brand Campina Ice Cream sudah ada sejak tahun 1972, dan punya reputasi yang sangat bagus. Sejak pertama kali bermedia sosial di tahun 2009, Campina Ice Cream selalu berkomitmen untuk tetap positif dalam bermedia sosial, selalu memberitakan kabar baik tentang Campina, tentang produk dan layanannya. Memperhatikan masukan dari konsumen, apapun bentuknya dan memberikan feedback yang pantas. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Demand Konsumen, Cara PT Softex Indonesia Berinovasi

Demand Konsumen, Cara PT Softex Indonesia Berinovasi
Inovasi bukan sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan, karena di dunia yang terus berkembang secara dinamis, inovasi adalah cara terbaik agar selal...


Ini Cara NusaBoard Eksis di Dunia Digital

Ini Cara NusaBoard Eksis di Dunia Digital
INFOBRAND.ID – Sebagai salah satu inovasi produk non asbes berupa panel kalsium silikat, nama NusaBoard sudah cukup dikenal publik. Hal ini tak...


Terminix Sukses Bangun Engagement di Sosmed Dengan Karakter Kartun

Terminix Sukses Bangun Engagement di Sosmed Dengan Karakter Kartun
INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri kalau nama Terminix sudah cukup populer di dunia digital. Sebagai pelopor usaha pengendali hama dan rayap ter...


Tingkatkan Pelayanan Nasabah, BCA Konsisten Hadirkan Inovasi Digital

Tingkatkan Pelayanan Nasabah, BCA Konsisten Hadirkan Inovasi Digital
INFOBRAND.ID – Perkembangan teknologi dan era digitalisasi saat ini telah mendorong sektor ekonomi untuk siap beradaptasi, termasuk industri per...


Tingkatkan Pelayanan, M-Class Sediakan Fitur Chat Online di Website

Tingkatkan Pelayanan, M-Class Sediakan Fitur Chat Online di Website
Era digital saat ini tidak bisa dihindari. Sekarang semua dilakukan dengan mudah, serba online. Kemudahan mendapatkan informasi dari media internet te...


Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media

Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media
INFOBRAND.ID – Persaingan bisnis es krim di Indonesia yang semakin ketat tak lantas membuat PT Campina Ice Cream Indusrty Tbk gentar. Berbagai c...


Aktif di Ranah Digital, Indosat Ooredoo Ingin Jadi Digital Telco Terdepan di Indonesia

Aktif di Ranah Digital, Indosat Ooredoo Ingin Jadi Digital Telco Terdepan di Indonesia
INFOBRAND.ID – Masa transformasi digital yang terus tumbuh dan berkembang membuat para provider telekomunikasi di Indonesia semakin memantapkan...


Media Sosial Sukses Perkuat Daya Saing Pertamina Lubricant di Era Digital

Media Sosial Sukses Perkuat Daya Saing Pertamina Lubricant di Era Digital
INFOBRAND.ID – PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas, melalui brand pelumas Fastron Synthetic...


Ekspansi ke Digital, Cara BAF untuk Memberikan Pelayanan Maksimal

Ekspansi ke Digital, Cara BAF untuk Memberikan Pelayanan Maksimal
Memiliki produk apapun itu, baik jasa maupun barang tentu harus dilakukan dengan tanggung jawab untuk bisa membangun brand. Brand sendiri tak hanya me...


Konten Menarik Jadi Jurus Sharp Indonesia di Era Digital

Konten Menarik Jadi Jurus Sharp Indonesia di Era Digital
Digitalisasi membantu dan memudahkan proses branding. Pasalnya, melalui teknologi digital, sebuah brand dapat mengetahui tanggapan konsumen lebih cepa...


Sosial Media Jadi Sarana Mitsubishi Fuso untuk Menjalin Hubungan Harmonis dengan Konsumen

Sosial Media Jadi Sarana Mitsubishi Fuso untuk Menjalin Hubungan Harmonis dengan Konsumen
Memasuki era digital, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ‘Fuso’, memandang sosial media menjadi sarana paling efektif dalam melakukan kegi...


Transformasi ke Digital, Cara Garda Oto Memberikan Pelayanan Maksimal

Transformasi ke Digital, Cara Garda Oto Memberikan Pelayanan Maksimal
Garda Oto, salah satu bagian Asuransi Astra tidak pernah letih untuk melakukan inovasi di era digital seperti yang saat ini terjadi. Menghadapi era di...


Dekat dengan Konsumen, Rucika Sukses Bangun Engagement

Dekat dengan Konsumen, Rucika Sukses Bangun Engagement
Berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas dan melakukan improvisasi mengikuti perkembangan zaman dan demand pasar adalah salah satu strategi P...


Strategi Branding PT Panasonic Gobel Indonesia di Era Digital

Strategi Branding PT Panasonic Gobel Indonesia di Era Digital
Membangun brand yang kuat di era digital sangat penting. Untuk itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengkomunikasikan apa yang ingin disampaikan...


Terus Berinovasi, Paduan Komplit Santan dan Bumbu Asli Sasa Jadi yang Pertama di Indonesia

Terus Berinovasi, Paduan Komplit Santan dan Bumbu Asli Sasa Jadi yang Pertama di Indonesia
PT Sasa Inti sebagai pelopor untuk fenomena bumbu di Indonesia tidak pernah lelah untuk berinovasi. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1968 ini terus...