Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media

Posted by: 3801 viewer

Dengan Media Digital, Es Krim Campina Ajak Pengguna Internet Rasakan Pengalaman Lintas Media
Es Krim Campina (Istimewa)

INFOBRAND.ID – Persaingan bisnis es krim di Indonesia yang semakin ketat tak lantas membuat PT Campina Ice Cream Indusrty Tbk gentar. Berbagai cara pun dilakukan oleh perusahaan asal Surabaya yang berdiri sejak 1972 silam ini untuk bisa memenangkan persaingan pasar, seiring dengan masa transformasi digital yang terus tumbuh dan berkembang.

Di Indonesia sendiri, Campina Ice Cream telah memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Apalagi, ditambah dengan hadirnya sosial media yang membuat proses penyampaian pesan menjadi lebih mudah.

“Karena dengan begitu, kita bisa menargetkan pesan kita dilihat-dibaca-ditonton oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, bahkan targeting by interest. And that’s one of the beauty of digital media,” terang Marketing Communication Manager PT Campina Ice Cream Industry Tbk, Harwindra Yoga Prasetya, S.E., M.M dalam surat elektronik yang diterima redaksi INFOBRAND.ID, Kamis (14/3/2019).

IKLAN INFOBRAND.ID

Pria kelahiran Malang 38 tahun itu menegaskan, membangun brand di dunia digital menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk tim digital Campina Ice Cream, Salah satunya adalah bagaimana menempatkan brand Campina Ice Cream di benak penggemar es krim dari kalangan anak muda untuk tetap diingat, dikenal dan tertarik untuk mencoba dan makan es krim Campina di kesehariannya.

“Tentunya semua berawal dari konten yang ingin kita sampaikan ke khalayak, yang tidak harus semuanya bicara tentang produk dan layanan kita (hard selling), namun juga informasi-informasi seputar kandungan es krim dan manfaatnya untuk tubuh (soft selling),” jelas pria lulusan S2 Manajemen Pemasaran ini.

Menurut Yoga, Campina Ice Cream punya beberapa kategori produk dengan target market/audience yang berbeda-beda yakni teens, young adult, family. Dimana masing-masing kategori yang diwakili oleh brand es krim yang berbeda-beda akan membawa pesan yang berbeda-beda pula.

“Lalu beranjak ke tujuan dari penyampaian pesan itu (objective). Apakah untuk menciptakan awareness terhadap suatu produk, layanan, program promosi, atau digital campaign, atau untuk acquisition (salah satu ukurannya: sales)? Atau untuk keduanya,” kata dia.

Yoga menambahkan, tidak semua pengguna internet di media digital penggemar es krim. Namun, kata dia, dengan konten yang tepat, targeting yang tepat, strategi konten dan distribusi konten yang tepat, Campina Ice Cream dapat menciptakan desire para penggemar es krim yang juga pengguna internet untuk mencoba produk baru, mengikuti digital campaign dan quizzes yang dilakukan, dan merasakan pengalaman bersama Campina Ice Cream lintas media.

IKLAN INFOBRAND.ID

 Digital Assets

Campina Ice Cream saat ini sudah mempunyai dan mengelola sejumlah digital assets, antara lain 2 websites (corporate website dan e-commerce website), mobile apps untuk pesan es krim (perpanjangan dari e-commerce website), beberapa social media channel yang dibagi-bagi cara berkomunikasinya dari masing-masing brand dan target audience-nya, organic dan paid, dan juga aktivitas beriklan di Google, via adwords.

Khusus untuk Google Adwords, menurut Yoga, banyak digunakan untuk menciptakan traffic ke e-commerce website dengan tujuan akuisisi, dan corporate website untuk tujuan corporate branding, diantaranya lewat unggahan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan kegiatan factory tour di Campina Ice Cream. Untuk halaman produk, di setiap item produk yang ditayangkan selalu diikuti dengan link untuk masuk ke halaman produk yang sama di e-commerce website dan link untuk share informasi di media sosial.

“Website harus menjadi pusat dari aktivitas digital marketing Campina Ice Cream, karena semua konten ada disana, dan disebarkan via kanal social media yang dimiliki seperti Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dan sebaliknya aktivitas beriklan di Google dan social media juga dimaksudkan untuk mendatangkan traffic ke website, baik itu corporate website maupun e-commerce website,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Brand Campina Ice Cream sudah ada sejak tahun 1972, dan punya reputasi yang sangat bagus. Sejak pertama kali bermedia sosial di tahun 2009, Campina Ice Cream selalu berkomitmen untuk tetap positif dalam bermedia sosial, selalu memberitakan kabar baik tentang Campina, tentang produk dan layanannya. Memperhatikan masukan dari konsumen, apapun bentuknya dan memberikan feedback yang pantas. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...


Dukung Kemajuan Telekomunikasi, XL Axiata Siap Dukung Program Pemerintah

Dukung Kemajuan Telekomunikasi, XL Axiata Siap Dukung Program Pemerintah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk menegaskan komitmennya mendukung program pemerintah untuk kemajuan telekomunikasi dan layanan masyarakat, yan...


SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif

SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif refuse-derived fuel (RDF) serta biomassa...