Senin, 22 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Dextone, Kuasai Pasar Dengan Garap Segmen A-Z

Posted by: 12-03-2019 14:10 WIB 34 viewer

Dextone,  Kuasai Pasar Dengan Garap Segmen A-Z
dok. Dextone

Tak pernah terbersit dalam pikiran Erick Pangestu ketika remaja bila suatu hari ia menjadi penerus bisnis keluarga. Tahun 2005 sang papa sakit parah dan mau tidak mau sebagai anak lelaki satu-satunya dari empat bersaudara ia didapuk menggantikan peran ayahnya memimpin PT Dextone Lemindo yang telah dibangun sejak 1986.

Erick mengingat kembali cerita orangtuanya ketika memulai usaha menggunakan garasi mobil sebagai tempat produksi. Menggunakan wadah ember dan gayung sang ayah mulai memproduksi lem. Tujuannya adalah agar bisa menjual lem dengan harga yang lebih murah karena dibuat sendiri. Memang bahan baku 80% masih dari luar negeri. Sang ibu, Yeni Liem yang memasarkan dari toko ke toko. “Sekarang kami menjadi salah satu produsen lem yang paling lengkap variannya di Indonesia,” aku Erick yang telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2015.

Di masa peralihan ini ia diuji kemampuannya untuk mempertahankan kinerja perusahaan yang saat itu tumbuh sekitar 20%. Tahun pertama dan kedua cukup berat bagi Erick memimpin perusahaan. Tapi perlahan di tengah persaingan yang ketat ia mampu menjaga pertumbuhan perusahaan di angka 20-25 % per tahun. Dalam hal ini kontribusi sang ibu, Yeni Liem (63) sangat membantu dirinya menjaga kestabilan pertumbuhan penjualan.

Erick menjelaskan, persaingan di industri lem di tanah air cukup ketat, dari pemain lokal dan asing sampai yang non brand made in China. Beberapa pemain lokal satu per satu tumbang karena tak kuat bersaing. “Tapi fokus menjaga kualitas dan melakukan brand awareness, membuat event, membuat iklan-iklan dan sebagainya. Kami berusaha menciptakan pasar dengan melakukan pull marketing strategy,” tegasnya

Ia menambahkan, di lini pemasaran dibantu PT Putra Mandiri Perkasa, perusahaan yang merupakan agen tunggal Lem Dextone.

Saat ini Dextone sangat kuat di segmen lem besi yang memberikan kontribusi penjualan hingga 80%. Dalam hal ini Erick melakukan treatment yang berbeda di masing-masing segmen. Kepada segmen pengguna lem besi, Dextone melakukan aktifitas pemasaran melalui kegiatan below the line seperti pameran bahan bangunan, pameran otomotif, hadir di Pekan Raya Jakarta, bergerak di media luar ruang seperti billboard, kegiatan sponsorship dan lain-lain. 

Di segmen produk alat tulis kantor, selain bermain di area below the line dan above the line, Dextone juga menggunakan saluran komunikasi digital. Ia menyadari sektor ritel saat ini mengalami penurunan daya beli karena tak sedikit orang mulai ‘melek’ internet. “Makanya kami perlu tim yang khusus mengurusi penjualan online dan promosi lewat social media juga,” akunya yang 80% kegiatan pemasaran membidik segmen business to customer  (B2C). 

Dextone yang memakai model binaragawan Ade Ray ini juga melakukan kegiatan sponsorship dan corporate social responsibility (CSR) dengan hadir di sekolah-sekolah dan di kampus-kampus dengan menyelenggarakan sejumlah aktifitas membangun branding yang kemudian di-share melalui sosial media.-Adv


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Vitabumin Berselancar di Blue Ocean

Vitabumin Berselancar di Blue Ocean
Bagi netizen terutama kaum ibu muda,  merek Vitabumin bukanlah hal baru. Brand besutan PT AKSAMALA  Adi Andana ini sangat populer di antara...


TrueMoney Dobrak  Pasar Grassroot

TrueMoney Dobrak Pasar Grassroot
Sesuai dengan positioningnya  sebagai lembaga unbank, TrueMoney menyasar kelas C, D dan E. Mulai dari pembelian pulsa, pembayaran rekening secara...


SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper

SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper
Bermula dari misi sederhana PT  Softex Indonesia lahir di tahun 1974  ingin  menjadi bagian dari keluarga Indonesia dan apa saja kebutu...


SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker

SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker
Adalah SUPERSPRING ahlinya GPS Tracker Kendaraan. Sekali klik kata SUPERSPRING dari search enginee, dalam hitungan detik anda akan menemukan website :...


Sukses Wika Membangun Brand Pemanas Air

Sukses Wika Membangun Brand Pemanas Air
Di bawah unit bisnis konversi energi,  PT. Wika Industri Energi memiliki produk  Water Heater (WH). Solar Water Heater (SWH), HeatPump Water...


Sukses Kolaborasi ERA Indonesia Dengan Agent Property

Sukses Kolaborasi ERA Indonesia Dengan Agent Property
Kelahiran PT ERA Graharealty (ERA Indonesia) pada Mei 1992 bermula dari keinginan Founder & Owner ERA Indonesia, Hendro Gondokusumo menumbuhkan se...


Sukses Bricon Mengisi Ceruk Pasar Bata Ringan

Sukses Bricon Mengisi Ceruk Pasar Bata Ringan
Di  jaman ini membangun rumah menggunakan  bahan-bahan yang simple,  efisien, mudah dipasang dan tidak memakan waktu. Bata ringan aeras...


Siapa yang Tak Kenal Buku Tulis KIKY

Siapa yang Tak Kenal Buku Tulis KIKY
Ibarat Kepompong reinkarnasi Menjadi Kupu-Kupu, yang bisa terbang tinggi . Di era tahun lima puluhan anak sekolah menulis menggunakan papan tulis Keci...


Shop&Drive, Bengkel Andalan Customer

Shop&Drive, Bengkel Andalan Customer
Shop&Drive didirikan PT Astra Otoparts di tahun 1998. Awalnya diberi nama “SUPER A”. Retail modern otomotif pertama di Indonesia ini&n...


Popok Dewasa Confidence, The Expert of Adult Care

Popok Dewasa Confidence, The Expert of Adult Care
Menjadi bagian dari keluarga Indonesia adalah tujuan PT Softex Indonesia sejak berdiri di tahun 1974. Demikian halnya ketika perusahaan ini membangun...


Oxone, Sinergikan Dua Kekuatan Pemasaran dan Distribusi

Oxone, Sinergikan Dua Kekuatan Pemasaran dan Distribusi
Ifan Kesuma, Direktur PT Octa Utama menjelaskan, logo Oxone  memiliki simbol Q  pada kata Octa yang berarti angka 8 dan One berarti 1 atau U...


Membangun Corporate Brand KFC

Membangun Corporate Brand KFC
Hingga saat ini KFC masih berada di posisi Top of Mind di kategori resto siap saji.  Namun bukan perkara mudah mempertahankan itu. Jika sebelumny...


Kenko Memimpin Pasar Cairan Penghapus Tinta

Kenko Memimpin Pasar Cairan Penghapus Tinta
PT Kenko Sinar Indonesia, bukan pemain baru di industri peralatan tulis kantor (stationery). Berawal dari industri rumahan yang memproduksi cairan kor...


Ingat Tangki Air, Ingat Brand Penguin!

Ingat Tangki Air, Ingat Brand Penguin!
Berdiri  tahun 1982,   kelahiran  brand Penguin merupakan ide Liem Sugiono Salim selaku Owner Penguin  yang saat ini telah me...


GT RADIAL, Membangun Brand Hingga ke Pasar Global

GT RADIAL, Membangun Brand Hingga ke Pasar Global
Siapa yang tak kenal PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban kendaraan yang kini sukses mengembangkan brand GT Radial. Sejak 1951 sudah  mengoperasika...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index