Ahad, 21 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Digital Activity Kunci Keberhasilan Combiphar di Era Digital

Posted by: 08-04-2019 15:59 WIB 132 viewer

Digital Activity Kunci Keberhasilan Combiphar di Era Digital
Weitarsa Hendarto, VP, Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar/ Foto: Yudistira Wanne/ INFOBRAND.ID

Melakukan beragam kegiatan positif dan melaksanakan campaign sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat adalah cara PT Combiphar meningkatkan engagement. Dalam proses pelaksanaannya, Combiphar memiliki cara masing – masing untuk setiap brand dalam menerapkan strategi digital.

OBH Combi dan Insto misalnya. Dimana kedua merek ini masih menjadi andalan Combiphar untuk menggaet konsumen sejak puluhan tahun yang lalu. Tak heran kalau kedua merek asli Indonesia ini berhasil menjadi pemimpin pasar untuk masing – masing kategorinya.

“OBH Combi dan Insto adalah dua produk yang paling besar bagi kita. Usianya sudah lebih dari 40 tahun. OBH Combi sudah 47 tahun di tahun ini. Keduanya  mempunyai karakteristik yang sama. Keduanya adalah market leader. Insto, market leader untuk obat tetes mata.  Sementara OBH Combi adalah market leader obat batuk kemasan botol,” ujar VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar,  Weitarsa Hendarto kepada INFOBRAND.ID, beberapa waktu lalu..

Dalam perjalanannya, baik OBH Combi maupun Insto tentu melalui berbagai tahapan sebelum menjadi brand besar seperti sekarang ini. Menurut Weitarsa, layaknya brand baru di awal perjalanannya, Combiphar telah membangun brand awareness dan distribusi agar bisa semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

“Untuk OBH Combi, yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita bisa terus menjaga relevansi kita kepada konsumen. Terutama kepada yang baru. Untuk menjawab tantangan tersebut, tentu kita harus bisa membangun brand yang sustainable. Kita harus memastikan ada influx atau konsumen baru yang masuk, sehingga ini menjadi tantangan untuk kita,” ujarnya.

“Kalau Insto sendiri adalah brand nomor satu di kategori obat tetes mata. Satu dari dua obat tetes mata yang ada di Indonesia adalah Insto yang lebih menjual. Artinya, market share kita kurang lebih 50 persen dan itu tentu satu pasar yang besar. Tantangan untuk Insto adalah bahwa kategori tetes mata ini adalah kategori yang masih berkembang dan kita sebagai market leader mempunyai tanggung jawab dan hak dalam arti untuk bisa mengembangkan pasar ini. Ini adalah dua gambaran besarnya,” sambungnya.

Terkait strategi digital yang diterapkan, kedua brand ini memiliki taktik dan strategi yang berbeda. OBH Combi menyasar target consumer untuk usia yang lebih muda sekaligus memperhatikan dan menyajikan konten menarik di sosial media maupun website. Sementara, untuk Insto lebih kepada mengedukasi tentang perawatan tetes mata yang baik dan benar.

“Jika dilihat hubungannya dengan digital, untuk OBH combi  ini adalah sesuatu yang tentu saja harus dilihat dari sisi target consumer yang  cenderung  lebih muda. Kedua, juga dari sisi consumption (media consumption) belakangan ini terutama dengan semakin diadopsinya media digital. Jadi digital itu media yang relevan dari sisi target audiencenya sendiri,” ucapnya.

“Begitu juga hal yang sama untuk consumernya Insto. Kita melihat bahwa digital activity yang kita lakukan memang diarahkan untuk membangun dua bisnis objektif. Yang satu adalah untuk memperkuat koneksi atau membangun engagement dengan yang muda. Sementara brand Insto kita berusaha untuk mengedukasi tentang perawatan tetes mata yang baik dan benar,” jelasnya.

Selain itu, terkait cara meningkatkan engagement, OBH Combi dan Insto sangat memperhatikan apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumennya. “Dua brand ini, kita memiliki target audience kebetulan cukup mirip tapi dari message dan dari activity yang dilakukan berbeda. Untuk OBH Combi aktifitas yang dilakukan yakni melalui kampanye besar dengan tagline “kalahkan batuk, terus melaju”. Kampanye ini berbicara tentang bagaimana batuk itu adalah sebagai satu batasan atau penghambat. Dan OBH Combi adalah solusinya.

“OBH Combi mendapatkan dua rekor muri award. Pertama, dukungan untuk atlet Indonesia pada Asian games 2018. Kedua, game online untuk pemain terbanyak. Jadi salah satu yang kita lakukan juga untuk membangun engagement, kita membuat beberapa game dan game ini adalah game yang menampilkan 3 cabang olahraga. Mungkin kalau sempat melihat iklan kita, kita menampilkan 3 atlet Indonesia yaitu atlet panahan, sepakbola dan renang. Game ini dibuat dengan 3 olahraga ini di online. Mereka bisa download juga di apps,” ujar Weitarsa.

Ke depannya, Combiphar akan terus melakukan engagement consumer terhadap usia muda. Dalam pelaksanaannya, Combiphar akan fokus dengan penyampaian informasi yang relevan dan membuat konsumennya senang lantaran sarana informasi dan kontennya benar – benar dikemas dengan menarik.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Melalui Inovasi Fintech, Tokopedia Ingin Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Melalui Inovasi Fintech, Tokopedia Ingin Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sebagai salah satu marketplace ternama di Indonesia, Tokopedia seolah tak lelah untuk terus berinovasi, sesuai dengan mi...


Inovasi M-Class, Genteng Paling Rata dengan Teknologi Eropa Pertama di Indonesia

Inovasi M-Class, Genteng Paling Rata dengan Teknologi Eropa Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID - Salah satu merek genteng yang menawarkan produk genteng dengan kualitas tinggi dan penuh inovasi ialah M-Class. Berada dibawa...


Pertama di Dunia, Tablet Advan i Lite Dengan Fitur Face ID

Pertama di Dunia, Tablet Advan i Lite Dengan Fitur Face ID
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang dinamis dan terus adanya pembaharuan, tentu inovasi menjadi syarat mu...


Digital Activity Kunci Keberhasilan Combiphar di Era Digital

Digital Activity Kunci Keberhasilan Combiphar di Era Digital
Melakukan beragam kegiatan positif dan melaksanakan campaign sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat adalah cara PT Combiphar meningkatkan en...


Terus Berinovasi, Vitabumin Jadi Pionir Madu Ikan Gabus Pertama di Indonesia

Terus Berinovasi, Vitabumin Jadi Pionir Madu Ikan Gabus Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID – Bagi para kaum ibu muda, merek Vitabumin bukanlah hal yang baru. Brand besutan PT Aksamala Adi Andana ini memang sangat populer d...


Beri Kemudahan Melalui Digital, Marcks dan Salicyl Berhasil Memikat Masyarakat

Beri Kemudahan Melalui Digital, Marcks dan Salicyl Berhasil Memikat Masyarakat
Kunci sukses suatu brand di era digital adalah ketika brand tersebut mampu mendefinisikan produknya dengan baik di mata konsumen secara detail. Pernya...


Fokus Garap Pasar Milenial, Es Krim Campina Jadi Jawara di Internet

Fokus Garap Pasar Milenial, Es Krim Campina Jadi Jawara di Internet
INFOBRAND.ID – PT Campina Ice Cream Indusrty Tbk, perusahaan yang memproduksi es krim dengan merek Campina belum lama ini meraih penghargaan Ind...


Gaet Generasi Milenial, Corsa Kian Masif di Dunia Digital

Gaet Generasi Milenial, Corsa Kian Masif di Dunia Digital
INFOBRAND.ID - PT Multistrada Arah Sarana Tbk melalui brandnya Corsa kian masif menerapkan strategi digital marketing demi bisa meningkatkan brand awa...


Integrated Marketing Communication Membuat Garda Oto Digdaya di Digital

Integrated Marketing Communication Membuat Garda Oto Digdaya di Digital
Integrated marketing communication merupakan salah satu cara Asuransi Astra untuk meningkatkan awareness, exposure, dan engagement dalam menghadirkan...


Jurus NGK Busi Pertahankan Market di Dunia Digital

Jurus NGK Busi Pertahankan Market di Dunia Digital
INFOBRAND.ID – Sebagai salah satu pemimpin pasar busi di Indonesia, PT NGK Busi Indonesia terus mengikuti perkembangan tren digital saat ini. Se...


Fokus di Dunia Digital, Leasing Mobil BAF Raih IDPBA 2019

Fokus di Dunia Digital, Leasing Mobil BAF Raih IDPBA 2019
INFOBRAND.ID – PT Bussan Auto Finance (BAF), salah satu perusahaan leasing mobil di Indonesia belum lama ini dinobatkan sebagai salah satu merek...


Jadi Merek Terpopuler, QL Maskara Makin 'Getol' Promosi Market di Dunia Digital

Jadi Merek Terpopuler, QL Maskara Makin 'Getol' Promosi Market di Dunia Digital
INFOBRAND.ID – QL Maskara, merk yang bergerak di bidang kosmetik di bawah PT. Usaha Cosmetic Jaya untuk pertama kalinya meraih penghargaan Indon...


NusaBoard Juaranya di Bidang Manufaktur Calcium Silicate Board

NusaBoard Juaranya di Bidang Manufaktur Calcium Silicate Board
INFOBRAND.ID – NusaBoard kembali dinobatkan sebagai Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) untuk ke dua kalinya. Ashrully Setia Yudanto s...


Raih IDPBA 2019, Citicon Jadi Market Leader Bata Ringan di Dunia Digital

Raih IDPBA 2019, Citicon Jadi Market Leader Bata Ringan di Dunia Digital
INFOBRAND.ID – Citicon, berangkat dari komitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur bangunan di Indonesia, merk yang memproduksi bata atau...


Keran Air Bisa Digembok, Salahsatu Inovasi Onda Untuk Raih Kepercayaan Konsumen

Keran Air Bisa Digembok, Salahsatu Inovasi Onda Untuk Raih Kepercayaan Konsumen
INFOBRAND.ID – PT Mega Onda  Industry dengan merk kran air Onda dinobatkan sebagai Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 kateg...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index