Jum'at, 12 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Digital Marketing Sebuah Teknik Pemasaran Efektif Dan Efisien

Posted by: 4487 viewer

Digital Marketing Sebuah Teknik Pemasaran Efektif Dan Efisien
Tri Raharjo

Sebuah perusahaan harus fleksibel terhadap perubahan digitalisasi bisnis dan harus adaptif terhadap perubahan zaman serta membuat strategi baru dalam menghadapi perubahan market. Tentunya, anda bisa melakukan dengan analisa SWOT untuk menentukan langkah yang akan di ambil dalam menghadapi era digital, jadikan digitalisasi bisnis sebagai peluang dank anal baru membangun brand awareness dan customer engagement.

Ada beberapa tips agar proses adaptasi atau perpindahan dari pola lama ke pola baru berjalan lancar. Salah satu caranya ialah perusahaan harus memberikan pemahaman digital marketing dan training kepada tim bisnis atau perusahaan sehingga tim akan cepat berubah, berpikir dan bertindak secara digital.

Dengan training, tim akan lebih mudah memahami trend perubahan dengan cepat. Anda bisa membuat sebuah ukuran seperti Key Performance Indocator atas kinerja digital secara keseluruhan, anda bisa melakukan evaluasi secara berkala dan lakukan perbaikan atas tim.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebuah perusahaan pun harus mensinergikan pemasaran konvensional (Offline) dan pemasaran digital (Online) karena kedua pemasaran itu mampu berlomba-lomba memberikan keuntungan kepada perusahaan. Saat ini ada istilah Online to Offline Marketing yakni bagaimana meng-grab pelanggan secara online untuk melakukan transaksi secara offline. Hal ini sudah jamak dilakukan oleh para marketer di Indonesia.

Umumnya, pemasaran digital tidak memerlukan nilai pemasaran yang besar dan bisa meningkatkan efisiensi pada perusahaan. Pemasangan iklan melalui media digital sangat tergolong murah, efisien dan efektif. Salah satu media pemasaran diital yang paling efektif ialah media sosial karena menawarkan customer engagement yang positif.

Dengan media sosial, pelanggan bisa complain langsung terkait permasalahan brand sebuah perusahaan. Jika perusahaan bersangkutan tidak memberikan solusi yang cepat dan baik, maka brand image perusahaan akan terganggu dan bisa menjadi viral.

Selain itu, perusahaan bisa menggunakan media sosial seperti instagram untuk memasarkan produk-produk seperti fashion, makanan, travel dan lainnya. Para tenaga penjual di perusahaan bisa menggunakan aplikasi youtube channel untuk memudahkan dan menerangkan keunggulan produk ke calon pelanggan. Anda bisa menggunakan Facebook untuk membangun komunitas pelanggan melalui sosial media. Sebaiknya anda bisa memposting promosi seminggu dua kali.

Ada tiga parameter penting untuk sukses di pemasaran digital yaitu sales, database dan brand awareness. Pertama, anda bisa membuat account Sosial Media di Facebook Fans, Instagram, Youtube Channel, Twitter dan lainnya untuk membangun sebuah brand awareness produk di mata masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Isilah konten sesuai dengan target market yang kita bidik dan buat konten secara konsisten. Anda bisa mendorong konten yang akan dipromosikan melalui iklan dan link-kan ke landing pages yang berisi informasi detail penawaran produk atau jasa kita.

Anda pun bisa mendapatkan database perusahaan dari Mobile Application, Website dan Sosial Media. Tentu inti dari Digital Marketing adalah bagaimana mendapatkan Slaes atau penjualan dari produk atau jasa.

Salam Brand !

Tri Raharjo (Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Belanja di Matahari, Pengguna Indodana PayLater dan Pelanggan Matahari Berkesempatan dapat Uang Tunai dan Voucher

Belanja di Matahari, Pengguna Indodana PayLater dan Pelanggan Matahari Berkesempatan dapat Uang Tunai dan Voucher
INFOBRAND.ID - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT Indodana Multi Finance dikenal dengan brand Indodana Finance dan perusahaan pembiayaan terkemuka mel...


WINGS Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy

WINGS Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy
INFOBRAND.ID - WINGS Care meluncurkan inovasi terbaru, yaitu So Fresh Minyak Angin Aromatherapy yang siap menemani kapan pun dan di man...


Luncurkan Ecopreneur Challenge, FLEI ajak Mahasiswa Inovasi Bisnis Hijau

Luncurkan Ecopreneur Challenge, FLEI ajak Mahasiswa Inovasi Bisnis Hijau
INFOBRAND.ID - Dalam upaya mendorong kesadaran dan kepedulian generasi masa depan terhadap lingkungan, Franchise & License Expo Indonesia (...


Sambut Lebaran, AQUA Elektronik Tebar Promo Berkah Ketupat

Sambut Lebaran, AQUA Elektronik Tebar Promo Berkah Ketupat
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Tidak hanya hadir dengan inovasi canggih dan terkini pada produk elektronik rumah tangga, brand elektronik terbaik AQUA...