Sabtu, 25 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Dua Produk Pemanas Air Wika Raih Penghargaan IDPBA 2018

Posted by: 06-11-2018 16:18 WIB 295 viewer

Dua Produk Pemanas Air Wika Raih Penghargaan IDPBA 2018
Wika raih dua penghargaan IDPBA 2018

Bertempat di Shangri-La Hotel Jakarta, 2 November lalu PT Wijaya Karya Industri Energi (Wika)  untuk kedua kalinya mendapat penghargaan di kategori produk Water Heater dan Pemanas Air Tenaga Surya pada ajang Indonesia Digital PopularBrand Award (IDPBA) 2018 yang diselenggarakan  TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id dan IMFocus Digimarketing.

Di bawah unit bisnis konversi energi, Wika memiliki produk Water Heater, Solar Water Heater (pemanas air energi tata surya), HeatPump, Aircon Water Heater (awh) dan photo voltaic system (PV).

Marketing Manager PT Wika Karya Industri Energi (Wika), Firmansyah mengklaim saat ini produk Wika swh (Wika Solar Water Heater)  menguasai sekitar 35% pasar Solar Water Heater di tanah air. “Dari sisi brand, kami sudah cukup mengakar sejak 1987. Saat ini pesaing utama ada tiga merek.  Tapi sampai sekarang kami masih sangat confidence,” imbuh Firmansyah. “Anehnya meski di Jakarta cuacanya panas, tapi pasar terbesar di Jakarta. Pasar terbesar Wika swh berada di wilayah Jakarta,   Bandung dan Surabaya,”tegasnya. 

Lebih lanjut ditambahkan, Wika memiliki  tiga segmen untuk memasarkan produk-produk konversinya. Yakni membidik  segmen perumahan/kapasitas reguler/kecil dan segmen berkapasitas besar (industri dan bangunan) untuk produk Solar Water Heater (SWH)  dan Air Water Heater (AWH)

Di segmen reguler, selain segmen perumahan (ritel) ada segmen komersial kecil seperti hotel, salon, villa/bungalow, restoran dan tempat fitnes yang menggunakan  swh dan awh. Sementara di segmen komersial dengan kapasitas besar, terbagi lagi ke dalam tiga segmen yakni gedung lantai tiga ke atas seperti hotel, rumah sakit dan spa, kedua industri dan ketiga kolam renang air hangat.

Dalam membangun strategi promosi, Wika menggunakan single image yang dibangun dari lini produsen hingga distributor menggunakan satu imej.

Dan kini, kegiatan  marketing  Wika dalam masa transisi untuk go digital.  Selain distributor yang berselancar melalui social media,  search enginee dan website nya,  sebagai  principal, Wika juga memaksimalkan  digital marketingnya  secara interaktif baik melalui website,  social media dan search enginee. 

“Kami punya tim digital media khusus dan konten-konten itu menjadi brain storming mereka yang pegang digital media,”ujar Firmansyah disela-sela penganugerahan IDPBA 2018.

Setiap distributor berperan di wilayahnya masing-masing dengan pendekatan kanvasing dan aktifitas promosi below the line.

Dari segi usia ,  Wika membidik pasar  usia 30-40 tahun melalui digital marketing.  Sementara  pasar usia 50 tahun masih perlu disentuh dengan pendekatan lama melalui strategi promosi below the line dan melakukan kanvasing.

Secara prinsip pemilihan medianya yang berbeda dibandingkan beberapa tahun silam. Branding tetap dikuatkan. Namun, bila dulu kuat main di majalah, koran dan televisi,  sekarang Wika pemanas air dan Wika swh bergeser ke  ranah digital. “Dari segi biaya lebih murah dan kita buat konten yang bisa sampai dengan cepat dan kami bisa  mengukur aktifitasnya. Dari segi demografi dan segmentasinya lebih cepat terukur,”terang Firmansyah.

Dengan marketing digital kami menggunakan search enginee, sosial media. Berbeda ketika kita membangun brand melalui radio televisi dan koran yang ketika kita  ingin mengukur kesuksesannya mereka tidak bisa memberikan data. “Saat ini komposisi aktifitas digital marketing dengan tradisional marketing  70:30. Sebaliknya distributor dominan aktifitas promosinya melalui  lini below the line 60% dan digital marketing 40%,”tambahnya. [] Siti Ruslina

Daftar Brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018:

Confidence (Kategori Adult Diapers)

Sweety (Kategori Popok Bayi)

GS Astra (Kategori Aki)

True Money (Kategori Jasa Pengiriman Uang Non Bank)

Pegadaian (Kategori Gadai)

Pegadaian Syariah (Kategori Gadai)

Selection (Kategori Kapas Kecantikan)

WikaWH (Kategori Water Heater & Pemanas Air Tenaga Surya)

Polytron (Kategori Dispenser Listrik)

Oxone (Kategori Pisau Dapur, Panci Presto, Mixer, Juicer, dan Pemanggang Roti)

Blanco (Kategori Kitchen Sink)

Good Day (Kategori Kopi Kemasan Siap Minum)

Insto (Kategori Obat Tetes Mata)

Fruit Tea (Kategori Teh Kemasan Botol)

Teh Botol Sosro (Kategori Teh Kemasan Botol)

Terry Palmer (Kategori Handuk)

Merah Putih (Kategori Handuk)

Campina (Kategori Toko & Counter Es Krim)

Pos Indonesia (Kategori Jasa Pengiriman Uang Non Bank)

Fiesta (Kategori Sosis)

My Baby (Kategori Tissue Basah, Cologne Bayi, Bedak Bayi, Shampoo Bayi, Baby Lotion, Sabun Mandi Bayi, Baby Oil, Minyak Telon, Minyak Rambut Bayi)

SOS (Kategori Cairan Pembersih Lantai)

Hannochs (Kategori Lampu LED)

                                                               


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Service Motor #Rasamesinbaru Tanpa Bongkar Mesin, Planet Ban Raih Top Innovation Choice Award 2019

Service Motor #Rasamesinbaru Tanpa Bongkar Mesin, Planet Ban Raih Top Innovation Choice Award 2019
INFOBRAND.ID – Planet Ban sejak akhir tahun 2018 telah mengeluarkan formula service, dengan keunggulan tanpa bongkar mesin. Sehingga service mot...


Pertama di Indonesia, Tampil Cantik Hanya dengan 4 Produk Beaussentials Saja

Pertama di Indonesia, Tampil Cantik Hanya dengan 4 Produk Beaussentials Saja
INFOBRAND.ID – Perawatan wajah menjadi hal yang tak luput bagi wanita millennial. Permasalahannya banyak sekali produk yang harus digunakan sehi...


Kecanggihan Wika Solar Water Heater, Jadi Produk Lokal Pertama di Indonesia

Kecanggihan Wika Solar Water Heater, Jadi Produk Lokal Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID – Wika Solar Water Heater dan Aircon Water Heater dinobatkan menjadi merk domestik pertama di Indonesia sebagai pemanas air yang me...


Masak Jadi Mudah, Sasa Panduan Komplit Santan & Bumbu Asli Raih Penghargaan Pertama di Indonesia

Masak Jadi Mudah, Sasa Panduan Komplit Santan & Bumbu Asli Raih Penghargaan Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID – Siapa tak kenal produk Sasa, merk ini tentunya menjadi teman setia sebagai solusi racikan bumbu masakan Indonesia. Di bawah naung...