Kamis, 13 Desember 2018

infobrand




Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Posted by: 08-11-2018 10:12 WIB 102 viewer

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Amalia E Maulana, Branding Consltant & Ethnographer di acara IDPBA 2018

Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsumennya. Menyikapi hal tersebut, Amalia E Maulana, Ph.D. selaku Branding Consultant & Ethnographer, Director  ETNOMARK Consulting, mengulas pentingnya peranan media digital dalam pembangunan sebuah brand dalam kapasitasnya sebagai keynote speaker acara Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2018.

Acara yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id serta IMFocus Digimarketing, Jumat (2/11/2018) diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta merupakan acara penghargaan bagi prestasi kegiatan digital sebuah brand.  Amalia menyampaikan apresiasi terhadap program kompetisi antar brand ini, karena meningkatkan awareness tentang pentingnya edukasi digital branding terhadap Decision Makers, khususnya bagi mereka yang masih ‘zaman old’. Masih banyak pengambi keputusan yang menganggap kegiatan digital ini hanya sekedar melengkapi kegiatan MarCom brand saja. Alokasi resources belum sepenuhnya diberikan untuk kegiatan digital, dan hasilnya menjadi tidak optimal.

Tetapi, di sisi lain, ia mengingatkan bahwa acara penganugerahan Digital Brand Champion semacam ini jangan sampai membuat para pemasar muda millennial  'Zaman Now' berpendapat bahwa semua aspek kegiatan pemasaran sudah harus berpusat pada yang berbau digital. Mereka perlu disadarkan juga bahwa dalam dinamika kehidupan konsumen atau yang disebut dengan 'the Dynamic Consumer Journey',  tidak semua aspek kehidupan konsumen yang berubah menjadi digital. Perusahaan harus memahami secara holistik insights tentang media habit konsumen di segmen yang dibidik, sehingga bisa mendisain Integrated Brand Communication - digital dan non-digital.

“Setuju, kita memang harus lebih alert terhadap peranan kegiatan pemasaran digital, karena ini memang sudah 'Zaman Now', tetapi jangan 'kebablasan', yaitu  melupakan peranan media konvensional - non-digital.  Dengan kata lain, seolah offline tidak penting dan tidak perlu dipakai lagi. Digital semakin meningkat peranannya dalam pembangunan brand, karena sebenarnya digital itu mempermudah berbagai aspek kehidupan konsumen. Bagi brand, digital merupakan channel untuk berinteraksi, berkomunikasi, channel untuk berjualan, untuk memahami perilaku konsumen, dll."

Pemahaman mendalam tentang needs dan perilaku konsumen yang dilengkapi dengan media habit kesehariannya, membuat brand manager mempunyai informasi dan insights yang cukup untuk memberikan pengarahan kepada para creative partner mereka. Keputusan membelah rasio offline-online ditentukan oleh 'Communication objectives' brand, bukan oleh budget yang dimiliki oleh divisi digital dan divisi non-digital. Memahami dinamika Consumer Journey menjadi kunci keberhasilan strategi kampanye MarCom. Paduan kedua channel online-offline ini memiliki perannya masing-masing dalam memberikan sumbangsih terhadap tujuan komunikasi brand secara keseluruhan.

Sementara itu, gap lain di perusahaan adalah baik decision makers Zaman Old dan Zaman Now keduanya perlu memahami fundamental branding - strategic brand managemenet - yang mana seringkali masih dipahami secara parsial. Pemborosan budget marcom dimulai dari menyerahkan budget marcom kepada decision makers yang belum mengerti 'big picture' prinsip branding. Kegiatan Marcom yang sporadis dan teknis, walaupun didisain secara sophisticated oleh creative agency terhebat sekalipun, beresiko pemborosan biaya marcom - tidak efektif dan tidak efisien dalam perjalanan mencapai cita-cita Brand.

Amalia menekankan mengapa Decision Makers Zaman Old perlu lebih menyadari pentingnya digitalisasi brand dan integrasi digital-non digital juga berhubungan dengan perubahan struktur organisasi pemasaran di perusahaan. "Sebaiknya integrasi sudah dilakukan dalam proses pengambilan keputusan kegiatan MarCom. Beberapa perusahaan yang saya amati mempunyai kotak-kotak yang terpisah antara tim pemasaran digital dan non-digital, dan mereka jarang 'talk to each other' saat mendisain kegiatan marcom. Sekat-sekat ini harus dibuka dan diminimalkan," demikian Amalia menutup pembahasannya malam tersebut.

 


Amalia E Maulana Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 IDPBA 2018

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...


Sedikit Lebih Baik

Sedikit Lebih Baik
Jika seekor kuda mengikuti lomba balap kuda dan menang dengan perbedaan jarak hanya sehidung dari kuda lawannya, kuda tersebut memenangkan 10 kali lip...


Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand

Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand
Pagelaran akbar olahraga Asian Games 2018 secara resmi telah ditutup. Dari perolehan medali, Indonesia mengukir sejarah yang membanggakan dengan mendu...


Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha

Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha
Bagi yang beragama Islam, kisah bagaimana Nabi Ibrahim as dan putra beliau, Nabi Ismail as telah banyak diperdengarkan dalam khutbah hari raya Idul Ad...


CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek
Keluarkan sebuah karya buku yang berjudul Millennial Nusantara, Hasanuddin Ali selaku penulis dan CEO and Founder Alvara Research Center pun juga kelu...


Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?

Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?
Ditugaskan menjadi pemimpin sebuah unit yang "penghuninya" orang-orang yang (jauh) lebih tua dari kita. Bagaimana ya? Saya tidak alami ha...


Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018

Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018
Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup di surga itu seperti memiliki mobil buatan jerman, bergaji standar Amerika, menikmati makanan China, dan memil...


Low Cost Carrier Terminal (LCCT)

Low Cost Carrier Terminal (LCCT)
Kalau ditanya apakah Indonesia bisa menjadi destinasi pariwisata kelas dunia? Jawabannya dengan tegas adalah bisa. Dari rumus 3A (Atraksi, Akses, Amen...


Tips Memilih Kalkulator Yang Baik

Tips Memilih Kalkulator Yang Baik
Saat ini berhitung dengan menggunakan alat hitung digital atau yang lebih akrab disapa dengan Kalkulator sudah menjadi kebiasaan konsumen di Indonesia...


Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain

Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain
Selama ini, mungkin kita menganggap bahwa manajemen pemasaran hanya dilakukan oleh manusia saja dan salah satu tokohnya yang terkenal di dunia adalah...


Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih

Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih
Hari H peluncuran Satelit Merah Putih sudah semakin dekat. Direncanakan tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB tepat ak...


Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju

Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju
Sepanjang tahun 2017, berita tentang perusahaan tutup menjadi topic aktual yang menarik dibicarakan, walau sebelumnya cukup banyak usaha yang tutup, h...


Sign In
VIP Members

OPINIONS







Index