Ahad, 23 Februari 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Eksistensi Air Minum Dalam Kemasan di Ranah Digital, AQUA Pegang Kendali

Posted by: 22-01-2020 11:41 WIB 543 viewer

Eksistensi Air Minum Dalam Kemasan di Ranah Digital, AQUA Pegang Kendali
Beberapa merek AMDK di dunia digital (Foto: INFOBRAND.ID)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu yang kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran AMDK yang umum antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Galon 19L maupun ukuran kemasan lainnya.

Mengutip pernyataan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) Rachmat Hidayat, industri AMDK tahun ini diharapkan bisa lebih bersaing dan tumbuh hingga 10% seiring dengan mulai beroperasinya infrasktuktur yang gencar dibangun pemerintah.

Sementara tahun lalu, industri AMDK hanya tumbuh sekitar 9% dibawah target semula 10%. Kondisi tersebut merupakan sebagian dari dampak perlambatan ekonomi di kuartal terakhir 2019.

Adapun kontribusi konsumsi untuk produk AMDK sebanyak masih dikuasai oleh pasar di Jawa dan Bali dengan persentase mencapai 60%. Sementara konsumsi AMDK tertinggi ada di Jabodetabek yang kemudian disusul Jawa Timur.

Kontribusi AMDK pun berlanjut ke ranah digital. Berdasarkan hasil survei Indonesia Digital Popular Brand Index yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia untuk kategori “Air Minum Dalam Kemasan” telah ditemukan sedikitnya 8 merek AMDK yang cukup familiar dengan netizen.

Survei ini dilakukan melalui tiga metode penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based yang dilakukan mulai bulan Juni sampai September 2019 lalu terhadap 237 kategori bisnis dengan lebih dari 1500 brand tersurvei di Indonesia. Hasilnya, AQUA memegang kendali dibanding merek AMDK lainnya.

AQUA sangatlah populer di dunia digital. Dimana index digital popular untuk merek ini mencapai 29,08% yang kemudian disusul VIT dengan index 23,76% dan Cleo dengan index 21,79%. Kemudian di posisi 4 hingga 8 ada AMDK dengan merek Club, Ades, Amidis, Oasis dan Le Minerale.

Sebagai informasi, AQUA adalah sebuah AMDK yang diproduksi oleh PT AQUA Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, AQUA juga dijual di Malaysia, Singapura dan Brunei. AQUA adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.

Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi AQUA dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT AQUA Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatra Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR

Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia dan media INFOBRAND.ID sepanjang November 2019 hingga Januari 2020 lalu melakukan survei Top Digital...


Ini Dia Merek Tepung Ayam Goreng Paling Dicari di Internet

Ini Dia Merek Tepung Ayam Goreng Paling Dicari di Internet
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ayam goreng tepung merupakan salah satu variasi menggoreng ayam yang paling banyak digemari oleh para pecinta kuliner di...


Ini Top 10 Waralaba di Tahun 2020, Berdasarkan Survey TRAS N CO dan FRANCHISEGLOBAL.COM

Ini Top 10 Waralaba di Tahun 2020, Berdasarkan Survey TRAS N CO dan FRANCHISEGLOBAL.COM
INFOBRAND.ID - Tahun 2020, sebagian orang percaya tahun ini adalah tahun tikus logam. Lalu apa pendapat para pelaku bisnis terkait pertumbuhan bisnis...