Facebook terus menjaga komitmennya untuk membantu sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Upaya tersebut direalisasikan dengan cara memberikan pelatihan terhadap pelaku UKM perempuan.
Sri Widowati selaku Country Director Facebook di Indonesia menjelaskan, pelatihan yang diiberikan Facebook terhadap pelaku UKM perempuan merupakan inisiatif untuk merayakan dan memberdayakan perempuan wirausaha di Indonesia. Kegiatan positif tersebut bertajuk #SheMeansBusiness.
Program ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberikan dukungan kepada wirausaha perempuan dengan pembekalan pengetahuan, koneksi, keterampilan dan teknologi untuk membangun bisnis secara online. Saat ini program tersebut sudah melatih 28 ribu wirausaha perempuan.
“Sejak tahun 2016, inisiatif #SheMeansBusiness telah melakukan lebih dari 100 kegiatan dan melatih 28.000 perempuan wirausaha di 20 kota di Indonesia," ujarnya di Capital Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Selain pelatihan dan materi pembelajaran tentang pemasaran digital dan konten kreatif di Facebook dan Instagram, perempuan wirausaha juga diberikan sesi-sesi motivasi dan inspirasi, studi kasus, serta kesempatan berjejaring.
Program ini juga melibatkan beberapa pihak seperti organisasi dan komunitas mitra, yaitu Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Girls in Tech Indonesia, dan Pahlawan Ekonomi Surabaya. Kerjasama yang terjalin merupakan bentuk komitmen Facebook untuk dapat berkontribusi dalam upaya pemberdayaan perempuan dan juga pembangunan ekonomi di Indonesia.
“Kami di Facebook ingin membantu para perempuan dalam mengubah ide mereka menjadi bisnis yang sukses. Kami percaya bahwa dengan membangun lingkungan yang mendukung perempuan wirausaha, tidak hanya kami memastikan kesejahteraan mereka tapi juga berdampak pada komunitas sekitar untuk masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.