Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek

Posted by: 3586 viewer

Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek
Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa suatu pameran yang berlangsung bisa digunakan untuk membangun sebuah merek. Untuk itu, bagaimana sebuah merek mendesain booth atau standnya menjadi sangat penting.

“Bisa (membangun merek). Ketika konsumen datang ke pameran dan stand dari sebuah merek, maka diharapkan konsumen tersebut dapat memiliki product knowledge dan bahkan brand experience,” ujar pria yang akrab disapa Gancar ini pada wartawan INFOBRAND.ID dalam pesan singkatnya, Senin (24/6/2019).

Menurut Gancar, pameran merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang menggabungkan sebuah event, personal selling dan juga promosi penjualan yang memiliki pasar spesifik sesuai dengan target yang dituju.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tujuannya dalam jangka pendek (selama durasi waktu pameran) harus dapat meningkatkan penjualan. Adapun untuk produk baru diharapkan dapat sebagai media tes pasar, sampling dan demonstrasi untuk membangun kesadaran merk.

“Dalam pameran, interaksi dengan pelanggan juga dapat lebih dibangun. Selain itu product knowledge juga dapat meningkat. Tapi kemungkinan juga dapat memberikan kemungkinan terjadinya switching behavior, karena adanya produk pesaing yang lebih menarik,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, membangun merek juga butuh pemahaman terhadap STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) yang harus berdasar pada keunggulan yang memang dimiliki dan atau menjadi potensi laten yang dapat dikembangkan, serta pemahaman atas perubahan pada konsumen dan kompetitor serta lingkungan pemasarannya. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...