Sabtu, 18 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gandeng IDI, Kalbe Hadirkan Inovasi ABC Nutri Meter untuk Memantau Nutrisi Anak

Posted by: 1666 viewer

Gandeng IDI, Kalbe Hadirkan Inovasi ABC Nutri Meter untuk Memantau Nutrisi Anak
Kampanye Makan Sehat Kalbe/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), melalui anak perusahaannya Kalbe Consumer Health dan merek Sakatonik ABC bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), akan segera menghadirkan inovasi ABC Nutri Meter untuk mengukur nutrisi anak.

Chitra Ariesta, Senior Brand Manager di Kalbe Consumer Health, menjelaskan bahwa ABC Nutri Meter memanfaatkan kurva pertumbuhan WHO serta kuesioner ECAST untuk menilai status gizi anak dan mendeteksi masalah makan. 

Penggunaannya dirancang agar mudah, hanya memerlukan data seperti berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, usia anak, serta jawaban pada kuesioner mengenai nafsu makan dan daya tahan tubuh anak.

IKLAN INFOBRAND.ID

Setelah data lengkap dan kuesioner diisi, aplikasi akan memberikan hasil terkait kondisi tumbuh kembang anak, serta tips yang mudah dipahami dan diterapkan, termasuk rekomendasi jenis multivitamin yang sesuai untuk anak (tanpa menyebut merek tertentu).

Chitra Ariesta juga menambahkan bahwa ABC Nutri Meter tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak tetapi juga remaja, untuk mengevaluasi risiko anemia dan cara penanganannya.

Pembuatan aplikasi ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Consumer Health dan merek Sakatonik ABC, dengan tujuan untuk meningkatkan edukasi kesehatan melalui kampanye Semangat Makan Sehat #MakanHapHapHap. 

"Kampanye ini dirancang untuk mengatasi masalah nafsu makan anak dan bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional 2024," ujarnya.

Senada dengan Chitra, Adelia Theresia, Head of Vitamin Category di Kalbe Consumer Health, menjelaskan bahwa kampanye ini juga berfokus pada memahami kekhawatiran orang tua mengenai nafsu makan anak dan dampaknya terhadap pertumbuhan mereka. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui kampanye ini, Kalbe memperkenalkan Metode ABC, yang menggarisbawahi tiga hal penting yang harus diperhatikan orang tua untuk mendukung nafsu makan anak.

Pertama, memastikan asupan makanan yang bergizi; kedua, memberikan vitamin yang mendukung pertumbuhan; dan ketiga, secara rutin memantau berat badan dan kebersihan anak.

Sementara itu, dr. Ulul Albab, Sp.OG., Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), sekitar 20-50 persen anak yang tumbuh normal serta 70-89 persen anak dengan gangguan perkembangan mengalami masalah terkait pemberian makan, termasuk nafsu makan yang rendah.

Masalah ini, kata dia, jika berlangsung lama, dapat mengganggu pertumbuhan anak dan berpotensi menyebabkan malnutrisi yang meningkatkan risiko kematian hingga 12 kali lipat dibandingkan anak yang mendapatkan gizi yang memadai. 

"Ini menunjukkan betapa pentingnya perhatian terhadap kesehatan gizi anak untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Data dari Survei Kesehatan Indonesia 2023 menunjukkan bahwa 1 dari 12 balita mengalami wasting, 1 dari 7 balita mengalami stunting, 1 dari 4 balita menderita anemia, dan 1 dari 13 anak mengalami kelebihan berat badan. 

Oleh karena itu, memastikan nafsu makan yang baik pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk kebiasaan makan yang sehat dan mencegah gizi buruk.

Informasi:

INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia menerima registrasi dan proses penjurian TOP INNOVATION CHOICE AWARD. Jadwal presentasi & penilaian penjurian diselenggarakan di minggu ketiga setiap bulannya. Klik untuk informasi selanjutnya atau hubungi +62 8111 1917 714.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Jajaran Peraih Indonesia Digital Popular Brand Award Platinum 2020-2024

Ini Jajaran Peraih Indonesia Digital Popular Brand Award Platinum 2020-2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – INFOBRAND.ID kembali menggandeng TRAS N CO Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consulting (certified Google Partner) unt...


Publikasikan Berbagai Prestasi Perusahaan dan Brand, INFOBRAND.ID Kembali Luncurkan Katalog Corporate & Brand Champions 2025

Publikasikan Berbagai Prestasi Perusahaan dan Brand, INFOBRAND.ID Kembali Luncurkan Katalog Corporate & Brand Champions 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Untuk kedelapan kalinya, INFOBRAND.ID kembali menghadirkan Annual Achievement Report Catalogue: Corporate & Brand Champion...


INFOBRAND.ID Sukses Gelar the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025

INFOBRAND.ID Sukses Gelar the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Media INFOBRAND.ID sukses menggelar forum nasional the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025, ajang pertemuan pelaku usaha, akademis...


Shop&Drive Mantapkan Posisi sebagai Bengkel “Kelas Wahid” dengan Inovasi Berkelanjutan

Shop&Drive Mantapkan Posisi sebagai Bengkel “Kelas Wahid” dengan Inovasi Berkelanjutan
INFOBRAND.ID-Shop&Drive, bengkel mobil yang berada di bawah naungan PT Astra Otoparts Tbk, kembali membuktikan kualitasnya sebagai bengkel “...