Sabtu, 16 Januari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Gandeng UMKM, PERPAKI Dirikan Sentra Distribusi Briket Arang Kelapa di Turki

Posted by: 05-01-2021 15:50 WIB 124 viewer

Gandeng UMKM, PERPAKI Dirikan Sentra Distribusi Briket Arang Kelapa di Turki
Sejumlah anggota Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI), bekerjasama mendirikan perusahaan distribusi produk briket kelapa arang. (Foto: PERPAKI)

JAKARTA - Sejumlah anggota Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI) mendirikan perusahaan distribusi produk briket arang kelapa di Turki. Perusahaan yang diberi nama Kaya Sinerji Ltd.Sti, yang merupakan hasil kolaborasi antara DPP PERPAKI dengan DPD PERPAKI Jawa Tengah.

Pengiriman kontainer perdana Kaya Sinerji Ltd. Sti sebanyak 20 ton briket arang kelapa telah tiba di Pelabuhan Istanbul pada tanggal 20 Desember 2020 kemarin dan di estimasikan container kedua akan tiba pada tanggal 17 Januari 2021. Sebanyak 50 persen briket arang kelapa itu nantinya bakal di distribusikan di wilayah lokal Istanbul. Selebihnya, pasokan briket ini akan dikirim secara partial dari kota Istanbul ke mitra reseller Kaya Sinerji Ltd. Sti.

“Tidak hanya itu, bahkan dikirim Di negara Balkan (Bosnia dan  Albania), Prancis, Russia dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut melalui selat Bosporus melewati Laut hitam dan Kanal Danube (waterway) yang membelah wilayah Balkan dan Eropa Timur tembus sampai ke Eropa Barat melalui River Rhein, Jerman," kata Ketua Umum PERPAKI (Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia), Yogi Abimanyu.

Sementara sebagian lainnya dikirim ke mitra reseller di New York, USA melalui Samudera Atlantik dengan moda transportasi laut/LCL container. Kedepan, Kaya Sinerji Ltd. Sti juga akan mendistribusikan (re-export) permintaan segment pasar retail produk briket arang kelapa asal Indonesia dengan konfigurasi konsolidasi cargo memanfaatkan kawasan Free Trade Zone yang ada di wilayah Turki menuju negara sekitarnya.

Di era persaingan free global market seperti sekarang ini, PERPAKI yakin apa yang telah dirintis dan dibangun oleh Kaya Sinerji Ltd. Sti dengan memanfaatkan posisi geografis Turki sebagai sentra distribusi (Distribution Hub) akan semakin strategis dalam memperlancar kesinambungan antara produksi dan arus distribusi produk UMKM dari Indonesia ke sejumlah negara di daratan benua Asia dan Eropa.

"Setidaknya dengan menyiapkan stok produk briket arang kelapa di gudang sentra distribusi (Distribution Center) milik Kaya Sinerji Ltd. Sti. mitra reseller tidak perlu lagi membeli stok dalam jumlah besar dari Indonesia dengan segala resikonya. Misalnya ketidakpastian kualitas dan waktu tiba barang (-/+ 2-3 bulan) yang menyebabkan waktu dan modal kerja para mitra reseller menjadi tidak produktif lantaran harus menunggu lama barang pesanan tiba," tambah Yogi.

Sementara secara bersamaan, pembayaran barang secara tunai (cash in advance) sudah dilakukan di Indonesia. Turki sebagai emerging market dengan GDP terbesar ke-17 di dunia tidak memiliki sumber kelapa. Hal ini membuat PERPAKI optimis kedepan Kaya Sinerji Ltd. Sti. dengan keunggulan komparatif dan jaringan distribusi pasar yang dimilikinya tidak hanya menjual briket arang kelapa saja namun, dapat juga mendistribusikan semua produk turunan kelapa lainnya, seperti VCO, Carbon Active, Dessicated Coconut, Coconut Chip, Coconut Water, Nata Decoco, Coco Peat dan sebagainya baik dalam skema B2B atau B2C.

"Sinergitas antara KJRI Istanbul, UMKM, PERPAKI dan Kaya Sinerjii Ltd. Sti adalah bukti nyata ketika potensi bangsa bersatu maka semua harapan keberhasilan akan menjadi kuat," ujar Yogi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina

Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina
JAKARTA - Perusahaan joint venture berbasis fintech antara Filinvest Development Corp (FDC) resmi menerima persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa...


Telurkan Bibit Unggul Atlet Esport Indonesia, Garena Resmikan Free Fire Master League Season III

Telurkan Bibit Unggul Atlet Esport Indonesia, Garena Resmikan Free Fire Master League Season III
JAKARTA - Garena, perusahaan platform internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, akan menggelar Free Fire Master League Season III (FFML Season II...


Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, BlueBird akan Luncurkan Versi Terbaru Aplikasi MyBlueBird

Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, BlueBird akan Luncurkan Versi Terbaru Aplikasi MyBlueBird
JAKARTA - Blue Bird, perusahaan transporasi terkemuka di Indonesia berencana meluncurkan versi terbaru dari aplikasi MyBlueBird. Dalam waktu dekat ver...


MSI Kenalkan Laptop Gaming GE76 Raider Dragon Edisi Tiamat

MSI Kenalkan Laptop Gaming GE76 Raider Dragon Edisi Tiamat
JAKARTA - Menjelang ulang tahun MSI ke-35, perusahaan ini memperkenalkan standar terbaru untuk sebuah laptop gaming, yakni GE76 Raider Dragon Edition...