Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun

Posted by: 841 viewer

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun
Sosialisasi Inabuyer Expo 2024/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kembali menggelar pameran Inabuyer Expo 2024 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada 15–17 Mei 2024.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menargetkan pameran edisi kedua ini dapat membukukan transaksi Rp2 triliun. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong kemitraan strategis, mewujudkan rantai pasok yang kuat untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri.

“Kegiatan ini merupakan yang kedua sejak 2023 dengan potensi kerja sama kontraknya tahun lalu lebih dari Rp1 triliun. Tahun ini ditargetkan transaksinya bisa menembus Rp2 triliun," kata Hanung dalam sosialisasi Inabuyer Expo 2024 kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Inabuyer Expo diselenggarakan untuk memperluas akses pasar UKM agar terhubung ke dalam rantai pasok industri BUMN, usaha besar, belanja barang dan jasa pemerintah, serta potensial buyer dari dalam dan luar negeri.

Pameran ini akan diikuti sekitar 200 UMKM ini ditargetkan dihadiri 10 ribu pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraan. Selain menghadirkan para buyer dari sektor swasta BUMN dan pemerintah, akan ada juga buyer potensial dari luar negeri.

"Harapannya UMKM dan ekshibitor dapat memanfaatkan momentum ini memperluas pangsa pasarnya. Untuk mendukung itu, nantinya akan digelar business matching antara buyer potensial dan para pelaku UMKM atau ekshibitor yang berpartisipasi dalam pameran tersebut," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan pameran Inabuyer 2024 ini merupakan lanjutan dari gelaran tahun lalu yang sukses membukukan transaksi hingga Rp1 triliun, dan diharapkan kesuksesan tahun lalu dapat diulang dalam pameran tahun ini.

"Jadi banyak sekali manfaat yang didapat di Inabuyer di mana para buyer memberikan order termasuk oleh kementerian/lembaga dan BUMN," jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Emin Adhy Muhaemin menyatakan komitmen LKPP untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dia menuturkan, LKPP saat ini sedang mengusulkan rancangan undang-undang (RUU) terkait kewajiban belanja oleh lembaga non pemerintah termasuk BUMN untuk mengalokasikan anggaran untuk pembelian produk dalam negeri khususnya produk UMKM.

"Apabila RUU ini bisa diundangkan, kita punya potensi pasar yang jauh lebih besar. Insyaallah tahun depan mudah-mudahan direstui agar bisa melebar ke lembaga negara non pemerintah hingga ke BUMN," pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...