Jum'at, 21 Juni 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Go Internasional !! Waralaba Indonesia Siap Bersaing dengan Waralaba Asing

Posted by: 29-03-2019 16:21 WIB 536 viewer

Go Internasional !! Waralaba Indonesia Siap Bersaing dengan Waralaba Asing
Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) sekaligus Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan, Levita Supit (foto: Hafizh/INFOBRAND.ID)

INFOBRAND.ID –Perkembangan bisnis franchise semakin menggeliat di tahun 2019. Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit menyampaikan sampai dengan semester pertama di 2019, bisnis franchise tidak lagi menunggu tetapi sedikit- demi sedikit bisnisnya sudah jalan dengan melihat ke depannya. Berbeda ketika di tahun 2018 lalu bisnis franchise masih wait and see.

“Sekalipun ini tahun politik, bisnis franchise tidak lagi stagnan karena mereka sudah mempersiapkan jalan bisnisnya untuk lebih maju dari tahun sebelumnya,” kata Levita kepada INFOBRAND.ID usai acara gathering Perhimpunan WALI di Resto I-ta Suki di Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, (28/3/2019).

Dia menjelaskan peningkatan persentase bisnis franchise nantinya akan terlihat di semester ke dua hingga ke empat. Tahun politik memang sangat mempengaruhi bisnis, bukan berarti lesu tetapi pembisnis masih belum berani mengekspansi bisnis mereka dengan memilih melihat kondisi Indonesia ke depan seperti apa.

“Sekarang kan mereka sudah melihat, apapun kondisi Indonesia ke depan baik siapapun presidennya nanti dengan programnya masing- masing,” ujarnya.

Levita menyampaikan pertumbuhan franchise terus memberikan kontribusi besar, setidaknya setiap tahunnya menyumbang Rp150 triliun dan terus bertambah di setiap tahunnya. Hal itu dilihat banyaknya waralaba lokal dan masuknya waralaba asing ke Indonesia.  Waralaba asing paling banyak dari negara antara lain; Korea, Malaysia dan Amerika. Penyebabnya karena banyak orang Indonesia belajar ke negara- negara tersebut.

“Saya menyampaikan kepada waralaba lokal tidak usah takut terhadap pengaruh waralaba asing, kita ambil positifnya. Sehingga kita dapat belajar dari mereka sekaligus bersaing, akhirnya waralaba lokal tidak hanya jago kandang ke depannya. Melalui kehadiran waralaba asing tersebut kita dapat mengintropeksi diri kita,” katanya.

Entrepreneur sukses di bidang food and beverages (f&b) itu menyampaikan bisnis waralaba Indonesia kini terus berekspansi ke luar negeri, salahsatunya ke Timur Tengah Arab Saudi. Levita melihat peluang bisnis di sana cukup besar, mereka membuka pintu sebesar- besarnya bagi waralaba Indonesia.

“Respon di sana cukup bagus, salah satu bisnis franchise yang berkembang di sana ada brand J.CO. Brand ini banyak dikenal oleh masyarakat di sana. Sehingga ini peluang, sayangnya banyak pembisnis Indonesia yang masih takut untuk mengekspansi bisnisnya ke sana,” tuturnya.

Melihat peluang tersebut, Ia mengajak kepada pembisnis Indonesia untuk tidak takut mengekspansi usahanya, sebab di luar negeri pun bisnis Indonesia dapat berkembang. Untuk saat ini bisnis Indonesia di luar negeri baru 10 persen, adapun untuk tahun ini diharapkan meningkat. Alasannya pemerintah sendiri telah memberikan support sebesar- besarnya, begitupun dengan adanya asosiasi pengusaha juga dapat menjembatani pelaku usaha.

“Melalui KADIN, WALI dan asosiasi lainnya sehingga kita sama- sama membawa waralaba Nasional untuk go Internasional. Ke depannya waralaba Indonesia tidak hanya sampai di Asia, tetapi bisa sampai ke Eropa, Amerika dan Timur Tengah,” tuturnya.

Adapun kategori usaha yang potensial untuk diekspansi adalah bisnis F&B, Spa dan ritel. Tiga kategori itulah yang masih memegang nilai tinggi untuk go internasional. [hfz]

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet

Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Iklan rokok saat ini banyak ditemui di berbagai situs semacam Youtube, Instagram dan Game Online. Inilah alasan kenapa K...


Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta

Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tren pencarian rumah mengalami peningkatan sebesar 120 persen usai lebaran. Hal ini berdasarkan data dari portal propert...


Kemenperin Optimis Capaian Industri Halal Tembus USD25 Miliar Tahun Ini

Kemenperin Optimis Capaian Industri Halal Tembus USD25 Miliar Tahun Ini
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimis pencapaian industri halal di tahun 2019 ini mampu menembus target yang...


Kemenperin Serius Garap Kawasan Industri Halal

Kemenperin Serius Garap Kawasan Industri Halal
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengakselerasi pembangunan kawasan industri halal di dalam negeri. Sedikitnya aka...