GoPay Luncurkan Mobil Kampanye Judi Pasti Rugi, Edukasi Bahaya Judi Online di 30 Kota
Posted by: Zeinal Wujud | 16-05-2025 09:52 WIB | 647 views

INFOBRAND.ID, JAKARTA - GoPay, bagian dari ekosistem PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo), resmi meluncurkan kampanye edukatif bertajuk “Judi Pasti Rugi” melalui kendaraan khusus yang akan berkeliling ke 30 kota di Indonesia. Peluncuran kendaraan kampanye ini dilakukan pada Kamis, 15 Mei 2025, di halaman kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).
Head of Regulatory & Public Affairs GoTo Financial, Budi Gandasoebrata, menjelaskan bahwa kampanye ini merupakan bagian dari upaya GoPay untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahaya judi online yang kini semakin marak di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital.
“Van ini nanti rencananya akan dikemudikan oleh rekan-rekan kami yang memang sudah merasakan betapa bahayanya judi online ini,” ujar Budi.
Budi menegaskan bahwa praktik judi online tidak memberikan keuntungan nyata bagi pelakunya. Menurutnya, sistem yang digunakan dalam judi online sepenuhnya dikendalikan oleh random number generator yang secara sistematis dirancang agar pemain mengalami kerugian.
“Gak ada untung-untungan, tapi itu semuanya sistematis, di mana ada random number generator. Orang mungkin awal-awal mengira mereka bakal menang, tapi ujung-ujungnya message-nya adalah pasti mereka akan rugi,” tegasnya.
GoPay sebenarnya telah memulai kampanye “Judi Pasti Rugi” sejak tahun 2024, di mana mereka turut menggandeng musisi legendaris Rhoma Irama—yang dikenal lewat lagu bertema anti-judi. Kampanye tersebut mendapat perhatian luas karena menyasar akar permasalahan sosial melalui pendekatan budaya populer.
Selain kendaraan edukasi, GoPay juga menggagas terbentuknya Aliansi Judi Pasti Rugi, sebagai wadah kolaboratif untuk mendorong literasi digital dan perlindungan konsumen. Salah satu pendekatan unik dalam kampanye ini adalah memanfaatkan jaringan luas pengemudi Gojek yang memiliki mobilitas tinggi, menjadikan mereka agen edukasi di jalan raya dan ruang publik.
Melalui rangkaian kampanye ini, GoPay menunjukkan komitmennya dalam menjaga ruang digital agar tetap sehat dan aman. “Harapannya, dengan kampanye ini kami juga bisa menjalankan tanggung jawab kami, khususnya menjaga ruang digital agar semakin aman bagi kita semua, khususnya untuk masyarakat Indonesia,” tutup Budi.
Baca berita lainnya di Google News