Jakarta, INFOBRAND.ID - Bank Mandiri terus memperkuat lini layanan dan produk perbankan digital untuk meningkatkan pemanfaatan dan membudayakan kebiasaan bertransaksi secara online di masyarakat, terutama di masa pandemi covid-19.
Protokol kesehatan di tengah krisis Covid-19 benar-benar mengubah perilaku konsumen, dengan munculnya kebutuhan layanan dengan kontak antar-individu yang minimal. PT Bank Mandiri Tbk pun mempercepat program digitalisasi perbankan.
Bank BUMN beraset Rp 1.320 triliun ini membuktikan bahwa pandemi corona memicu gelombang perpindahan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan mereka. Aplikasi Mandiri Online, salah satu layanan digital unggulan Bank Mandiri, hingga Maret 2020 mencatatkan pengguna aktif lebih dari 3,6 juta pengguna.
Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, inisiatif pengembangan layanan perbankan digital ini merupakan salah satu bentuk dukungan perseroan kepada agenda pemulihan ekonomi nasional, maupun lokal.
"Kondisi luar biasa akibat pandemi ini telah memaksa seluruh industri berinovasi dalam proses usaha mereka untuk bisa bertahan. Oleh karena itu, kami mengembangkan layanan perbankan digital ini tidak hanya untuk mendukung bisnis perseroan, tetapi juga untuk mendukung kebutuhan inovasi para pelaku usaha," kata Hery.
Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar menilai layanan digital bakal menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan Bank Mandiri secara berkelanjutan, sehingga pihaknya berkomitmen menjaga pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan dan memberikan nilai tambah lebih baik bagi pemegang saham.
"Untuk itu, kami focus untuk mengantisipasi masa depan dimana salah satunya adalah mengembangkan solusi perbankan digital seiring dengan perubahan perilaku konsumen yang cenderung beralih ke channel digital," tutur Royke.
Tahun ini, Bank Mandiri memperkenalkan layanan Online Onboarding yang memungkinkan masyarakat tidak perlu ke kantor cabang atau membelanjakan data untuk mengunduh aplikasi pembukaan rekening, melainkan cukup mengakses link join.bankmandiri.co.id melalui ponsel atau melakukan scan QR.
Ke depan, Bank Mandiri sudah mempersiapkan berbagai strategi, baik di segmen wholesale, UMKM maupun untuk menjadi modern digital bank sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi kompetisi yang semakin tak berbatas.