Produk Sajadah yang premium dan ekslusif dan berjualan hanya secara online, seperti antitesis dari konsep berjualan sajadah pada umumnya. Namun ternyata kombinasi tersebut justru berhasil sukses meraup cuan yang banyak.
Pasar untuk aksesoris atau apparel perlengkapan shalat dianggap tidak cukup seksi untuk dimasuki. Banyak faktor yang menjadi penyebab seperti contohnya hanya seasonal, sudah banyak brand yang establish, dan budaya konsumen yang senang berbelanja secara langsung.
Namun, bagi Akbar, faktor tersebut diatas tidak menyurutkan niatnya untuk membangun bisnis yang memasarkan perlengkapan shalat. Maka terciptalah UNIVERSA, sebuah brand yang produk pertamanya berupa sajadah.
Menyadari persaingan yang sangat kompetitif di industri ini, brand yang awalnya dibangun dengan modal sendiri dan seadanya ini harus mempunyai keunggulan dibandingkan dengan yang lain.
“Tentunya UNIVERSA sendiri menjadi sebuah merek sudah memilki nilai. Lalu dari desain kami menonjolkan sisi elegan dan ekslusif sehingga produk kami menjadi fashionable dan tidak kalah dengan produk yang lainnya”,ujarnya.
Untuk pemasaran produk UNIVERSA, dari awal ia sudah memilih fokus hampir 100% online, dengan memanfaatkan platform media sosial seperti website, instagram, maupun marketplace seperti tokopedia dan shopee.
Produk yang ekslusif dan berjualan hanya secara online, seperti antitesis dari konsep berjualan sajadah pada umumnya. Namun ternyata kombinasi tersebut justru sukses bahkan ia mampu meraup cuan yang banyak.
“Untuk omzet bulanan bisa 300 juta, khusus bulan suci Ramadhan bisa dua kali lipat lebih antara 600-800 juta. Jadi untuk per tahun kurang lebih 2-3 miliar,”terangnya.
Salah satu faktor kesuksesannya tersebut menurutnya karena perkembangan umat islam Indonesia sangat pesat. Generasi muda yang produktif sekarang memang lebih berani untuk mengamalkan hijrah menjadi target utama dari UNIVERSA.
Sesuai pangsa pasarnya, selain pemasaran untuk komunikasi, ia juga memaksimalkan peran media sosial. Konten promosi dan edukasi menjadi pilihannya untuk membuat UNIVERSA bisa dekat dengan konsumen.
“Saat ini kami juga fokus untuk menciptakan konten2 yang edukasi, agar bisa bermanfaat juga untuk orang banyak, disamping kami menciptakan konten yang bersifat promosi”, jelasnya.