Selasa, 12 November 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

IFFINA 2024 Sukses Digelar & Naikkan Target Penjualan Mebel ke Luar Negeri

Posted by: 604 viewer

IFFINA 2024 Sukses Digelar & Naikkan Target Penjualan Mebel ke Luar Negeri
IFFINA 2024/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tahun ini, sekali lagi ASMINDO sukses menyelenggarakan IFFINA 2024, Indonesia Mebel & Design Expo, pameran mebel dan kerajinan skala internasional, pada tanggal 14 - 17 September 2024 lalu.  Pameran ini terselenggara berkat dukungan oleh beberapa lembaga pemerintahan, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM Pemprov DKI Jakarta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Jawa Timur, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta, Dinas Koperasi, Perindustrian & Perdagangan Kab. Situbondo, Bank BRI, dll.

Dalam pidato sambutannya, Dedy Rochimat selaku Ketua Umum ASMINDO menyampaikan bahwa “Impor furnitur Indonesia justru terus meningkat, mencapai
US$ 780 juta pada tahun 2023 lalu, naik 2,3% dari tahun 2022 (BPS, 2024). 

Tren penurunan juga terlihat di pasar domestik, dimana konsumsi furnitur domestik diperkirakan hanya Rp 16 Triliun atau setara US$ 1,01 miliar pada tahun 2023, turun 26% dari tahun sebelumnya (BPS 2024 diolah kembali oleh ASMINDO). 

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh sebab itu, pelaksanaan pameran IFFINA 2024 tidak hanya bertujuan untuk menggairahkan kembali pasar ekspor, tetapi juga memperkuat pasar lokal kita. Di tengah tantangan ekonomi global dan perkembangan geopolitik, mari kita tetap semangat dan pantang menyerah untuk meraih kemajuan industri furnitur Indonesia.”

Dalam penyelenggaraan IFFINA 2024 ini, ASMINDO mendapatkan apresiasi yang baik dari para pelaku industri mebel dan kerajinan maupun para buyer dari dalam
maupun luar negeri. 

Sebab melalui pameran inilah harapan akan potensi kenaikan ekspor Indonesia hingga akhir tahun akan mencapai angka 17 persen, serta potensi market yang tergarap nilainya mencapai 165 juta USD. Adapun total jumlah pengunjung selama 4 (empat) hari pelaksanaan pameran adalah 8294 orang yang berasal dari 34 negara.

Pelaksanaan IFFINA tahun ini menempati cakupan area seluas 18.000 meter persegi. Gelaran bergengsi ini tidak hanya berhasil menjadi showcase bagi produk-produk mebel dan kerajinan dalam negeri, hadir pula kolaborasi apik antara IFFINA dengan interzum, brand pameran Koelnmesse, yang fokus pada inovasi terkini dari produk furniture dan desain interior. 

Disampaikan pula oleh Mathias Kuepper, Managing Director & VP Asia-Pacific Koelnmesse, “Kolaborasi ini akan mendorong tumbuhnya peluang bisnis baru yang memperkuat industri furnitur di kawasan Asia Tenggara.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun berbagai program pendukung yang tidak kalah menarik juga disajikan dalam rangkaian pelaksanaan IFFINA 2024. Berbagai kegiatan seperti workshop maupun talkshow dengan beragam tema seputar industri furnitur dan desain turut diramaikan oleh peserta dan pengunjung pameran.

ASMINDO berharap pada penyelenggaraan IFFINA di tahun mendatang, akan lebih banyak lagi jumlah peserta pameran dan pengunjung dari dalam serta luar negeri.
Bergotong royong kita memperkuat ekosistem industri mebel dan kerajinan untuk citacita berhasil merajai pasar lokal maupun global sesuai dengan poin yang disampaikan oleh Teten Masduki, Menteri Koperasi & UKM, pada pidato sambutan pembukaan pameran IFFINA 2024 ini.

Tak lupa ASMINDO mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan dari seluruh stakeholder yang memiliki peran dalam menyukseskan penyelenggaraan
IFFINA 2024 ini. Teruslah berjaya industri furnitur dan kerajinan Indonesia!

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Meluncur, Ini Banderol Mobil Listrik Pertama Mazda di Indonesia

Meluncur, Ini Banderol Mobil Listrik Pertama Mazda di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda, resmi meluncurkan...


Gandeng Pospay, Jalin Beri Layanan Pembayaran QR di Singapura

Gandeng Pospay, Jalin Beri Layanan Pembayaran QR di Singapura
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), bagian dari Holding BUMN Danareksa mengumumkan kolaborasi strategis dengan PT Pos Indon...


BNI Targetkan Nasabah Wisatawan Bali Melalui Digital Banking Cafe

BNI Targetkan Nasabah Wisatawan Bali Melalui Digital Banking Cafe
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meresmikan BNI Digital Banking Cafe di kawasan Gunung Batur, Bali, guna memper...


Dikuti Ratusan Peserta, IBC Class Dorong Kemajuan Brand Indonesia

Dikuti Ratusan Peserta, IBC Class Dorong Kemajuan Brand Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Media INFOBRAND.ID bersama Indonesia Brand Community (IBC) sukses menggelar kegiatan Indonesia Brand Community Cla...