Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

IMFocus Beberkan Alasan Mengapa Brand Perlu Berdigital

Posted by: 2290 viewer

IMFocus Beberkan Alasan Mengapa Brand Perlu Berdigital
CEO IMFocus Alex Iskandar

Peranan media digital semakin krusial pada era saat ini. Malahan, ranah maya dianggap sebagai salah satu titik sentral dalam membangun brand image sebuah produk di masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut, INFOBRAND.ID mewawancarai Alex Iskandar CEO IMFocus, seorang pakar internet marketing guna menggali lebih dalam mengapa sebuah brand harus memanfaatkan digital dalam berkegiatan usaha. Berikut adalah petikan wawancara tersebut.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dikatakan, digital dapat mempengaruhi bisnis untuk terus berkembang. Jika bisa diukur dengan angka, berapa average pertumbuhan bisnis apabila memaksimalkan sarana digital, khususnya pada tahun-tahun pertama?

Saya katakan, bisnis mempunyai sifat dapat tumbuh jika menggunakan digital marketing, dan hal tersebut sudah banyak terbuktti. Beberapa bisnis mempunyai sifat impulse, khususnya yang berkaitan dengan lifestyle. Pada sektor tersebut, pertumbuhan akan dapat meningkat secara signifikan bahkan pada tahap awal penggunaan sarana digital.

Contoh lainnya adalah bisnis restaurant atau fashion. Apabila di-boost dengan digital marketing yang tepat dan dana yang mencukupi, pasti akan melesat sekitar 10%-50% dari sisi pertumbuhan, dan itu  terjadi  pada tahun-tahun pertama.

Sementara itu, untuk bisnis yang sifatnya lebih long term, yang digital marketing-nya lebih bersifat branding, mungkin akan lebih membumi pertumbuhannya. Contoh klasik bisa dilihat dari beberapa marketplace besar seperti Tokopedia & Bukalapak atau Traveloka. Tahun pertama mungkin adalah fase perkenalan dimana pertumbuhannya berkisar 10%-20%. Walaupun relatif kecil, angka tersebut sudah dinilai sangat menggembirakan.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Digital adalah sebuah keniscayaan. banyak pelaku usaha yang kemudian 'berdigitalisasi' guna menghindari disrupsi. semuanya ikut masuk. Jika sudah begini, bagaimana memberikan added value bagi produk kita agar tetap dipilih konsumen?

Harus dipastikan produknya mudah ditemukan di mesin pencari. Artinya, produk tersebut harus ada di posisi top five halaman search engine. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan kata kunci yang berhubungan dengan produk tersebut (bukan nama produk/merek).

Misalnya produsen sepatu safety. Maka perusahaan tersebut harus mengupayakan kata kunci yang related dengan produknya agar mudah dicari oleh konsumen. Kemudian, website dan gambar-gambar produk yang kita jual harus ada di lima halaman pertama mesin pencari. Cara lain adalah, mengusahakan merek dagang kita dibicarakan oleh netizen melalui ketepatan pemilihan kata kunci tadi. Sehingga, opini yang terbangun dapat positif di media sosial, maupun ranah digital lainnya.

 

Digital masih akan terus tumbuh. Apakah anda melihat ada potensi bubble?

IKLAN INFOBRAND.ID

Tidak. Malah ke depan promosi dan strategi branding secara digital akan semakin diperlukan dan dibutuhkan oleh para pelaku brand.

 

Banyak brand kecil yang sangat bergantung pada platform media sosial untuk menjual produk mereka. Sebaliknya, banyak merek-merek besar yang seolah sangat kaku dalam berdigital, Apa penyebabnya?

Karena banyak merek besar dan terkenal itu terlena dengan ketenaran dan nyaman di posisinya sebagai market leader. Selain itu, banyak decision maker merek-merek besar masih di pegang oleh owner yang umurnya di atas 45 tahun dan tidak ‘hidup sehari-hari dengan internet’.  Mereka tidak menyadari konsumen dan calon pembeli mereka sekarang sudah menggunakan internet untuk mencari serta membaca review produk lewat internet.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Spending di advertising dan pengelolaan konten menjadi dua hal mendasar dalam mengatrol popularitas di ranah maya. Sebenarnya, cara mana yang paling efektif?

Harus dua-duanya.  Konsep Kontent is King masih relevan dan valid. Konten harus memberikan manfaat bagi netizen. Konten juga wajib mengedukasi netizen mengenai kegunaan produk dan jasa pemegang merek. 

Tetapi dengan perubahan algoritma mesin pencari dan platform sosmed, penyebaran konten ini juga harus dibarengi dengan promosi berbayar atau iklan. Jika tidak dibarengi dengan promosi berbayar, penyebaran konten ini akan minim dampaknya.

Bagaimanapun juga, mesin pencari maupun platform sosial media menyandarkan sumber pendanaan utama melalui iklan. Untungnya biaya promosi berbayar di media digital sangat flexible dan relatif murah dibandingkan dengan beriklan pada media konvesional macam tv atau koran.

 

Pada sepanjang tahun ini, bagaimana anda melihat perkembangan brand dalam memanfaatkan media digital?

Semua brand harus lebih mengalokasika budget promosinya untuk ranah digital. Hal ini didasari pada kenyataan bahwa semakin banyak orang yang menggunakan internet dalam keseharian. Yang patut diwaspadai adalah semakin banyak kelas menengah yang kemudian beralih ke saluran televisi berbayar dan jarang melihat saluran tv tradisional. Dan, TV kabel atau tv berbayar sangat related dengan dunia digital. Ini point-nya.

 

Apa catatan khusus anda terhadap perjalanan berbagai brand di Indonesia, khususnya dari sisi pemanfaatan digital?

Brand yang terlena dan melupakan digital marketing, pasti akan tersalib kompetitor yang terlanjur eksis di ranah digital. Brand yang lebih kecil atau kurang terkenal, jika jeli memanfaatkan strategi digital marketing akan dengan cepat menjadi pilihan netizen.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023

Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023
INFOBRAND.ID - Aktivitas Public Relation (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan. Sebab PR memiliki peran penting dala...


Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023
INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19 telah meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Meningkatnya po...


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...