INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan direkomendasikan oleh seorang pelanggan. Hal tersebut menjadi semakin penting dengan meningkatnya aktivitas penjualan di ranah digital, dimana pelanggan dapat dengan mudah memberikan penilaian di berbagai platform digital, terutama marketplace, bahkan media sosial.
Karena di era digital, pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan akan cenderung membagikan pengalaman yang dirasakan, beberapa di antaranya bahkan memberikan rating dan memberikan ulasan positif. Ulasan positif yang diberikan oleh pelanggan pun menjadi bukti bahwa produk tersebut telah memenuhi ekspektasi. Sedangkan rating yang tinggi, dapat menarik perhatian calon konsumen. Semakin banyak yang memberikan ulasan positif dan rating yang tinggi, maka sebuah brand semakin kuat dibanding merek lain.
Memahami pentingnya kepuasan pelanggan terhadap brand-brand yang dipasarkan di marketplace, INFOBRAND.ID, sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, untuk pertama kalinya menghadirkan penghargaan Top Customer Satisfaction Award 2024, penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand yang telah berhasil mencapai tingkat kepuasan pelanggan melalui channel marketplace di Indonesia.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menjelaskan, tujuan dari penghargaan ini untuk mendorong brand-brand di Indonesia agar terus meningkatkan produk dan layanan digital mereka demi memenuhi ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi di era digital. Dimana interaksi, ulasan, dan rekomendasi pelanggan memainkan peran yang sangat penting dalam membangun reputasi dan loyalitas brand.
“Kami percaya di era digital yang semakin kompetitif, penghargaan atas kepuasan pelanggan seperti Top Customer Satisfaction Award, memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Penghargaan ini tidak hanya sekedar pengakuan bagi brand, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa perusahaan telah berhasil memberikan pelayanan dan pengalaman pelanggan yang memuaskan,” jelas Susilowati Ningsih.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, pengakuan konsumen secara langsung menjadi salah satu aspek penting di dunia digital. Menurutnya, Digital Rating, Digital Review, Digital Sentiment, dan Digital Engagement yang diberikan oleh konsumen di beragam platform digital, kini menjadi indikator utama bagi calon pelanggan lainnya dalam menentukan pilihan produk. Dia meyakini, produk dengan rating tinggi dan ulasan positif, tidak hanya memberikan rasa percaya kepada calon pembeli lainnya, tetapi juga memperkuat posisi brand di mata konsumen.
Karena itu, TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian brand dan bisnis di Indonesia, bekerjasama dengan INFOBRAND.ID, menginisiasi lahirnya apresiasi Top Customer Satisfaction Award. Untuk menentukan brand-brand yang memenuhi kriteria dan layak mendapatkan penghargaan tersebut, dilakukan riset melibatkan evaluasi berbagai aspek kepuasan pelanggan di tiga marketplace teratas di Indonesia.
“Kami mengukurnya berdasarkan empat aspek penilaian yaitu; Digital Rating Aspect, Digital Review Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Engagement Aspect,” ungkap Tri Raharjo.
Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, Digital Rating Aspect, mengukur besaran nilai/rating yang diberikan oleh konsumen atas transaksi produk yang dilakukan melalui official store brand di 3 marketplace teratas. Digital Review Aspect, mengukur banyaknya jumlah ulasan yang diberikan oleh konsumen atas transaksi produk yang dilakukan melalui official store brand di 3 marketplace teratas.
Digital Sentimen Aspect, menganalisa sejumlah ulasan yang diberikan oleh konsumen, untuk mengidentifikasi apakah komentar tersebut cenderung positif, negatif, atau netral. Digital Engagement Aspect, menganalisa 4 sosial media brand (Facebook, Instagram, YouTube dan TikTok) untuk mengetahui engagement yang terjalin antara brand dan pengikutnya di social media.
“Hasil riset dan penilaian yang dilakukan, dan penghargaan Top Customer Satisfaction Award diharapkan dapat memberikan gambaran kepada brand-brand di Indonesia untuk semakin sadar akan pentingnya menjaga hubungan baik dengan konsumen, serta berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan, melalui strategi digital yang inovatif dan berkelanjutan” ungkapnya.
Selain itu, INFOBRAND.ID juga akan menggelar the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 yang menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc, Guru Besar Sekolah Bisnis IPB University, yang akan memaparkan seminar dengan tema: “The Power of Admiration Brands: Building Trust and Loyalty’.
Adapun untuk acara awarding ceremony Top Customer Satisfaction Award 2024 dan the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta. (***)
INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan
Posted by: Agus Aryanto 10-12-2024 16:11 WIB 950 viewer
Top Customer Satisfaction Award 2024.
Baca berita lainnya di Google News
Article Related
Strategi CLEO Capai Target Pertumbuhan Penjualan Double Digit di 2024
INFOBRAND.ID-PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), produsen air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia, terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatk...
Fresly Air Care, Pengharum Ruangan dari Wings Care
INFOBRAND.ID-Wings Group Indonesia melalui Wings Care meluncurkan Fresly Air Care. Fresly Air Care merupakan pengharum ruangan dengan keharuman alami...
Sah, Iko Uwais Ditunjuk Sebagai Duta Merek Castrol
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Castrol Indonesia menunjuk aktor laga dan atlet bela diri Iko Uwais sebagai duta merek Castrol, untuk merepresentasikan keanda...
MS Glow Men Gelar "Glow Pace Glow Face Fun Run", Luncurkan Dual Cream
INFOBRAND.ID-MS Glow for Men merilis rangkaian produk perawatan wajah terbarunya, MS Glow for Men
Dual Cream, pada awal tahun ini. Mengusung 11x Hype...