INFOBRAND.ID, JAKARTA – Kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) telah bertransformasi menjadi lebih dari sekadar kewajiban filantropi, namun telah menjadi bagian integral dari strategi bisnis perusahaan, dengan fokus yang semakin tajam pada bidang-bidang yang memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat dan lingkungan.
“Saat ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak hanya berusaha untuk memenuhi kewajiban sosial mereka, tetapi juga berkomitmen untuk menjadi agen perubahan positif dalam beberapa aspek utama, termasuk pendidikan, lingkungan, dan inisiatif sosial lainnya,” kata Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID.
Menurut Susi lagi, perusahaan yang aktif menjalankan CSR terukti dapat meningkatkan citra dan brand image, menarik pelanggan dan investor yang lebih sadar akan tanggung jawab sosial, serta membuka potensi baru dalam bisnis.
Dengan berinvestasi dalam inisiatif yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pengembangan masyarakat, perusahaan memperlihatkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai etika dan keberlanjutan. “Ini (CSR) bukan hanya menciptakan keunggulan kompetitif, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan,” ujarnya lagi.
Di sisi lain, dampak positif CSR juga dirasakan langsung oleh masyarakat. Program-program CSR yang dirancang dengan baik dapat membantu mengatasi berbagai tantangan sosial dan lingkungan, meningkatkan kualitas hidup, dan mendukung pembangunan berkelanjutan.
“Inisiatif seperti penyediaan akses pendidikan, peningkatan fasilitas kesehatan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan komunitas lokal memperlihatkan kontribusi nyata perusahaan dalam menciptakan perubahan positif yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” jelasnya.
Oleh karena itu, INFOBRAND.ID bekerjaama dengan TRAS N CO Indonesia kembali menghadirkan TOP CSR of The Year 2024 mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang konsisten menerapkan program tanggung jawab sosial (CSR) di perusahaanya sebagai penyeimbang lingkungan, Masyarakat dan perusahaan.
“Top CSR of The Year 2024, sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang konsisten menerapkan program tanggung jawab sosial (CSR) di perusahaan sebagai upaya untuk memudahkan proses pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” imbuhnya.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan pihaknya telah menggelar Riset Top Corporate Social Responsibility Index 2024 untuk mengukur keberhasilan program CSR yang dijalankan perusahaan.
Menurut Tri Raharjo, Top Corporate Social Responsibility Index 2024 dilakukan dengan menggunakan metode Desk Research yang mengacu kepada laporan Sustainability Report perusahaan tahun 2023 yang telah terpublikasi dan juga data press release kegiatan CSR yang terpublikasi di berbagai media digital dan website resmi perusahaan,” tegasnya.
“Kami menggunakan metode penilaian dengan tiga parameter yaitu; CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value untuk menentukan perusahaan yang layak meraih penghargaan Top CSR of The Year 2024,” pungkasnya.
Perlu diketahui, untuk acara award ceremony Top CSR Award 2024 akan digelar INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia pada tanggal 25 September 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan Jakarta.
Pada saat bersamaan, INFOBRAND.ID juga kembali menyelenggarakan INFOBRAND FORUM 2024 yang menghadirkan Ibu. Suryani S Motik sebagai narasumber dengan tema seminar "Aligning CSR Strategies with Business Growth and Community Impact".