Jum'at, 24 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini 3 Faktor Penunjang Perkembangan Bisnis Waralaba di Indonesia

Posted by: 5989 viewer

Ini 3 Faktor Penunjang Perkembangan Bisnis Waralaba di Indonesia
Ilustrasi pameran franchise di Indonesia

INFOBRAND.ID - Perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Indikasinya adalah lebih dari 200 jaringan waralaba telah hadir di Indonesia. Penyebaran tersebut sekaligus telah membuka peluang bisnis di indonesia yang dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami peningkatan hingga mencapai 15 persen.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) sekaligus Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan, Levita Supit mengatakan bahwa sejatinya telah ada beberapa faktor penunjang yang membuat bisnis waralaba di Indonesia semakin berkembang dengan baik. Pertama adalah infrastruktur yang sudah bagus.

“Coba misalnya saya kirim ayam ke Papua, saya biasanya sampai sana sudah agak-agak busuk karena jalannya tau sendiri kan kayak gimana. Tapi sekarang, dengan adanya jalan tol sekarang pengiriman barang lebih gampang, lebih cepat, lebih aman, terjamin dan jaraknya juga jauh lebih dekat,” ujarnya saat berbincang dengan INFOBRAND.ID beberapa waktu lalu di Jakarta.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kalau dulu kan tidak ada infrastruktur yang jelas. Seharusnya pengiriman 5 hari jadi 10 hari. Belum lagi keamanannya di jalan, yang tadinya pengirimannya penuh sampai sana tinggal setengah kontainer,” katanya.

Selain itu, faktor kedua adalah dengan adanya teknologi digital marketing. Dimana menurut dia, pelaku usaha kini bisa lebih mudah dalam mempromosikan bisnisnya itu dengan menggunakan teknik digital marketing.

“Menurut saya, di era yang serba digital ini, digital marketing itu sangat efektif. Dimana semua masyarakat mempergunakan digital dalam aktivitas bisnis, pekerjaan dan kebutuhan. Sehingga digital marketing dapat bertahan lama dalam merespon semua kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Faktor ketiga adalah dimana Kemendag (Kementerian perdagangan) Republik Indonesia telah memperlonggar aturan waralaba di Indonesia. Dengan begitu, para pelaku usaha akan lebih mudah untuk proses pengajuan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Berkat Inovasi dan Jaringan Luas, Volk Hiasi Daftar Brand Champion 2025

Berkat Inovasi dan Jaringan Luas, Volk Hiasi Daftar Brand Champion 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Volk, salah satu merek sanitary yang dimiliki oleh PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, berhasil masuk ke dalam jajaran Brand...


Samsung Hadirkan Galaxy S25 dengan  OS Berbasis AI

Samsung Hadirkan Galaxy S25 dengan OS Berbasis AI
INFOBRAND.ID< JAKARTA - Samsung mengeluarkan produk ponsel pintar unggulan baru, seri Galaxy S25 yang hadir dengan sistem operasi berbasis kecerdas...


Dukung Perkembangan Industri Otomotif Nasional, Geely Indonesia-PT Handal Indonesia Motor Jalin Kerja Sama

Dukung Perkembangan Industri Otomotif Nasional, Geely Indonesia-PT Handal Indonesia Motor Jalin Kerja Sama
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Geely Auto Indonesia, secara resmi menunjuk PT Handal Indonesia Motor sebagai tempat produksi kendaraan mereka yang nantiny...


Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Indonesia, Kenko Masuk Jajaran Brand Champion 2025

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Indonesia, Kenko Masuk Jajaran Brand Champion 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Kenko, merek alat tulis ternama dari PT Kenko Sinar Indonesia, berhasil meraih apresiasi sebagai salah satu Brand Champi...