Selasa, 22 September 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Ini Dia Sektor Bisnis yang Naik Daun di Masa Pandemi

Posted by: 21-04-2020 09:23 WIB 2405 viewer

Ini Dia Sektor Bisnis yang Naik Daun di Masa Pandemi
Chairman TRAS N CO Indonesia dan Komunitas Indonesia Brand Network, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengatakan bahwa hampir semua para pelaku bisnis di tanah air terkena dampak dari wabah virus corona atau covid-19. Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam acara IBN E-Gathering & Charity 2020 yang bertajuk “Surviving Business Around Pandemic” pada Kamis (16/4) lalu melalui aplikasi video conference Zoom.

Meski beberapa bisnis di sektor industri mengalami penurunan secara signifikan, tapi kata Tri, ada beberapa sektor bisnis yang justru berpeluang meraup keuntungan, seperti produk-produk kesehatan yang meliputi masker, hand sanitizer, alat pelindung diri dan lain sebagainya.

“Kalau saya lihat di sektor bahan pokok atau kebutuhan pokok di minimarket selalu ramai dan selalu dipadati pengunjung. Artinya produk-produk kebutuhan pokok, consumer good relatif demand-nya masih tinggi,” ujar Tri yang juga menjabat sebagai Chairman Komunitas Indonesia Brand Network (IBN).

Menurut Tri, sektor e-commerce juga berpotensi mengalami pertumbuhan di masa pandemi ini. Begitu juga yang tak kalah menarik, lanjut Tri, ada video conference yang saat ini telah menjadi media yang sangat efektif untuk meeting atau seminar secara online.

“Begitu juga online marketing yang harus dijalankan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Bahkan berdasarkan salah satu perusahaan survei melakukan penelitian yang dirilis di INFOBRAND ada sekitar 87,1% mereka dalam satu minggu ini berbelanja melalui online,” jelasnya.

Imbauan #DirumahAja dari pemerintah juga rupanya membuat masyarakat agak sedikit jenuh dan bosan. Untuk itu, sektor industri provider juga diyakini Tri mengalami pertumbuhan. Selanjutnya adalah jasa delivery dan aplikasi pendidikan mengingat diberlakukannya sekolah atau belajar dari rumah.

“Saya kira sekarang memang kita ini telah dipaksa digital. Jadi ketika tren perubahan terjadi, ini orang bilang sudah menjadi kenormalan baru. Jadi yang sebelumnya tidak terbiasa jadi terbiasa,” kata dia.

Tri pun memberikan langkah-langkah “Corona” yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis di tanah air.

C: Cash is King

Jadi orientasinya adalah cash is king. Karena ketika situasi seperti ini kebanyakan orang me-“lock down” dompetnya sehingga kita harus benar-benar pintar. Cutting budget yang tidak perlu. Itu yang harus dilakukan saat ini.

O: Online Marketing

“Saya kira ini menjadi suatu hal yang mutlak dijalankan, baik melalui sosial media, marketplace, search engine atau bahkan beberapa pelaku bisnis membuat tim digital atau salesman digital untuk memasarkan produknya. Jadi bisa dengan menggunakan Whatsapp maupun menggunakan sarana chat yang lain agar mereka tetap bisa berkontribusi terhadap income dari perusahaan mereka,” papar Tri.

R: Result Orientation

Meski saat ini imbauan pemerintah yang mengajak semua masyarakat Indonesia untuk #DirumahAja dalam melakukan segala aktivitasnya, tapi kata Tri, para pelaku bisnis tetap harus bisa achive target. Dengan teknologi yang ada saat ini, perusahaan bisa melakukan pemantauan secara langsung kepada timnya supaya bisa menghasilkan result atau hasil akhir yang pernah dicanangkan sebelumnya.

O: Market Orientation

“Jadi ketika bisnis terjadi penurunan, kita harus berorientasi terhadap market. Dari produk ataupun jasa yang kita jual kira-kira apa yang berpotensi untuk kita kembangkan di masa covid-19 ini. Karena beberapa pelaku brand bilang, mereka telah prepare minimal sampai Juni mendatang,” jelas Tri.

N: Navigation

Navigasi disini menurut Tri harus tepat sasaran agar bisnis yang dijalankan tidak salah arah. Dia pun mengibaratkan seorang nahkoda kapal. Dimana ketika diterjang ombak besar, tentunya sudah pasti memerlukan navigasi yang tepat sasaran supaya tidak oleng bahkan tenggelam.

“Saya kira navigasi ini sangat penting untuk mengarahkan bisnis kita supaya bisa melewati masa pandemi ini,” ujarnya.

A: Action & Speed

“Karena era seperti ini ketika kita membuat suatu program tertentu belum tentu diterima oleh pasar. Sehingga kecepatan kita beradaptasi, kecepatan kita melakukan action itu sangat dibutuhkan sekali di masa pandemi ini,” pungkas Tri.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa...


Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global

Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Prof.Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D  Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI mengataka...


Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal

Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Tri Raharjo mengatakan bahwa para pelaku bisnis franchise harus b...


Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand

Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Marketing dan inovasi merupakan suatu kunci keberhasilan sebuah brand. Demikian yang disampaikan CEO TRAS N CO Indonesia...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI