Rabu, 15 Juli 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Ini Dia Sektor Bisnis yang Naik Daun di Masa Pandemi

Posted by: 21-04-2020 09:23 WIB 1786 viewer

Ini Dia Sektor Bisnis yang Naik Daun di Masa Pandemi
Chairman TRAS N CO Indonesia dan Komunitas Indonesia Brand Network, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengatakan bahwa hampir semua para pelaku bisnis di tanah air terkena dampak dari wabah virus corona atau covid-19. Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam acara IBN E-Gathering & Charity 2020 yang bertajuk “Surviving Business Around Pandemic” pada Kamis (16/4) lalu melalui aplikasi video conference Zoom.

Meski beberapa bisnis di sektor industri mengalami penurunan secara signifikan, tapi kata Tri, ada beberapa sektor bisnis yang justru berpeluang meraup keuntungan, seperti produk-produk kesehatan yang meliputi masker, hand sanitizer, alat pelindung diri dan lain sebagainya.

“Kalau saya lihat di sektor bahan pokok atau kebutuhan pokok di minimarket selalu ramai dan selalu dipadati pengunjung. Artinya produk-produk kebutuhan pokok, consumer good relatif demand-nya masih tinggi,” ujar Tri yang juga menjabat sebagai Chairman Komunitas Indonesia Brand Network (IBN).

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Tri, sektor e-commerce juga berpotensi mengalami pertumbuhan di masa pandemi ini. Begitu juga yang tak kalah menarik, lanjut Tri, ada video conference yang saat ini telah menjadi media yang sangat efektif untuk meeting atau seminar secara online.

“Begitu juga online marketing yang harus dijalankan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Bahkan berdasarkan salah satu perusahaan survei melakukan penelitian yang dirilis di INFOBRAND ada sekitar 87,1% mereka dalam satu minggu ini berbelanja melalui online,” jelasnya.

Imbauan #DirumahAja dari pemerintah juga rupanya membuat masyarakat agak sedikit jenuh dan bosan. Untuk itu, sektor industri provider juga diyakini Tri mengalami pertumbuhan. Selanjutnya adalah jasa delivery dan aplikasi pendidikan mengingat diberlakukannya sekolah atau belajar dari rumah.

“Saya kira sekarang memang kita ini telah dipaksa digital. Jadi ketika tren perubahan terjadi, ini orang bilang sudah menjadi kenormalan baru. Jadi yang sebelumnya tidak terbiasa jadi terbiasa,” kata dia.

Tri pun memberikan langkah-langkah “Corona” yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis di tanah air.

C: Cash is King

Jadi orientasinya adalah cash is king. Karena ketika situasi seperti ini kebanyakan orang me-“lock down” dompetnya sehingga kita harus benar-benar pintar. Cutting budget yang tidak perlu. Itu yang harus dilakukan saat ini.

O: Online Marketing

“Saya kira ini menjadi suatu hal yang mutlak dijalankan, baik melalui sosial media, marketplace, search engine atau bahkan beberapa pelaku bisnis membuat tim digital atau salesman digital untuk memasarkan produknya. Jadi bisa dengan menggunakan Whatsapp maupun menggunakan sarana chat yang lain agar mereka tetap bisa berkontribusi terhadap income dari perusahaan mereka,” papar Tri.

R: Result Orientation

Meski saat ini imbauan pemerintah yang mengajak semua masyarakat Indonesia untuk #DirumahAja dalam melakukan segala aktivitasnya, tapi kata Tri, para pelaku bisnis tetap harus bisa achive target. Dengan teknologi yang ada saat ini, perusahaan bisa melakukan pemantauan secara langsung kepada timnya supaya bisa menghasilkan result atau hasil akhir yang pernah dicanangkan sebelumnya.

O: Market Orientation

“Jadi ketika bisnis terjadi penurunan, kita harus berorientasi terhadap market. Dari produk ataupun jasa yang kita jual kira-kira apa yang berpotensi untuk kita kembangkan di masa covid-19 ini. Karena beberapa pelaku brand bilang, mereka telah prepare minimal sampai Juni mendatang,” jelas Tri.

N: Navigation

Navigasi disini menurut Tri harus tepat sasaran agar bisnis yang dijalankan tidak salah arah. Dia pun mengibaratkan seorang nahkoda kapal. Dimana ketika diterjang ombak besar, tentunya sudah pasti memerlukan navigasi yang tepat sasaran supaya tidak oleng bahkan tenggelam.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Saya kira navigasi ini sangat penting untuk mengarahkan bisnis kita supaya bisa melewati masa pandemi ini,” ujarnya.

A: Action & Speed

“Karena era seperti ini ketika kita membuat suatu program tertentu belum tentu diterima oleh pasar. Sehingga kecepatan kita beradaptasi, kecepatan kita melakukan action itu sangat dibutuhkan sekali di masa pandemi ini,” pungkas Tri.

WEBINAR INFOBRANDTALKS #11
BUILDING A SUSTAINABLE MARKETING STRATEGY


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Rebranding, Seberapa Penting?

Rebranding, Seberapa Penting?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi para marketers, tentunya istilah Rebranding sudah tak asing lagi di telinga mereka. Meski begitu, tak sedikit juga...


Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat

Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Membangun sebuah brand yang kuat tentu bukanlah hal yang mudah bagi para pelaku bisnis di tanah air. Apalagi, saat ini p...


Trik Membangun Brand di Era Digital Untuk Bisnis Startup, Apa Saja?

Trik Membangun Brand di Era Digital Untuk Bisnis Startup, Apa Saja?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dalam dunia bisnis, melakukan aktivitas branding telah menjadi suatu keharusan yang tak boleh dilupakan. Apalagi bagi bi...


Subiakto Priosoedarsono: UKM Harus Punya Purpose dan Passion

Subiakto Priosoedarsono: UKM Harus Punya Purpose dan Passion
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sektor UKM termasuk dalam sektor yang sangat terdampak selama masa pandemi COVID-19. Kondisi ini sangat berbeda dibandingkan p...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI