Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Marketplace Paling Banyak Digunakan Penjual Daring

Posted by: 1226 viewer

Ini Marketplace Paling Banyak Digunakan Penjual Daring
Ilustrasi belanja daring/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan riset pasar dan jajak pendapat Ipsos, merilis hasil survei terbarunya terkait marketplace pilihan penjual daring dan menunjukkan empat nama teratas platform marketplace yang sering digunakan dalam menjual produk secara online yakni Shopee, Tokopedia, Tik Tok Shop dan Lazada.

Menurut Country Service Line Group Leader Observer, Customer Experience and Channel Performance Ipsos Indonesia, Andi Sukma menyebutkan, Shopee berada di peringkat pertama dengan angka 80 persen, diikuti Tokopedia (10 persen), Tik Tok Shop (6 persen) dan Lazada (3 persen).

Platform palings ering digunakan dalam menjual produk atau Brand Used Most Often (BUMO) menjadi bagian dari indikator yang digunakan Ipsos untuk mengetahui seberapa baik citra pemain e-commerce menurut para penjual. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain BUMO, mereka juga menggunakan indikator lainnya, yakni Loyalty Ratio dan Top of Mind (TOM).

Loyalty Ratio mengukur bagaimana sebenarnya perilaku penjual selama tiga bulan terakhir apakah konsisten menggunakan platform yang sama atau berpindah. Pada indikator itu, hasil survei memperlihatkan Shopee berada di urutan pertama dengan angka sebanyak 84 persen, kemudian Tokopedia (14 persen), Tik Tok Shop (10 persen), dan Lazada (6 persen).

Sementara itu, pada indikator TOM, urutan empat nama teratas tak berubah seperti pada indikator sebelumnya. Berdasarkan perspektif penjual, Shopee menduduki peringkat pertama dengan 67 persen diikuti Tokopedia 16 persen, Lazada dan TikTok berbagi pangsa 6 persen.

"Top of mind bisa meningkat dari beberapa aspek seperti komunikasi, masifnya kampanye kepada pelanggan, paparan yang ada di sekitar pelanggan. Top of mind itu merefleksikan perilaku pelanggan dalam belanja, kita akan memilih merek yang ada di benak kita," kata dia dikutip Antara, Senin (27/3/2023).

Dalam survei itu, Ipsos menggunakan metodologi survei daring yang dilakukan pada Februari 2023, dengan jumlah sampel 220 yang terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memiliki bisnis di lokapasar digital di Jabodetabek, Semarang, Medan dan Makassar. Dari 220 responden itu, sekitar 67 persen adalah perempuan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk kriteria responden, Ipsos mensyaratkan penjual tidak harus hanya berjualan di salah satu platform, berusia 18 - 55 tahun dan sudah mulai aktif berjualan di lokapasar dalam tiga bulan terakhir.

Selain lokapasar pilihan penjual, survei juga menyoroti pendapat mereka mengenai manfaat menggunakan platform lokapasar. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 84 persen penjual merasa berjualan di lokapasar membantu meningkatkan omzet penjualan, memperluas jangkauan pasar (72 persen), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69 persen).

Sebanyak 68 persen penjual merasa berjualan di lokapasar juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Menurut Andi, ketersediaan kanal atau saluran yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi menjadi penting karena bisa meningkatkan potensi pembelian produk.

"Kanal sangat penting untuk berkomunikasi mengenai produk-produk yang ingin mereka beli dan tanyakan lebih lanjut," ujar Andi.

Mengenai manfaat, sebanyak 45 persen penjual berpendapat berjualan di lokapasar dapat memberikan keamanan bertransaksi, merasa lebih unggul dari pesaing (37 persen), membuat ekspor lebih mudah (33 persen) dan menciptakan kesempatan kerja (30 persen).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal

Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen biji kopi lokal dikatakan Co-Founder dan CEO perusahaan rintisan ritel kopi Indonesia, Fore Coffee, Vico Lomar harus...


Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern

Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand lokal Vannoe menawarkan produk Interactive Flat Panel (IFP) VTK Series, sebuah layar pintar interaktif untuk solusi papa...


Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk

Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan identitas merek merupakan jaminan orisinalitas dari suatu produk Indikasi G...


NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya

NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia mengumumkan bahwa mobil listrik NETA V-II, yang sebelumnya diperkenalkan di ajang Periklindo Electric V...