Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

InnovAction Competition : STP Dorong Inovasi Teknologi Akuakultur dari Generasi Muda

Posted by: 1574 viewer

InnovAction Competition : STP Dorong Inovasi Teknologi Akuakultur dari Generasi Muda
InnovAction Competition

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Suri Tani Pemuka (STP) anak usaha JAPFA umumkan pemenang dari InnovAction Competition, yakni lomba karya tulis ilmiah yang diinisiasi oleh STP bagi seluruh mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan mengusung tema “Inovasi Menuju Industri Akuakultur 4.0”.

Tiga juara umum yakni SIMTASTER dari Universitas Brawijaya dengan idenya Alat Pemantau Kualitas Lobster Berbasis Mesin Learning dan Sistem IoT Guna Meningkatkan Produksi Budidaya Lobster, Raja Brawijaya dari Universitas Brawijaya dengan idenya Inovasi Teknologi Grading dan Counting Benih Udang Berbasis Artificial Intellegence Terintegrasi IoT dan Iwakku Tech dari PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi dengan idenya Optimalisasi Sequential Batch Reactor Berbasis Teknologi 4.0 sebagai upaya Pengelolaan Limbah secara Modern untuk Mewujudkan Sustainable Aquaculture  serta 1 juara favorit Maggochine dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo dengan idenya Konsep Pembuatan Maggochine (Maggot Automatic Machine) Alat Pakan Ikan Mandiri Bahan Baku Maggot di Tengah Pandemi Covid-19 berhak menerima uang tunai dari STP. Lebih jauh lagi, ide atas inovasinya tersebut bekesempatan ditinjau lebih lanjut untuk nantinya diuji coba pada operasional bisnis STP.

Tinggal Hermawan, S.Pi., M.Si – Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam acara final InnovAction Competition (23/09) menyampaikan, “KPP sangat mendukung dan mengapresiasi program InnovAction STP, karena jika dilihat program ini juga sejalan dengan kebijakan KKP dalam menyukseskan 2 program utama bududaya perikanan, yakni pengembangan budidaya perikanan berbasis ekspor yang didasari atas riset, dan peningkatan produksi perikanan dalam negeri untuk menciptakan sentra budidaya perikanan lokal.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dimana kompetisi ini merupakan salah satu gerbang bagi milenial untuk menghadirkan teknologi inovasi 4.0 yang dapat turut menciptakan budidaya perikanan yang mandiri dan dapat menjadi pendorong ekonomi di masing-masing daerah.”

InnovAction Competition telah dimulai sejak Juni lalu dengan total peserta sebanyak 32 kelompok dari 17 universitas yang telah mengikuti proses seleksi hingga akhirnya terpilih 8 finalis. Kemudian proses dilanjutkan dengan presentasi akhir pada 22-23 Sepetember untuk penentuan pemenang oleh dewan juri. Uniknya, tiap kelompok berisikan berbagai mahasiswa lintas jurusan untuk menyatukan berbagai ide inovasi mereka.

“InnovAction diselenggarakan untuk meningkatkan minat generasi muda Indonesia dalam menciptakan inovasi dibidang akuakultur, yang tentunya dapat menjadi sumbangsih bagi pembangunan dan perngembangan industri akuakultur yang berkelanjutan,” papar Ardi Budiono, Direktur Utama STP.

InnovAction menghadirkan dewan juri dari berbagai latar belakang, baik dari pelaku usaha hingga akademisi, diantaranya: Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D. – Universitas Diponegoro, Dr. A. Shofy Mubarak, S.Pi., M – Universitas Airlangga, Dr. Ir. Kukuh Nirmala, M. Sc. selaku Institut Pertanian Bogor, Andi Kurniawan S.Pi, M.Eng, D - Universitas Brawijaya dan Muhammad Fuadi, M. Si. sebagai perwakilan dari STP

Penilaian ide inovasi terdiri dari 3 aspek utama, yakni High Impact artinya ide tersebut memiliki dampak secara ekonomi dan memiliki solusi terhadap permasalahan, disamping itu ide yang diajukan harus mampu mengoptimalisasikan sumber daya yang dimiliki.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...