Rabu, 20 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019

Posted by: 08-03-2019 14:20 WIB 84 viewer

Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019
Kemenperin/ Foto: dok istimewa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meraih penghargaan Obsession Awards 2019 untuk kategori Best Achiever in Ministry. Penghargaan ini diberikan kepada para tokoh yang berprestasi dan inspiratif sepanjang tahun 2018 berdasarkan sejumlah kategori.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. Kepercayaan ini akan menjadi penyemangat saya untuk terus melakukan kinerja yang baik di Kementerian Perindustrian,” kata Menperin di Jakarta, Rabu (7/3) malam. Pada tahun 2018, Airlangga juga mendapatkan penghargaan serupa, sehingga tahun ini menjadi kali kedua yang diterimanya.

Menperin menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk semakin mengembangkan industri nasional, baik skala besar maupun kecil dan menengah, agar dapat berdaya saing global. Langkah strategis ini guna mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi yang inklusif.

Penetapan peraih Obsession Awards untuk masing-masing kategori dilakukan berdasarkan penjurian oleh lembaga riset dan komunikasi. Sejak dilantik menjadi Menteri Perindustrian pada Juli 2016, Airlangga Hartarto dinilai melakukan berbagai gebrakan untuk kemajuan industri nasional, salah satunya sebagai inisiator peta jalan Making Indonesia 4.0.

Peta jalan tersebut diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 4 April 2018. Ini menjadi momentum bagi Indonesia dalam kesiapan memasuki era industri 4.0. Di dalam Making Indonesia 4.0, terdapat 10 program prioritas yang menjadi strategi dalam merevitalisasi sektor manufaktur di era digital agar dapat berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Melalui roadmap tersebut, aspirasi besar yang hendak kita capai adalah menjadikan Indonesia masuk dalam 10 negara dengan perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Sasaran ini akan bisa tercapai, dengan didukung peningkatan nett export 10 persen dari PDB, produktivitas naik dua kali lipat, dan anggaran riset sebesar dua persen dari PDB,” paparnya.

Menurut Airlangga, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah kekuatan besar di sektor industri, karena teknologi informasi dan komunukasi tidak hanya dimanfaatkan untuk proses produksi, tetapi mampu melahirkan model bisnis baru. “Industri nasional memerlukan banyak pembenahan, terutama dalam penguasaaan teknologi yang menjadi kunci utama penentu daya saing di era industri 4.0,” ujarnya.

Airlangga menjelaskan, dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, salah satu yang menjadi prioritas adalah pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). Guna menghadapi revolusi industri 4.0, diperlukan SDM yang kompeten sesuai kebutuhan era digitalisasi.

“Berdasarkan studi yang dilakukan McKinsey, kebutuhan tenaga kerja industri di bidang digital akan bertambah sebesar 17 juta orang hingga tahun 2025, di mana 4 juta akan bekerja di sektor industri dan sisanya di sektor jasa yang terkait. Kesempatan inilah yang harus kita rebut,” tuturnya.

Untuk itu, pada tahun 2019, Kemenperin akan mengucurkan dana hingga Rp1,78 triliun dalam melaksanakan kegiatan pengembangan SDM industri. Program ini di antaranya meliputi pendidikan vokasi link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri, pelatihan 3 in1 (pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja) yang juga diikuti oleh penyandang disabilitas, serta pembangunan politeknik di kawasan industri.

Airlangga menambahkan, dalam implementasi industri 4.0, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM) yang terintegrasi dengan teknologi digital. “Dalam kegiatan penumbuhan dan pengembangan IKM di dalam negeri melalui teknologi digital, Kemenperin telah membuat e-Smart IKM,” tegasnya.

Program e-Smart IKM merupakan sistem basis data IKM nasional yang tersaji dalam bentuk profil industri, sentra, dan produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang telah ada dengan tujuan untuk semakin meningkatkan akses pasar IKM melalui internet marketing.

Sejak diluncurkan tahun 2017, loka karya e-Smart IKM telah diikuti sebanyak 5.945 pelaku usaha dengan total omzet sebesar Rp1,5 miliar. Program e-Smart IKM elah bekerja sama dengan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli, Blanja.com, Ralali, dan Gojek Indonesia.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019

Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019
INFOBRAND.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini meraih penghargaan Indonesia Branding Campaign of the Year 2019 di Jakarta. Hal ini tak l...


Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST

Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST
INFOBRAND.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) baru-baru ini mengakuisisi per...


Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI

Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI
INFOBRAND.ID – Layanan Moda Raya Terpadu (MRT) dan  Light Rail Transit (LRT) masih menjadi perbincangan hangat di media-media nasional, ter...


Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya

Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya
INFOBRAND.ID – Kabar gembira bagi anda yang memiliki rencana berlibur ke Jepang dalam waktu dekat ini. Pasalnya, maskapai penerbangan Garuda Ind...


Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019

Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meraih penghargaan Obsession Awards 2019 untuk kategori Best Achiever in Ministry. Penghargaan ini diberikan...


PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%

PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%
INFOBRAND.ID – PT PLN (Persero) mengabarkan bahwa pihaknya telah memberikan potongan harga atau diskon khusus kepada para pelanggannya yang ingi...


Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’

Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’
Kementerian Perindustrian turut memeriahkan acara Festival Sarung Indonesia 2019 yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu. Dukungan ini melalui fa...


Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, meningkatnya tensi perdagangan antarnegara, dan perkembangan tekonologi, Kementerian Perdagangan telah me...


PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal

PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal
PT Panasonic Gobel Indonesia, salah satu usaha terbesar di Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Tana Shop selaku penjual produk khusus Panasonic...


UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan deng...


Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo

Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo
Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM), salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran....


Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif

Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif
Kementerian Perindustrian mendorong implementasi industri daur ulang atau recycle industry untuk sektor otomotif. Konsep tersebut dinilai mampu mendon...


Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia

Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia
Pada Januari 2019, telah dilakukan kolaborasi antara Terra Drone dengan AeroGeosurvey Indonesia melalui investasi berupa modal dan teknologi. Sebagai...


GOJEK Bersama Bank Indonesia Sulawesi Utara Beri Pelatihan Wirausaha untuk 200 UMKM

GOJEK Bersama Bank Indonesia Sulawesi Utara Beri Pelatihan Wirausaha untuk 200 UMKM
Guna mendukung inisiatif Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Utara, GOJEK, perusahaan penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran berbasis...


Indonesia Properti Expo 2019 Siap Digelar

Indonesia Properti Expo 2019 Siap Digelar
PT Adhouse Clarion Events didukung DPD REI DKI Jakarta, dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk resmi menggelar pameran Indonesia Properti Expo...