Rabu, 23 Oktober 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Integrated Marketing Communication Membuat Garda Oto Digdaya di Digital

Posted by: 29-03-2019 10:11 WIB 599 viewer

Integrated Marketing Communication Membuat Garda Oto Digdaya di Digital
Garda Oto raih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 untuk kategori Asuransi Mobil/ Foto: Andrian Dwi Hattanto/ INFOBRAND.ID

Integrated marketing communication merupakan salah satu cara Asuransi Astra untuk meningkatkan awareness, exposure, dan engagement dalam menghadirkan bisnis ke hadapan para pelanggan potensial atau nonpelanggan. Dalam pelaksanaan teknisnya, Garda Oto fokus melakukan kegiatan yang diinformasikan melalui digital mulai promotion mix seperti Public Relation, Advertising, dan Event Activation.

“Dengan integrasi komunikasi yang konsisten di semua lini maka positioning dan persepsi brand akan diterima baik oleh segmen pelanggan yang dituju. Di samping itu, Asuransi Astra juga menggandeng influencer dan aktif bekerjasama dengan komunitas,” ujar Head Marcom Garda Oto, Iwan Pranoto kepada INFOBRAND.ID, beberapa waktu lalu.

“Contoh aktivasi terintegrasi Garda Oto Digital adalah komunikasi melalui outofhome media, mobil branding, iklan media cetak ataupun elektronik (online), radio, media dan influencer gathering, car community gathering, blog writing contest, online engagement activation melalui media sosial Garda Oto (Facebook, Twitter, dan Instagram),” sambungnya.

Sepak terjang Asuransi Astra dalam menghadapi era digital sudah dimulai sejak tahun 2014. Di tahun tersebut, Asuransi Astra melakukan persiapan infrastruktur dan berfokus terhadap proses bisnis internal terutama dari sisi operasional seperti proses survey klaim. Digital journey yang dilakukan tersebut sesuai dengan visi perusahaan yakni ‘We Bring Peace of Mind to Millions’.

Kemudian di tahun 2015, Asuransi Astra meluncurkan mobile apps yaitu Garda Mobile Otocare bagi para pelanggan Garda Oto dan masyarakan umum. Garda Mobile Otocare diluncurkan untuk menghilangkan jarak, ruang dan waktu antara Asuransi Astra dengan para pelanggan, karena Asuransi Astra selalu berada di saku pelanggan selama 24 jam sehari. Adapun fitur-fitur yang tersedia, saat itu antara lain; Call Garda Akses secara langsung, pengajuan klaim, pengingat jatuh tempo polis asuransi, servis berkala mobil, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, estimasi biaya bahan bakar harian, serta fungsi near me berisi fasilitas umum penting dan berguna untuk darurat.

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, di tahun 2016, Asuransi Astra menyempurnakan Garda Mobile Otocare dengan berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang. Di tahun yang sama, Asuransi Astra kembali meluncurkan Garda Mobile Medcare yang diperuntukkan bagi para peserta asuransi kesehatan kumpulan yaitu Garda Medika. Selain itu, Asuransi Astra juga meluncurkan dua aplikasi yan ditujukan untuk pelanggan segmen komersial.

“Untuk memberikan kemudahan untuk masyarakat, di tahun 2016 kami juga meluncurkan beberapa aplikasi yaitu HRakses, yang dikembangkan untuk memudahkan petugas pengelola SDM perusahaan peserta asuransi Garda Medika dalam mengakses informasi dan manfaat kepesertaan dan CRakses, yang dikembangkan untuk membantu memudahkan pelanggan mengelola asuransi komersial secara mandiri Kemudian, di internal Asuransi Astra, secara khusus kami mengembangkan Otosales dan Otosurvey, yang dapat membantu kru frontliners mempercepat pelayanan kepada pelanggan,” ujar Iwan Pranoto.

Tidak berhenti sampai disitu. Di tahun 2017, dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap para pelanggan Garda Oto, Asuransi Astra meluncurkan Garda Oto Digital. Garda Oto Digital adalah layanan produk asuransi mobil Garda Oto yang dapat dibeli oleh warga Jakarta melalui GardaOto.com sehingga urusan asuransi kini makin gampang mulai dari pembelian, survey klaim di tempat pelanggan, antar jemput mobil pelanggan dari dan ke bengkel. Di tahun 2018, Garda Oto Digital diperluas hingga Surabaya, Bandung, Medan dan Bogor.

Di tahun 2018, Asuransi Astra semakin matang dalam menghadapi era digital dengan menyempurnakan layanannya kepada para pelanggan Garda Oto, Asuransi Astra meluncurkan virtual assistant chatbot yaitu pembelian asuransi mobil pertama di Indonesia bernama GarXia (Garda eXperience intelligent assistant) yang bisa diakses lewat Garda Mobile Otocare. GarXia membantu proses pemilihan asuransi mobil yang tepat hingga proses pembayarannya.

Selain GarXia, Asuransi Astra juga meluncurkan HappyOne.id, yang merupakan saluran penjualan empat produk digital pertama kami yang terdiri dari HappyMe, HappyEdu, HappyHome, dan HappyTrip.

Perjalanan Asuransi Astra di digital kini menuai hasil yang memuaskan. Itu terbukti dari respon positif yang lahir dari publik terhadap kepuasan pelayanan. Tak ayal, jika Garda Oto belum lama ini berhasil meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 untuk kategori Asuransi Mobil.

Terkait disrupsi di berbagai sektor terutama teknologi, Asuransi Astra punya cara sendiri untuk mengatasinya. Perusahaan tersebut tetap berupaya untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap konsumennya.

“Menghadapi disrupsi di berbagai sektor terutama teknologi, tahun 2019 kami canangkan tema “Business Sustainability through Innovation” dan sesuai visi kami yaitu We Bring Peace of Mind to Millions, kami akan terus menghasilkan inovasi-inovasi baru yang dapat terus menyempurnakan layanan dan produk kami dengan melanjutkan digital journey yang telah kami mulai sebelumnya, semata-mata agar brand kami selalu mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk perlindungan atas setiap aset yang mereka miliki,” pungkas Iwan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Gandeng Influencer untuk Bangun Kepercayaan Publik

Gandeng Influencer untuk Bangun Kepercayaan Publik
Era digital menjadi tantangan besar bagi produsen produk home appliances untuk dihadapi. Pasalnya, produk yang dihadirkan memiliki karakter yang mengh...


Terus Berinovasi, Comforta Spring Bed Pimpin Pasar Bedding di Indonesia

Terus Berinovasi, Comforta Spring Bed Pimpin Pasar Bedding di Indonesia
Produsen ranjang tidur berkualitas, Comforta Spring Bed, terus memimpin pasar bedding di Tanah Air berkat inovasi yang selalu dihadirkan pada setiap p...


Kepercayaan dan Jaminan Kualitas Produk, Strategi Utama Brand di Era Digital

Kepercayaan dan Jaminan Kualitas Produk, Strategi Utama Brand di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Adaptif terhadap tren perilaku konsumen yang serba digital, memacu merek-merek di Indonesia untuk melek digital branding...


Kenko Stationery Sukses Berdigital di Era Kekinian

Kenko Stationery Sukses Berdigital di Era Kekinian
Penulis ingat betul, saat masih bersekolah, cairan pengoreksi tulisan yang digunakan bermerek Kenko. Warnanya merah. Sangat handy dan mudah untuk digu...