Rabu, 03 Maret 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina

Posted by: 15-01-2021 17:10 WIB 187 viewer

Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina
Tim Investree Philippines. (Foto: Investree)

JAKARTA - Perusahaan joint venture berbasis fintech antara Filinvest Development Corp (FDC) resmi menerima persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa Filipina (SEC) untuk mengoperasikan platform crowdfunding pertama untuk pembiayaan UKM di Filipina. Peresmian ini sekaligus menandai penerbitan perizinan pertama bagi perusahaan di Filipina sejak SEC merilis aturan dan regulasi pelaksanaan baru pada tahun 2019.

Tak jauh beda dengan Investree Indonesia yang telah 5 (lima) tahun berdiri sebagai pionir fintech lending, Investree Philippines mempunyai misi untuk mengatasi kesenjangan kredit sebesar lebih dari $200 miliar bagi UMKM yang sulit mendapat akses pendanaan di Filipina.

Sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan perizinan, FDC yang dimiliki oleh Keluarga Gotianun dengan Investree Singapore Pte. Ltd, sebagai pelaksana Investree Philippines siap memberikan solusi pembiayaan bagi UMKM di Filipina dan membantu mereka mengakses permodalan demi mendorong pertumbuhan bisnis. Investree berupaya untuk mewujudkan hal tersebut dengan menghubungkan UKM dan startup dengan investor institusi melalui marketplace.

Presiden dan CEO FDC, Josephine Gotianun-Yap, dalam siaran media yang diterima infobrand.id Jumat (15/1/2021) mengatakan, FDC bangga bisa menghadirkan platform resmi dan berizin pertama di Filipina serta berkontribusi terhadap pengembangan UKM melalui Investree Philippines, terutama dalam masa pemulihan ekonomi di tengah pandemi seperti sekarang. Pihaknya percaya bahwa Investree dapat menjadi solusi terbaik bagi UKM yang ingin membangun kembali dan mengembangkan usaha mereka sekaligus mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi negara.

Co-Founder Investree dan CEO Regional, Adrian Gunadi, menambahkan, bersama FDC pihaknya percaya Investree Philippines akan mampu mendorong peningkatan inklusi keuangan di Filipina. Ekosistem FDC yang kuat termasuk EastWest Bank dan pemahaman mereka tentang pasar lokal akan menghubungkan pemberi pinjaman dan UKM secara lebih lancar.

“Dengan bersinergi dengan FDC pun, sekarang kami memiliki model operasi dan bisnis yang solid untuk memastikan layanan optimal dalam rangka mendukung pertumbuhan UKM di kawasan Filipina,” ujar Adrian.

Menurutnya UKM mempunyai kebutuhan keuangan yang lebih besar meskipun dianggap sebagai bisnis dengan kebutuhan keuangan mikro, tetapi terlalu kecil untuk dapat dilayani secara efektif oleh model perbankan umum. Hal itu dikarenakan UKM seringkali terkendala permasalahan seperti kurangnya agunan dan riwayat kredit yang biasanya dibutuhkan perbankan, sehingga menciptakan kesenjangan kredit keuangan untuk segmen menengah ini.

Xavier Marzan, Managing Director f (dev), anak perusahaan FDC yang bergerak di bidang venture and innovation dan sepenuhnya dimiliki oleh Filinvest Development Corporation, yang mempelopori inisiatif tersebut, mengungkapkan, UKM adalah tulang punggung perekonomian Filipina, menyumbang 35% dari PDB negara dan mempekerjakan lebih dari 60% tenaga kerja lokal, namun segmen ini kurang terlayani. Dengan dukungan FDC, Investree Philippines akan memanfaatkan kekuatan teknologi dan data untuk berkembang dan menggunakan model penilaian risiko mumpuni yang akan membantu dan mempercepat proses penilaian kredit di perbankan maupun institusi pinjaman pada umumnya.

“Kami ingin terus berinovasi pada kemampuan ini agar dapat membantu lebih banyak bisnis UKM di Filipina ari segi finansial,” ujar Marzan. 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


TBIG Salurkan Bantuan Sembako Masyarakat Terdampak Bencana di Sulbar

TBIG Salurkan Bantuan Sembako Masyarakat Terdampak Bencana di Sulbar
JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana alam di wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabup...


Nabung Emas di Pegadaian Bisa Dapat IPhone 12 Pro

Nabung Emas di Pegadaian Bisa Dapat IPhone 12 Pro
JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) terus berupaya mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi emas. Untuk itu Perseroan kembali meluncu...


Tugu Insurance Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Tugu Insurance Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan
JAKARTA - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) meraih Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dalam ruang...


IIMS Virtual 2021 Sukses jadi Pelopor Pameran Otomotif Virtual

IIMS Virtual 2021 Sukses jadi Pelopor Pameran Otomotif Virtual
JAKARTA - Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual 2021 x Shopee fase pertama, meraih sukses besar selama sebelas hari, mulai 18 h...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS







Index
Elnusa