Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ixobox dan Goonting, Inovasi Babershop dengan Teknologi 'Kekinian'

Posted by: 7605 viewer

Ixobox dan Goonting, Inovasi Babershop dengan Teknologi 'Kekinian'
Ixobox dan Gooting Babershop

INFOBRAND.ID – Bisnis Babershop kekinian dan modern terus berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Salahsatunya Goonting, barbershop ternama yang berada di bawah naungan Ixobox Group. Goonting memang tidak pernah berencana jadi bisnis gunting rambut biasa. Selalu update dengan teknologi “kekinian”, gerai gunting rambut dengan lebih dari 50 cabang tersebut sukses jadi bisnis waralaba yang menjanjikan.

General Manager Goonting, Alese Sandria menggambarkan salah satu Gerai Ixobox di basement lobi barat Mal Ciputra yang terlihat sangat modern. Pengunjung dapat mengantri dengan mengambil tiket berisi nomor antrean, sekaligus QR code untuk pembayaran.

“Kode QR itu harus dipindai hairstylist . Kalau dia (hairstylist ) tidak scan QR code pelanggan, listrik di box -nya tidak akan hidup. Setelah scan , barulah proses gunting rambut dimulai. Itu pun kami batasi. Setiap 15-20 menit akan mati,” katanya kepada INFOBRAND.ID melalui pesan whatsaap, Selasa, (9/4/2019).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menjelaskan hal itu untuk kenyamanan konsumen agar mereka tidak menunggu terlalu lama. QR code tersebut juga bertujuan menghindari kecurangan. “Kami sebutnya fraud system . Inilah yang akan meningkatkan kepercayaan investor,”.

Bahwa Ixobox sangat simpel dan sangat transparan. Sebelumnya, konsumen membayar lewat Kiosk Machine yang disediakan, yang menerima pembayaran tunai maupun cashless seperti Gopay, Ovo, debit card , credit card dan lain-lain.

Semuanya dilakukan secara mandiri tanpa ada kasir. “Ixobox bukan hanya barbershop atau hairsalon gunting rambut pertama yang menerapkan teknologi Kiosk Machine atau pembayaran cashless seperti ini, bahkan ritel-ritel lainnya pun jarang menggunakannya,”.

Banyak cabang baru dibuka. Saat ini sudah ada sekitar 50 outlet (termasuk merek Goonting) yang tersebar di seluruh Indonesia. Penggunaan teknologi seperti Kiosk Machine cukup memegang peranan penting.

“Mungkin investasi awalnya besar, tapi teknologi ini tidak hanya efisien, juga untuk menghindari fraud atau kecurangan,” sebutnya. Efisien karena Kiosk Machine menggantikan meja kasir yang ukurannya cukup besar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, pihaknya tidak perlu mengeluarkan biaya operasional untuk menggaji kasir. “Dari sisi konsumen, pembayaran juga cepat dan memberikan pengalaman berkesan,”. Lewat Kiosk Machine itu, pembayaran nontunai jadi lebih mudah.

Sekitar 30 outlet dari total 50 outlet (termasuk Goonting) sudah menerima pembayaran cashless dan akan diterapkan di semua outlet Ixobox dan Goonting “Dengan cashless , kita bisa memastikan uang disetorkan secara langsung (realtime ), tidak terlalu lama mengendap di mesin,”.

Selain itu, data transaksi langsung tercatat. Ini jadi nilai tambah. Ke depannya tujuan kita ke sana (cashless ) walau sekarang masih menerima pembayaran tunai.

Membangun Kepercayaan

IKLAN INFOBRAND.ID

Bagi calon investor Ixobox, tentu saja hal-hal seperti efisiensi, keamanan, serta upaya untuk menghindari kecurangan sangat penting untuk strategi jangka panjang bagi para mitra waralaba yang pasif karena 80%-90% dari investor Ixobox adalah mitra pasif.

Sebagian besar masih bekerja full time di kantor, tapi ingin memiliki usaha sampingan. Para investor itu mengatakan, tidak ingin menjalankan usaha. Hanya ingin ikut berinvestasi. Karena itu, kepercayaan sangatlah penting bagi bisnisnya.

Teknologi memudahkan untuk membangun kepercayaan. “Kita harus membuat mereka (investor) nyaman dan percaya bahwa Ixobox tidak mungkin menipu dan sangat sulit dicurangi. Karena data transaksi bisa dilihat secara real time ,” sebutnya.

Kami percaya bahwa bisnis gunting rambut akan terus berkembang. Gunting rambut sudah jadi gaya hidup, baik pria, wanita, maupun anak-anak hampir setiap bulan itu potong rambut. Jadi, kebutuhan dasar inilah yang membuat bisnis ini cepat berkembang.

Market nya tumbuh dan di mana pun kita hadir,” Ixobox mengincar konsumen usia 6 tahun hingga 30 tahun. Pada Februari silam Ixobox mendapatkan penghargaan di ajang The Best Franchisee Award 2019 & No.1 Franchise Choice Award 2019 di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk bergabung, Ixobox mematok nilai investasi Rp400 juta. Angka tersebut sudah termasuk semua peralatan & furniture yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Ixobox. Mitra tinggal renovasi tempat hingga sesuai dengan standar Ixobox.

Untuk keuntungannya, sistemnya kita bagi hasil. Rata-rata per gerai setiap bulannya diatas 1.000 konsumen. Update outlet-outlet terbaru yang sudah dan akan buka dalam waktu dekat ini adalah Ixobox Bandung Indah Plaza, Goonting Hartono Mall Jogja, Ixobox Trans Studio Makkasar, Mall Panakukkang Makkasar, Centre Point  Medan,  Medan Fair, Trans Studio Cibubur, Trans Studio Bandung dan Bali.

Ixobox juga baru- baru ini meluncurkan program member Ixobox loyalty point dimana bagi pelanggan yang mendaftar sebagai member Ixobox akan menikmati keuntungan cashback loyalty point sebesar 10% dari nilai transaksi dan akan didapat customers setiap  kali transaksi gunting rambut dan Ixobox points tersebut bernilai 1 point= Rp 1,- dan dapat dikumpulkan serta ditukarkan dengan Gunting rambut gratis serta reward-reward lainnya yang menarik dan bernilai sesuai point yang didapatkan

“Ixobox loyalty point tersebut sama seperti ovo points yang selama ini kita sudah kenal,” tutupnya. [hfz]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...