Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Jaga Kepercayaan Mitra dan Pelanggan, Via.com Beri Respon Positif terkait Refund

Posted by: 1789 viewer

Jaga Kepercayaan Mitra dan Pelanggan, Via.com Beri Respon Positif terkait Refund
Lina Tan, Ticketing Manager Via.com Indonesia.

JAKARTA - Pariwisata menjadi salah satu sektor paling terdampak Pandemi Covid-19. Akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bahkan lockdown di sejumlah negara membuat aktivitas wisata di sejumlah negara terjadi penurunan drastis. Bisnis perjalanan pun menjadi salah satu sektor yang ikut terdampak dari akvitas tersebut.

Hal ini juga dialami oleh Via.com, perusahaan e-commerce bidang agen perjalanan, yang telah menghimpun dana dari para Mitra dan Customer. Kondisi saat ini menjadi dilema bagi perusahaan, karena di satu sisi, pengusaha ingin bisnisnya lancar tanpa merugi, sisi lain, Mitra dan Customer menginginkan refund.

Salah satu akibat pandemi yang cukup terlihat yakni pada penurunan volume penjualan tiket pesawat. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius bagi Via.com Indonesia yang selama lebih dari 8 tahun telah bekerja sama dengan para Agen Perjalanan yang disebut dengan Mitra Via.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ticketing Manager Via.com Indonesia, Lina Tan menyampaikan, dalam menjalankan bisnis, Via berpegang kepada komitmen (filosofi) akan menghilangkan segala bentuk kerumitan dan mengutamakan kualitas serta keterjangkauan. Menurutnya dalam membangun bisnis tentunya membutuhkan mitra yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, serta dapat memenuhi seluruh keinginan.

Di masa-masa penuh tantangan ini, Tim Operasional Via.com, walau harus WFH, tetap berupaya memberikan layanan terbaik selama 24 jam setiap hari. Hasilnya, sebanyak lebih dari 70.000 (tujuh puluh ribu) permintaan domestic refund. Lebih dari 24.000 (dua puluh empat ribu) permintaan international refund. Lebih dari 14.000 (empat belas ribu) permintaan domestic reschedule. Lebih dari 9.500 (sembilan ribu lima ratus) permintaan international reschedule.

“Dan, lebih dari 22.000 (dua puluh dua ribu) pengembalian deposit, semuanya sukses diproses dengan baik,” ujar Lina.

Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy menambahkan, selain refund dan reschedule, kami pun sukses menyelenggarakan Webinar gratis bersama Maskapai, Virtual Tour ke Jepang serta Live Streaming dari Turki untuk para Mitra Via. Jepang dan Turki dipilih sebagai destinasi karena kedua negara ini terbukti sukses menjadikan budaya dan pariwisata sebagai identitas mereka. Kecintaan terhadap budaya dan pariwisata, direfleksikan dengan upaya nyata, kerja keras dan kreativitas.

“Hal ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh Mitra Via dalam kegiatan serupa, dan yang terpenting dalam menjalankan kehidupan yang penuh tantangan seperti pada saat ini," ujar Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adanya komitmen tersebut sangat disyukuri oleh para Mitra Via dan para pelanggan yang telah dibuktikan oleh layanan Via.com. Muhyidin, Mitra Via dari Risna Tour and Travel, Depok, Jawa Barat mengungkapkan, ketika pemberlakuan PSBB di Indonesia serta lockdown di banyak negara, kekhawatiran muncul karena sudah terlanjur deposit dalam jumlah besar ke via.com.

"Waktu itu, saya sempat dag...dig...dug, namun berbekal kepercayaan bahwa selama bermitra dengan Via, telah banyak terbantu dengan beragam kemudahan. Jika terkendala dengan masalah sulit sekalipun, hal tersebut menjadi sangat terbantu oleh adanya PIC serta Customer Care Via,” ungkap Muhyidin.

Menurutnya, waktu mengajukan refund, Tim Via.com meresponnya secara profesional. Proses refund berlangsung sangat mudah. Bisa dari rumah dengan mengandalkan gadget. Ketika ada reservasi refund yang pending, dari pihak PIC Via.com selalu membantu menindak lanjutinya.

Noni, Mitra Via dari Alaba Tour Travel, Gowa, Sulawesi Selatan mengungkapkan, sedih dan kecewa  manakala ada larangan berpergian, khususnya pada masa mudik Lebaran lalu. Padahal ada banyak jadwal perjalanan lainnya yang telah disusun terencana.

“Sempat khawatir jika uang yang sudah disetor ke Via.com akan sulit di-refund. Karena pengalaman saya, ketika dulu mengajukan permohonan refund ke perusahaan lain ternyata prosesnya berbelit-belit, dan harus terus di follow-up," kata Noni.

IKLAN INFOBRAND.ID

Namun permasalahannya tersebut dijawab oleh Tim Via.com dengan layanan paripurna yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan. Selain memberikan informasi yang akurat dan terperinci terkait pengajuan refund, Tim Via.com juga bekerja secara profesional dan ramah layaknya seorang sahabat.

“Ini membuat saya selaku Mitra Via merasa senang dan terbantu," kata Noni.

Selain refund dan reschedule, event Webinar menambah wawasan saya dan para Mitra. Inspiratif dan bisa dijadikan acuan dalam berbisnis dan menjalani kehidupan di masa yang penuh tantangan pandemi ini.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...