Rabu, 25 Mei 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Jelang UTBK, Zenius Hadirkan UTBK Fest!

Posted by: 20-01-2022 16:38 WIB 438 viewer

Jelang UTBK, Zenius Hadirkan UTBK Fest!
UTBK Fest by Zenius

JAKARTA, INFOBRAND.ID - UTBK Fest adalah event online yang ditujukan untuk para pejuang UTBK untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Acara yang berlangsung sejak 11 Januari lalu ini menghadirkan 24 live seminar, belasan universitas, dan puluhan speakers yang akan membantu persiapan UTBK para siswa. Acara ini dapat diakses melalui aplikasi dan website Zenius tanpa biaya, dan terbuka untuk seluruh siswa SMA di seluruh Indonesia.

Kurang lebih ada 100 orang yang mengikuti acara pembuka UTBK Fest. Acara yang dipandu oleh Tutor Development Manager Azhar Fahd ini menghadirkan Maria Gabriella (Gaby), lulusan Teknik Bioproses Universitas Indonesia (UI) angkatan 2017. Di acara tersebut, Gaby berbagi pengalamannya masuk UI lewat jalur UTBK, meski harus mengalami gap year.

Dulu, Gaby belum mengerti banyak soal konsep dasar pelajaran Biologi, terutama soal animalia. Kemudian, dia banyak mendapat ringkasan materi di Zenius soal konsep genetik makhluk hidup, yang berguna untuk mengambil jurusan Teknik Bioproses. “Waktu gap year aku belajar dari blog Zenius. Jadi belajar dari yang kecil-kecil kayak sel, lama-lama jadi besar kayak ekosistem. Jadi aku belajar nggak cuma soal prioritasku, tapi juga hal-hal yang mendasar,” ujarnya.

Proses belajar Gaby pun lebih mudah karena materinya fokus pada tujuan akhir. Jadi, dia tidak perlu belajar setiap hari, yang penting dapat tujuan akhir sesuai target yang dia buat. Dia juga membuat skala prioritas dalam belajar agar lebih terorganisir. Dia membuat daftar hal yang akan keluar di ujian, kemudian dia akan menyusun rangkaian materi yang belum dipahami untuk diperdalam.

Tidak hanya itu, dia juga menerapkan deliberate practice, di mana ia menonton video materi terlebih dahulu, lalu menuangkannya kembali ke dalam bentuk catatan dengan bahasanya sendiri. Ia juga kerap memanfaatkan materi video yang ada di platform Zenius. Menurutnya, hal tersebut membantu untuk memvisualisasikan materi dan membuatnya mudah mengerti materi.

Andovi da Lopez, seorang aktor, komedian, dan YouTuber, juga hadir dalam UTBK Fest untuk menekankan pentingnya kuliah dan kehidupan kampus. Menurutnya, kuliah itu tidak hanya mengajarkan materi pelajaran saja, tapi juga melatih cara berpikir kritis dan menggali perspektif tentang kehidupan.

“Di masa SMA itu you’re just a big fish in a little pond, artinya kalian masih ada di bubble kalian sendiri. Ketika gue masuk UI, gue ketemu banyak mahasiswa lain dari Sabang sampai Merauke di mana gw bisa berinteraksi dengan mereka, dan mengambil ilmu dari mereka.” kata Andovi.  

Andovi juga mengatakan jika kuliah sangat penting untuk menggali passion dalam diri kita. Menurutnya, passion berbeda dengan dengan hobi, di mana passion merupakan kecintaan seseorang terhadap sesuatu, sementara hobi hanya ketika seseorang gemar melakukan sesuatu.  

Dua hal tersebut adalah beberapa contoh topik pembahasan yang ada di Zenius UTBK Fest. Di hari terakhir, Zenius UTBK Fest akan menghadirkan Jehian Panangian dan Jerome Polin yang akan berbagi mengenai cerita sukses mereka sebagai alumni Zenius.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Wujudkan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayangan bersama Bima Aryo di Shopee 6.6

Wujudkan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayangan bersama Bima Aryo di Shopee 6.6
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memiliki hewan peliharaan di rumah sudah bukan lagi sekedar hobi belaka, namun kini telah menjadi kegiatan yang mampu membawa...


Rayakan Halal Bihalal di Hotel Santika BSD City

Rayakan Halal Bihalal di Hotel Santika BSD City
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Biasanya umat muslim di Indonesia merayakan hari kemenangan itu deng...


Lazada Gelar Program Pemberdayaan Generasi Muda Lazada Forward Youth

Lazada Gelar Program Pemberdayaan Generasi Muda Lazada Forward Youth
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pemberdayaan keterampilan talenta ekonomi digital Indonesia menjadi hal yang krusial untuk menghadapi ekonomi digital yan...


Tips Bisnis dari Pendiri Yeobo Topokki yang Sukses Ekspansi Hingga Lebih dari 70 Cabang

Tips Bisnis dari Pendiri Yeobo Topokki yang Sukses Ekspansi Hingga Lebih dari 70 Cabang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Membangun bisnis bukanlah satu hal yang mudah, ada perencanaan yang matang serta tantangan yang harus dilalui. Terlebih dengan...