Senin, 30 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Jurus Traveloka Hadapi Permintaan Refund di Tengah Wabah Corona

Posted by: 26-03-2020 09:55 WIB 79 viewer

Jurus Traveloka Hadapi Permintaan Refund di Tengah Wabah Corona
dok. traveloka

Jakarta, INFOBRAND.ID - Pandemi global virus Corona Covid-19 membuat minat bepergian dan pariwisata menurun drastis. Hal ini rupanya dirasakan juga oleh e-commerce pemesanan tiket dan hotel Traveloka.

Sejak Februari 2020 lalu, Traveloka mengalami peningkatan drastis untuk permintaan bantuan dari para pengguna, terutama untuk refund dan reschedule tiket pesawat dan hotel, sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Dengan volume yang mencapai 10 kali lipat dibandingkan situasi normal, Tim Customer Operations Traveloka melayani hingga ribuan permintaan bantuan di setiap menitnya, baik melalui telepon, email, aplikasi, media sosial, maupun kanal lain, yang diajukan oleh pengguna Traveloka di berbagai negara.

“Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kepada para pengguna atas ketidaknyamanan yang dialami saat melakukan permintaan bantuan kepada Traveloka. Saat ini, kami tengah memperkuat layanan konsumen agar dapat melayani pengguna dengan lebih baik,” ujar Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer, Traveloka dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, perbedaan informasi yang diterima oleh pengguna dari Traveloka dan para partner menjadi salah satu ihwal yang kerap dipertanyakan pengguna. Dalam upaya memastikan transparansi informasi, Traveloka mengimbau pengguna untuk senantiasa melakukan pengecekan Syarat & Ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing partner serta memastikan ketentuan yang tertera pada e-voucher yang dimiliki pengguna. Sebagai platform pemesanan online, perlu diketahui bahwa Traveloka selalu mengikuti kebijakan yang ditentukan oleh para partner, termasuk maskapai, hotel, dan yang lainnya.

Adapun kebijakan yang telah ditetapkan oleh partner merupakan dasar utama Traveloka dalam prosedur refund/reschedule sebelum dapat memproses lebih lanjut permintaan pengguna. Sementara itu, untuk pengajuan permintaan bantuan dengan situasi dan kondisi khusus, Traveloka akan mengirimkan eskalasi terpisah kepada partner terkait untuk kemudian dievaluasi dan dipertimbangkan lebih lanjut secara bersama.

Dionisius juga menyampaikan bahwa kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan guna menghindari potensi perbedaan informasi yang diterima oleh pengguna.

"Dapat kami sampaikan bahwa kami terus berkoordinasi secara intensif dengan seluruh partner mengenai kebijakan terkini untuk situasi COVID-19, namun, kami juga meminta kesediaan pengguna untuk mengirimkan informasi tertulis dari pihak maskapai maupun hotel apabila informasi yang diterimaberbeda dari yang kami sampaikan, agar situasi tersebut dapat kami eskalasi dandiskusikan lebih lanjut. Informasi tambahan tersebut juga memungkinkan kami untukbekerja lebih efektif dan lebih cepat dalam memenuhi permintaan pengguna," tambah Dionisius.

Selain memperkuat layanan konsumen, Traveloka juga telah meningkatkan sistemback-end guna memudahkan pengguna dalam mengajukan permintaan refund ataureschedule yang dapat dilakukan melalui ‘My Booking’ (Pesanan) di aplikasi. Pengguna dapat memilih pemesanan yang ingin di reschedule atau refund danmemilih ‘Manage Booking’ (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya. Apabila adainformasi lain yang dibutuhkan, pengguna dapat mengakses ‘Inbox’ (Pesan) danmemilih menu ‘Ask Our Team’ (Tanya Tim Kami).

Traveloka juga memberikan informasi rinci di akun Instagram resmi terkait berbagai pertanyaan mengenai kendala refund atau reschedule yang kerap disampaikan oleh pengguna. Pengadaan landing page khusus https://www.traveloka.com/en/coronavirus-information juga disediakan agar pengguna dapat mengakses informasi terbaru mengenai Syarat & Ketentuan yang diberlakukan oleh para partner, yang juga dapat diakses melalui aplikasi Traveloka, pada bagian ‘Important Notice’ (Berita Penting).


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kalbe Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Kalbe Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
Jakarta, INFOBRAND.ID - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB...


Lawan Covid-19, BCA Salurkan Donasi Alat Medis untuk Pasien dan Tenaga Kesehatan

Lawan Covid-19, BCA Salurkan Donasi Alat Medis untuk Pasien dan Tenaga Kesehatan
Jakarta, INFOBRAND.ID – Telah lebih dari 63 tahun BCA hadir dan tumbuh bersama masyarakat. Di tengah kondisi dunia yang tidak mudah saat in...


Unilever Turut Ambil Peran Dalam Membantu Melindungi Masyarakat Indonesia dari Pandemi Covid-19

Unilever Turut Ambil Peran Dalam Membantu Melindungi Masyarakat Indonesia dari Pandemi Covid-19
Jakarta, INFOBRAND.ID – Unilever Indonesia, produsen consumer goods, hari ini mengumumkan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan guna me...


Dukung Pemerintah, Mayora Group Donasi Masker, Air Mineral, dan Biskuit

Dukung Pemerintah, Mayora Group Donasi Masker, Air Mineral, dan Biskuit
Jakarta, INFOBRAND.ID - Mayora Group memberikan donasi berupa masker, air mineral, dan biskuit. Bantuan air mineral dan biskuit diberik...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index