Ahad, 24 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Kemenperin Gelar IID Awards Tahun Depan, IKM Perlu Inovasi Desain Kemasan

Posted by: 27-12-2018 14:10 WIB 158 viewer

Kemenperin Gelar IID Awards Tahun Depan, IKM Perlu Inovasi Desain Kemasan
Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto: dok istimewa)

Industri kecil dan menengah (IKM) perlu memperhatikan desain kemasan dan merek produknya yang lebih menarik dan kekinian sehingga bisa diminati konsumen secara luas baik di pasar domestik maupun global. Langkah strategis ini juga untuk mendongkrak daya saing IKM nasional agar semakin kompetitif.

“Kementerian Perindustrian terus memacu IKM supaya menerapkan standar produk serta melakukan inovasi dan kreativitas penciptaan desain-desain terbaru sehingga mampu bersaing di pasar global,” kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Guna meningkatkan nilai tambah produk IKM tersebut, sampai tahun 2017, Direktorat Jenderal IKM Kemenperin telah membantu pembuatan 6.998 desain kemasan, 7.396 desain merek dan bantuan dalam bentuk kemasan cetak kepada351 IKM. Sementara itu di bidang hak kekayaan intelektual (HKI), Ditjen IKM Kemenperin juga telah membina sebanyak 1.045 orang fasilitator HKI.

Gati meyakini, peningkatan daya saing produk-produk industri nasional termasuk yang diproduksi oleh IKM turut menunjukkan kemampuan Indonesia di kancah internasioal. Hal ini tercermin dari laporan Global Competitiveness Index 2018 yang dirilis World Economic Forum (WEF), bahwa peringkat daya saing Indonesia naik dari posisi ke-47 pada tahun 2017 menjadi level ke-45 di 2018.

“Kunci pengembangan IKM kita agar semakin produktif dan kompetitif, perlu dipacu melalui pemberian pengetahuan tentang teknik produksi, pembaruan alat dan mesin, penguatan desain dan branding, serta mengajarkan proses finishing produk yang baik dan berkualitas,” paparnya.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka membangun produk industri yang bermutu melalui desain yang prima, Kemenperin mejalin kerja sama dengan sejumlah asosiasi profesi desain di Indonesia seperti Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), dan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA) untuk berinisiasi menggelar kegiatan Indonesia Industrial Design Awards (IID Awards) pada tahun 2019.

Beberapa waktu lalu, Kemenperin telah melakukan kickoff IID Awards 2019 guna menyosialisasikan ajang penghargaan tersebut. Menurut Gati, program ini sebagai bentuk apresiasi Kemenperin kepada pelaku industri nasional yang telah menghasilkan kualitas produk, sistem, pelayanan dan pengalaman yang lebih baik dengan berbasis pada pengembangan, inovasi dan kualitas desain produk industri.

“IID Awards akan mencakup produk-produk industri mulai dari lini startup, IKM hingga skala besar. Penghargaan juga diberikan untuk produk-produk yang telah ada di pasar Indonesia dan menjadi citra khas produk industri nasional,” jelasnya. Selain itu, Kemenperin akan memberikan penghargaan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia.

“Dalam proses penyelenggaraanya, sosialisasi dilaksanakan sampai Juli 2019. Kemudian, tahap seleksi pertama di bulan Agustus dan seleksi kedua di September 2019. Tahap terakhir, awarding ceremony digelar pada Oktober 2019 yang dilanjut dengan road show sampai Desember 2019,” sebutnya.

Gati menambahkan, di ajang IID Awards akan ada pemberian tiga penganugerahan. Pertama, berupapenghargaan untuk produk baru (maksimum yang diproduksi tiga tahun sebelumnya) dengan melalui proses penjurian yang terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3 dan IID Grand Awards.

Penghargaan tersebut untuk beberapa kategori, di antaranya aplikasi danpermainan (game), produk elektronika danperalatan rumah tangga (home appliances), transportasi dan aksesoris otomotif, materi promosi dan identitas visual produk (product visual identity), produk mainan kreatif danalat peraga pendidikan, produk industri kerajinan, alas kaki danapparel, perhiasan dan aksesoris fesyen, furnitur dan dekorasi rumah, perlengkapan kantor, serta produk yang terkait hobidanrekreasi.

Penghargaan kedua, yakni IID Mark, yang akan diberikan kepada produk yang memiliki nilai-nilai heritage dan berkualitas yang sudah ada di pasar. Dan, ketiga, penghargaan IID Lifetime Achievement, untuk diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia baik dalam bidang kebijakan, pengembangan produk, dan pendidikan.

“IID Awards ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun juga akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa, yakni Face of Nation, Face of Industry, Face of Lifestyle, Face of Creation, dan Face of Brand melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik,” tandasnya.

Wujud daya saing industri nasional yang saat ini mampu kompetitif di pasar global, antara lain terlihat dari adanya kenaikan pada nilai tambah industri nasional dari tahun 2015 yang mencapai USD212,04 miliar menjadi USD236,69 miliar hingga jelang akhir tahun 2018. Selanjutnya, pangsa pasar industri manufaktur Indonesia di kancah global pun saat ini ikut meningkat menjadi 1,84 persen.

Di samping itu, tercermin dari nilai ekspor yang terus meningkat. Hingga jelang akhir tahun 2018, nilai pengapalan produk manufaktur nasional ke mencanegara mampu tembus USD130,74 miliar atau naik 4,51 persen dibanding capaian tahun 2017 sebesar USD125,10 miliar. Tahun 2016 sekitar USD110,50 miliar dan tahun 2015 di angka USD108,60 miliar.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi Guna Memasuki Industri 4.0

Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi Guna Memasuki Industri 4.0
Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan...


Tingkatkan Efektivitas, Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Beras Kemasan

Tingkatkan Efektivitas, Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Beras Kemasan
Kementerian Perdagangan melakukan beberapa perubahan ketentuan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 59 Tahun 2018 tentang Kewajiban Pencantuman L...


Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019

Kemenkeu Raih Indonesia Branding Campaign of the Year 2019
INFOBRAND.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini meraih penghargaan Indonesia Branding Campaign of the Year 2019 di Jakarta. Hal ini tak l...


Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST

Perkuat Jaringan, Anak Usaha Telkom Caplok Menara PST
INFOBRAND.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) baru-baru ini mengakuisisi per...


Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI

Ini Bocoran Tarif MRT dan LRT yang Diusulkan Pemprov DKI
INFOBRAND.ID – Layanan Moda Raya Terpadu (MRT) dan  Light Rail Transit (LRT) masih menjadi perbincangan hangat di media-media nasional, ter...


Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya

Pengumuman! Garuda Indonesia Layani Penerbangan Jakarta - Nagoya
INFOBRAND.ID – Kabar gembira bagi anda yang memiliki rencana berlibur ke Jepang dalam waktu dekat ini. Pasalnya, maskapai penerbangan Garuda Ind...


Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019

Inspiratif, Menperin Airlangga Hartarto Raih Penghargaan Obsession Awards 2019
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meraih penghargaan Obsession Awards 2019 untuk kategori Best Achiever in Ministry. Penghargaan ini diberikan...


PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%

PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 100%
INFOBRAND.ID – PT PLN (Persero) mengabarkan bahwa pihaknya telah memberikan potongan harga atau diskon khusus kepada para pelanggannya yang ingi...


Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’

Kemenperin Angkat Sarung Jadi ‘New Lifestyle’
Kementerian Perindustrian turut memeriahkan acara Festival Sarung Indonesia 2019 yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu. Dukungan ini melalui fa...


Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, meningkatnya tensi perdagangan antarnegara, dan perkembangan tekonologi, Kementerian Perdagangan telah me...


PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal

PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal
PT Panasonic Gobel Indonesia, salah satu usaha terbesar di Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Tana Shop selaku penjual produk khusus Panasonic...


UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan deng...


Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo

Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo
Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM), salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran....


Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif

Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif
Kementerian Perindustrian mendorong implementasi industri daur ulang atau recycle industry untuk sektor otomotif. Konsep tersebut dinilai mampu mendon...


Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia

Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia
Pada Januari 2019, telah dilakukan kolaborasi antara Terra Drone dengan AeroGeosurvey Indonesia melalui investasi berupa modal dan teknologi. Sebagai...