Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemenperin Terus Genjot Wirausaha Muda Kreatif di Tanah Air

Posted by: 2769 viewer

Kemenperin Terus Genjot Wirausaha Muda Kreatif di Tanah Air
Ilustrasi industri kreatif

JAKARTA, INFOBRAND.ID Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya melahirkan wirausaha muda kreatif di tanah air. Upaya ini dilakukan guna mendukung kontribusi positif terhadap perekonomian nasional sekaligus membawa efek ganda bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di tanah air.

Untuk memberikan ruang bagi pengembangan ekonomi kreatif, Kemenperin telah melaksanakan berbagai gelaran seperti kegiatan Creative Talk sebagai kick-off dari upaya pengembangan kewirausahaan program Creative Business Incubator (CBI) - Bali Creative Industry Center (BCIC). Setelah itu, Kemenperin juga kembali melanjutkan acara inkubator pengembangan kewirausahaan di Surabaya, Jawa Timur pada 23 Juli 2019 lalu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang strategi pengembangan usaha, pemasaran produk, peningkatan motivasi berwirausaha, serta sosialisasi program CBI kriya dan fesyen yang dilakukan oleh BCIC

IKLAN INFOBRAND.ID

“Indonesia adalah negara yang memiliki budaya yang sangat beragam. Hal ini merupakan modal yang sangat baik dalam pengembangan ekonomi kreatif. Sehingga tidak mengherankan jika potensi ekonomi kreatif Indonesia sangat besar,” ungkap Gati dalam siaran persnya.

Gati menyebutkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur masuk dalam lima provinsi penyumbang PDB ekonomi kreatif terbesar tahun 2016, yaitu mencapai 9,37%. Nilai PDB ekonomi kreatif secara nasional sepanjang tahun tersebut, Rp922,59 triliun.

Selain itu, Jawa Timur sebagai penyumbang ekspor ekonomi kreatif terbesar kedua pada tahun 2016 yang mencapai 24,36%. Nilai ekspor ekonomi kreatif pada 2016 menembus hingga USD19,98 miliar, naik 3,36% dari 2015 sebesar USD19,33 miliar.

“Kondisi itu menunjukkan bahwa potensi ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Timur cukup besar dan masih menjadi peluang besar untuk terus mendorong usaha tersebut sehingga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat Jawa Timur,” tuturnya.

Gati optimistis, program CBI yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun sejak 2015 lalu ini akan terus mencetak wirausaha muda di sektor industri kreatif kriya dan fesyen. “Kami sadar bahwa tantangan masa depan generasi muda semakin berat, maka itu kami buat program ini agar bisa mencetak wirausaha yang mampu menjadi motor penggerak industri kreatif kriya dan fesyen di Indonesia pada masa yang akan datang,” terangnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui program CBI, para pelaku industri kreatif bidang kriya dan fesyen akan diberikan pelatihan dan pendampingan untuk scalling-up (pengembangan bisnis) dengan bentuk kegiatan program kelas belajar dan pendampingan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...