KFC meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2018 yang digelar oleh TRAS N CO Indonesia yang bekerjasama dengan Infobrand.id dan IMFocus Digimarketing Consultant di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (10/10/2018) lalu.
Mampu meraih penghargaan IDPBA 2018 dalam kategori Resto Fried Chicken membuat KFC merasa tertantang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya, terutama menatap persaingan dari para kompetitornya. Menatap peta persaingan tersebut, KFC akan terus melakukan inovasi untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya.
“Saya kira ini tantangan karena tadi ada pemaparan yang menunjukkan bahwa ke depan ini pesaing tidak hanya yang existing tapi siapapun bisa jadi pesaing pada bisnis ini. Karena digital ini membuat orang yang tidak terlihat bisa terjangkau oleh sesuatu yg di luar bisa terjangkau sangat jauh. Banyak sekali brand lokal tapi tidak terlihat lokal dan omsetnya sangat besar kami yang existing harus sangat waspada dengan itu,” ujar Digital Marketing Manager KFC, Drian Tama kepada Infobrand.id.
Sementara itu, terkait strategi yang akan diterapkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, KFC terus berupaya melakukan penyesuaian dengan kebutuhan pasar “Strateginya hanya satu, melakukan relevansi membuat sesuatu yang relevan dengan target yang kita sasar. Kita lihat kebutuhannya seperti apa sambil kita jual produk kita,” tambahnya.
Dalam hal pemasaran, KFC memadukan antara sistem online dan offline. Digital digunakan sebagai alat promosi menu ataupun produk baru yang dimilikinya. Untuk sistem offline, KFC akan terus meningkatkan jumlah store yang dimilikinya dengan memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumennya.
“Online itu artinya kita membuat brand kita lebih diketahui oleh banyak orang lebih jauh. Tapi kita terima mereka pada posisi offline, kita masih terus tingkatkan jumlah store yang kita punya, kita bikin nyaman dan seterusnya dan ini keduanya harus jalan,” ujarnya.
Saat ini KFC memiliki 630 gerai yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia, Kedepannya KFC akan terus melebarkan sayapnya dengan menambah gerai-gerai berikutnya dalam jangka waktu setiap bulan.
Daftar Brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018:
KFC (kategori resto fried chicken)
BNI Syariah dan BRI Syariah (kategori KPR syariah)
Bussan Auto Finance/BAF (kategori kredit barang elekronik)
ERA Indonesia (kategori broker property)
Green Angelica (kategori hair tonic)
Cerelac (kategori bubur bayi)
My Baby (kategori lotion anti nyamuk anak)
Zevit Grow (kategori vitamin peninggi badan anak)
Bodrexin (kategori obat penurun panas badan anak)
Kiky (kategori buku tulis)
Tupperware (kategori wadah susu bayi dan kategori perlengkapan makan bayi),
Lois (kategori celana jeans)
OBH Combi Anak (kategori obat flu dan batuk anak)
Artco (kategori gerobak dorong)
Intex (kategori baby swimming pool)
Vitabumin (kategori multivitamin penambah nafsu makan anak dan kategori vitamin imunitas anak)
BlackMores (kategori suplemen makanan)