Kliknklin sebuah perusahaan yang bergerang dibidang laundry ini, telah merambah kedunia digital dengan meciptakan aplikasi KliknKlin, hal ini dilakukan karena KliknKlin telah melihat era digital yang serba digital ini memiliki perkembangan yang sangat pesat.
“Ada gap teknologi yang terdapat pada industri laundry secara umum, para stakeholder yang terlibat di dalam industri ini baik dari sisi produsen maupun konsumen masih belum terbuka akan potensi penggunaan teknologi dalam kegiatan binatu mereka sehari-hari,” ujar Citra Wulandari selaku Marketing & PR KliknKlin Digital Nusantara kepada INFOBRAND.ID.
Untuk itulah KliknKlin Mobile hadir sebagai aplikasi agar dapat menjangkau lebih banyak kalangan dan memperkenalkan teknologi ke dalam industri laundry, dengan adanya aplikasi ini Citra berharap KliknKlin dapat mengisi gap teknologi yang ada dan membantu para stakeholder tersebut dalam kegiatan binatu sehari-hari yang mereka lakukan.
Dengan mempertahankan kualitas dari mitra-mitra yang dimiliki serta selalu melakukan inovasi berdasarkan hasil survey kebutuhan dari customer kami dipercaya Citra akan mampu membuat KliknKlin bersaing ditengah persaingan ketat seperti saat ini.
Selain itu sejauh ini pada versi 1.5 KliknKlin hanya menyediakan jasa cuci kiloan saja, tetapi pada versi 2.0 yang akan segera launching di bulan ini Citra beberkan KliknKlin akan menambah beberapa jasa layanan seperti satuan tas, sepatu, dan masih banyak lagi.
Citra juga mengaku total pengguna dari aplikasi KliknKlin saat ini adalah 15.000++ pada Google Play 5.000++ pada app Store. “Tanggapan dari customer cukup beragam, mulai dari complain, kepuasan, hingga permintaan yang aneh-aneh, naum KliknKlin selalu berusaha meningkatkan kepuasan dan pelayanan kepada customer,” tambahnya.
Soal Pernah atau tidaknya aplikasi KliknKlin mendapatkan sebuah apresiasi penghargaan, Citra menegaskan, “Bagi kami penghargaan itu dapat dibeli, mungkin banyak juga yang menampilkan banyak penghargaan, namun fakta terhadap indeks kepuasan pelanggan tidak sebanding dengan rentetan penghargaan yang dimiliki.”
Citra menerangkan dengan lugas, “Dengan ini kami menganggap bahwa kepuasaan pelanggan dengan feedback positif yang terjadi baik secara langsung maupun melalui media merupakan asset yang bernilai dibandingkan sekedar penghargaan sertifikas.”
Kedepan pada versi terbaru KliknKlin akan menambahkan banyak fitur baru pada aplikasi customer dan partner juga. Pada aplikasi customer akan kombinasi 2 sistem, dimana sistem pertama menggunakan sistem bidding (on demand) dan yang kedua adalah sistem market place, beber Citra.
Selanjutnya, Citra juga menyampaikan pada sistem marketplace customer dapat memilih sendiri outlet laundry favoritnya, dan customer dapat memilih layanan yang lebih banyak, seperti layanan cuci baju satuan, tas, sepatu, boneka, stroller bayi dan masih banyak lagi, customer juga dapat melihat feedback dari customer lainnya terhadap outlet laundry mitra kami, dan bagi outlet laundry yang menjadi mitra kami, pada versi yang baru ini, mereka dapat menunjukan brand/logo dari outlet laundry mereka.